Minggu, 09 Maret 2025

Ini Rasanya kena Limiter CDI & Spull Pengapian

 Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel dalam konten kali ini akan kami lanjut tema tentang kasus CDI yang ngelimit atau mengalami kena speed limit, akan kami kupas tuntas, tapi sebelum lanjut silahkan untuk like share dan subscribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.

Jadi sebelum kita menginjak ke apa saja sih ciri jika kendaraan kita ke speed limiter CDI atau spull pengapian yg tdk maximal , akan kita jelaskan dl apa itu speed limiter guys.

Sebenarnya speed limiter tidak selalu ada di setiap motor, dan hanya dipasang di motor2 jalanan alias untuk peruntukan komuter bukan peruntukan racing , dimana biasanya di motor komuter tersebut jika kena speed limiter akan terasa tenaga tidak ada lagi alias mentok karena keterbatasan ‘nafas’ motor di rpm tertentu dalam menghasilkan tenaga. Begitu melewati kurva tenaga maksimal, bahkan jika kalian buka gas lagi maka rpm yg lebih tersebut sama sekali tidak akan membuat laju kendaraan bertambah . 

Bahkan motor yang sering dianggap motor racing macam cbr ,Ninja 4T , atau motor balap ala berfairing adalah jenis motor komuter non racing purpose dalam arti dipergunakan untuk pemula, bukan sebagai motor balap layaknya moge cikal bakal superbike , Jadi memang tidak dirancang untuk balap murni. Nah kaum +65 saja yang kadang berlebihan menilainya, bahkan sering dianggap sebagai motor balap dan karenanya nafsu dipacu di rpm tinggi terlalu extreme untuk spek nya.Limiter yang dipasang di 13.000 rpm dimaksudkan bukan untuk memotong kecepatan, tapi lebih diartikan untuk tidak membuat motor meledak saat dipacu di kecepatan tinggi sebenarnya alasan pabrikan

Nah kembali ke Cdi , maka yang namanya CFI atau kepanjangan nya(Capacitor Discharge Ignition) adalah sistem pengapian motor yang mengatur waktu dan tegangan tinggi untuk pembakaran bahan bakar. CDI juga berfungsi untuk menjaga kecepatan motor.  Dimana diciptakan 2 jenis CDI yaitu CDI limiter dimana speed nya di limit atau dibatasi dan CDI unlimiter atau CDI racing yang dapat meningkatkan performa motor, seperti: Meningkatkan horse power, efisiensi konsumsi bahan bakar, Meningkatkan akselerasi dan kecepatan tertinggi, Memperbaiki kurva pengapian.  modifikasi CDI unlimiter atau CDI racing dapat kaliak gunakan untuk motor kalian di kendaraan spek harian, touring jauh, atau bahkan balapan.Tentu saja tergantung budget untuk pemilihan speknya guys. Nah sebagai gambaran bTelah banyak tersedia berapa merek CDI unlimiter atau CDI racing yang dapat digunakan untuk motor F1ZR, Force 1, dan Fizr di antaranya: CDI RACING merk YUZAKA, BRT, Tipe UNLIMITER NO LIMIT, CDI Limit.

Oke sekarang kita lanjut ke ciri2 jika motor kita kena cdi limiter ya guys.

1.motor tiba tiba mati di kecepatan tinggi. Ini sebenarnya sudah kami buatkan video khusus di video sebelum ini , dimana kasus ini kejadian di f1zr kami yg mana spek sdh lumayan tinggi tapi spull dan cdi blm sempat kami upgrade, nah spull dan cdi nya masih pakai non ori , sehingga saat motor kami buka rpk tinggi biasanya kecepatan diatas 140kmpj motor selalu klesesek mati mendadak alias hilang pengapian nya ,tapi tidak ngejil ya guys,, jadi saat klesek ini jika kita buka kopling motor langsung nyala lagi dan mesin tetap halus, tapi akan mati klesek lagi saat kecepatan 140kmpj dan berulang2 jika posisi di kecepatan tersebut guys.

2.motor Mentok kecepatannya ya hanya segitu tidak bisa nambah lagi .Nah, kalau speed limiternya dicabut, kembali dia ke ‘asli’nya. Jadi gini guys, kalo kasus ini sering kami alami kalo di motor kejadian di honda sonic kami , jadi jika dipakai diatas 150kmpj tenaga nya jadi stuck atau mentok di kecepatan segitu saja, dan saat kita putar gas pun tidak akan nambah kecepatan nya , jangan kan di motor untuk speed limiter ini juga terbenam di mobil yg paling kerasa ya di mobil Innova reborn , coba saja meskipun papan  speedometer menunjukkan sampai 180 tapi begitu 170kmpj pasti kendaraan tidak akan bertahan kecepatan meskipun kalian injak gas dalam2 guys. Sebenarnya di motor atau mobil yg mengalaminya cdi speed limiter dengan tenaga mentok ini bisa diset dilepas limiter nya tapi ya beresiko mesin meledak karena kelebihan beban , oleh karenanya sama pabrik nya dikasi limiter tadi biar aman dan awet kendaraan kalian guys.

3.motor brebet jika ditambah kecepatan saat mencapai rpm tertentu. Nah kasus speed limit dari CDI yg bukan original, CDI kualitas buruk atau cdi yang hampir mati biasanya ditandai dengan motor yang brebet, gejala brebet bisa terjadi pada saat motor kecepatan tinggi dan kemudian brebet, atau motor dari jalan awal langsung brebet , nah kalo spt ini bisa disebut ngelimit tapi lebih tepat kualitas produksi api dari cdi tersebut yang kurang baik jika sampai mengalami brebet, jika cdi kurang baik biasanya kalian tidak nyaman dalam perjalanan karena brebet2 berulang2 , jika sampai kaya gini solusinya mmg upgrade ke cdi yg original atau upgrade dengan yg cdi kualitas bagus diatas ori macam BRT dll.

Oke itu tadi konten kali ini semoga bermanfaat, terimakasih sudah menyimak konten kami jangan lupa untuk like share dan subscribe, sampai jumpa di konten vintage sentinel selanjutnya, wasalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar