Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel , dalam konten kali ini kami akan mengulas tema tentang motor 2T yang lubang busi nya belepotan oli , apakah normal dan apakah penyebab nya? Akan kami jawab tuntas tapi sebelum lanjut silahkan untuk like share dan subscribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.
Jdi dimotor 2T seperti telah kita pahami bahwa pembakaran nya juga memerlukan oli samping dan hal ini menjadi salah satu penyebab kenapa motor 2T dianggap tidak ramah lingkungan, ya tentu saja karena pasti mengakibatkan asap dari knalpot sebagai sisa mekanisme mesin , beda dengan di 4T dimana jika motor 4T tersebut berasap dipastikan motor mengalami kendala Masalah aus kompresi sehingga ya oli terpaksa lolos keruang bakar dan jadi asap.
Tapi apa yang kemudian jadi masalah lanjutan adalah kotornya silinder head motor 2T dan banyak juga yang belepotan oli keluar dari lubang busi, silinder kop dan kadang jadi asap jika terbakar leher knalpot sehingga sangit dari mesin seakan2 demikian,, tanpa perlu berlama-lama langsung saja kita ulas penyebab nya guys.
1.terlalu boros oli samping . Jadi salah setel oli samping misal dibikinin tetesan 1 per 1 tetes selain membuat mesin jadi brebet tapi akan berefek mesin klomoh oli samping atau banjir oli yang sering kali juga membuat busi jadi boros karena sering mati dini akibat terendam oli samping, nah jika oli samping terlalu boros sebentar juga akam belepotan lubang busi tersebut dan lama2 juga akan merembes ke sela2 mesin guys.
2.pakai oli samping yg kental, nah kenapa masalahnya dengan oli samping kental , nah oli samping kental ini biasanya oli jadul jaso fb atau jaso fb relatif lebih lama terbakar dibandingkan dengan oli encer. Juga karena sifatnya yg kental tersebut maka oli samping kental akan mudah mengendap dan yaaa, ujung nya ya akan bikin belepotan mesin dan ruang bakar pastinya.
3.pengapian dari busi kecil. Jadi gini guys, meskipun motor kalian oli nya normal tapi tidak bisa dibakar tuntas sempurna oleh sistem pengapian motor maka akan terjadi juga penumpukan residu oli di bagian mesin, dimana pembakaran yg muara nya di busi dan merupakan rangkaian dari spull cdi koil dan terakhir busi tersebut hanya menghasilkan api kecil maka pasti akan timbul residu oli yg banyak dan mengotori mesin guys.
4.drat lubang busi aus. Penyebab selanjutnya bisa terjadi akibat lubang drat busi yg slek dan kemudian aus dan hal inilah yang menyebabkan ada oli meluber keluar dari lubang busi , lubang busi slek biasanya diakibatkan dari cara pasang busi yg salah dimana dari awal misal seret tidak dibetulkan pakai tangan secara sabar tapi buru2 di puter dengan kunci. Nah lubang busi aus merupakan faktor terbesar kompresi bocor motor menjadi susah performa lari maximal selain menimbulkan kotor belepotan oli di bagian mesin guys.
5.perpak2 mesin ada yang bocor . Perpak merupakan piranti untuk adaptasi dari 1 bagian mesin untuk ditempel di bagian mesin, perpak ada yang berbahan karton, plastik besi carbon dll tergantung kebutuhan pemilik nah jika perpak tersebut ada yg bocor maka antar sambungan akan mengakibatkan rongga, nah di rongga tersebut akan menjadi jalan lolos nya oli untuk kemudian mengotori bagian mesin Kalian guys.
6.seal2 mesin utamanya seal kruk as aus. Masalah utama asap pekat bau sangit adalah dari seal kruk as yg aus, jadi jika motor kalian sering ngisi ulang oli mesin padahal kalian tdk tap oli mesin , dan ada banyak asap di knalpot nah penyebab nya 100% adalah akibat seal kruk as yang bocor atau jika di magnet banyak belepot oli atau jika di bagian persneling kotor belepotan oli masalah utama ada seal kruk kiri dan seal persneling yang aus guys. Nah seal kruk as yg bocor pasti akan menimbulkan kotor oli yang lumayan banyak baik di lubang busi dan mesin apalagi jika perpak mesin banyak yg sudah bocor akan lebih parah belepotan oli nya pasti guys.
7.seal pompa oli samping bocor. Jika seal pompa bocor maka seringkali kita terasa oli samping sudah diboroskan kok mesin gampang panas ya? Nah ini karena oli samping masuk ke mesin bukan ke karburator guys, makanya banyak kasus jika seal pompa oli samping aus motor jadi belepotan oli di sekitar mesin dan ini menggangu pastinya.
8.silindet head jarang dibersihkan kerak karbon nya. Nah kasus satu ini sering terjadi pada pemula 2 T atau yg males bongkar bebersih motor , jadi jika kerak ruang bakar jarang kalian bersihkan maka akan semakin menumpuk dan menumpuk sampai pada suatu titik oli sisa pembakaran akan memaksa keluar dan merusak perpak2 dan ya ending nya pasti akan terjadi belepotan oli di mesin guys.
Oke itu tadi sekilas penyebab tentang sering Masalah oli sering keluar dari lubang busi dan becek oli di sekitar mesin , semoga bermanfaat, terimakasih sdh menyimak video kami jangan lupa untuk like share dan subscribe, sampai jumpa di konten kami selanjutnya , wasalam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar