Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel, dalam konten kali ini kami akan mengulas pertanyaan dari subcriber kami perihal suara kasar yang timbul dari sebelah kiri mesin tapi sebelum lanjut silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.
Jadi guys suara knocking atau ngelitik ngelotok berasal dari sumber suara nya dan khusus di konten ini akan mengulas sebab khusus kenapa terdapat bunyi kasar yang timbul di sebelah kiri mesin, oke langsung saja kita kupas guys.
1. Magnet oleng. Jadi faktor pertama yang wajib kalian cek jika terdapat bunyi kasar di kiri adalah magnet nya , dikarenakan bagian terbesar yang berputar di sebelah kiri paling utama ada magnet, dimana magnet berfungsi sebagai induksi penghasil api untuk diteruskan ke spull ,, nah banyak kasus magnet ini oleng, cara nya bisa kalian putar2 magnet tersebut serta kocak2 ke kanan kiri, atas bawah bila ada indikasi ada bunyi saat kalian kocak2 kemungkinan penyakit knocking motor kalian mmg benar ada di sebelah kiri dan magnet bisa dijadikan fokus perbaikan. Namun jangan buru2 karena Magnet kocak bisa terjadi akibat banyak hal , dan poin setelah ini bisa jadi selah satu penyebab ny juga guys.
2.magnet pecah , nah faktor yang kedua adalah dari magnet yang pecah , nah ini jarang sekali terlihat dan jarang sekali terdeteksi karena ya wajar saja karena posisinya tertutup cover magnet,, padahal magnet pecah ini sering bgt terjadi utamanya akibat putaran magnet sepanjang hidupnya. Nah knocking akibat magnet pecah ini sering kali terjadi karena magnet yg pecah tersebut jadi geser kanan kiri saat berputar. Sehingga timbul suara knocking dari sebelah kirinya guys.
3.seng magnet lepas atau sobek. Faktor ketiga jika ada suara knocking timbul dari magnet bisa kalian cek seng cover magnet dari motor kalian guys,, seringkali magnet tersebut sdh tidak kuat menutup magnet nya sehingga kontal2 dan menimbulkan suara aneh di sebelah kiri kalian guys,, nah kasus ini sering banget dan jadi penyakit legend yamaha alfa yang magnet nya mmg lemah bgt , seng sering lepas magnet jg sering pecah oleh karena itu banyak motor alfa yg uppgrade pake f1zr yng relatif lebih Kuat guys.
4. Per one Way patah. Nah per one Way ini adalah bagian dari sistem elektronik stater motor , utk motor2 lama sistem stater akan nempel di bagian kiri atau dekat magnet, nah sistem one Way sendiri akan berputar mengikuti putaran dari dinamo stater dan jadi bebas saat dinamo stater tidak berputar, dan juga saat mesin on maka one Way sdh tdk lagi bekerja,, permasalahan jadi timbul jika per one Way patah maka akan mengganggu putaran mesin dan akan menimbulkan bunyi ngelitik akibat nya.
5.pelor one Way lepas atau aus atau tidak bisa berputar karena kering. Nah sesuai namanya pelor ya bentuk nya seperti bola besi , dimana jika bola besi atau bearing ini aus dalam arti seret maka tidak akan bisa memutar secara normal maka akan menimbulkan efek narik dari gear stater atau bisa disebut perputatan gear yg seharusnya bebas menjadi terhambat ,nah dari proses ini sering kali menimbulkan suara ngelitik atau kadang juga mendecit seperti suara besi ditarik di aspal guys.
6.rantai dinamo stater kaku mulai aus. Sebenarnya rantai dinamo stater ini sistem nya mirip2 rantai pada umumnya dan sebesar rantai kamprat pada motor 4tak , jika rantai roda mati ,kaku atau aus kan bisa terlihat , maka rantai dinamo stater ini karena posisinya yg tdk terlihat maka jika kaku atau aus pasti jadi terabaikan guys, nah rantai dinamo juga ada masa pakainya jika sdh melewati masa pakai ya akan kaku. Nah jika sdh demikian maka tdk akan mampu berputar normal , cenderung jadi nahan dan seret ,, hal ini seringkali menjadi sumber suara aneh dari sebelah kiri mesin guys.
7. Bearing , spull dinamo stater tidak berputar normal. Sebenarnya kasus bearing atau laker mati dan jadi sumber suara terjadi tidak hanya di dinamo stater, laker kruk as mati juga akan menimbulkan bunyi, bahkan laker roda aus juga akan menimbulkan suara dek3 saat jalan ,, nah coba saat kalian ada masalah yang timbul dari bagian kiri , cek bagian laker dinamo stater ini, cek , dan ganti jika tidak bisa berputar baik guys.
8.bearing kruk as kiri aus nah seperti sdh kami jelaskan di no 7 , dimana ada kasus bearing aus pasti akan menimbulkan suara, nah kruk as ada bantalan bearing juga yang jika bearing ini aus akan menimbulkan suara knocking dari sebelah kiri jika bearing kruk as yg rusak tersebut adalah bearing sebelah kiri ,, nah suara yang ditimbulkan tersebut mirip2 seperti suara kipas yang berdengung guys.
9.kruk as tidak center Nah sangat2 banyak kasus bahkan mungkin kasus terbesar dari keluar nya sumber suara dari sebelah kiri adalah akibat dari krus as yg tidak center. Jika kruk as sudah goyang dan tidak diganti maka selain menimbulkan suara dengung juga akan menimbulkan suara knocing yang identik seperti suara ngelotok, tok tok tok begitu kira2 , dan jika tdk segera diganti akan semakin memperbesar diameter aus nya liner buring. Rumah bearing kruk as ,hal ini karena part2 tersebut jadi goyang2 tidak beraturan. Oleh karenanya jika ada indikasi kruk as oleng segera ganti saja siapkan dana 1 sampai 2jt jika mmg krus as kalian oleng guys.
10. Posisi spul2 goyang akibat baut kendor. Kasus ini pernah kami rasakan dimana ada suara aneh pada mesin kiri seperti bunyi ketukan , setelah kami cek ternyata baut2 pada dudukan spull kendor sehingga spull menjadi kenanan dan kekiri dan inilah yg menimbulkan bunyi , namun resiko besarnya bukan pada suara nya guys, melainkan pada termakannya spull oleh magnet yg berputar, nah jika tdk segera kalian perbaiki dimana jika skrg masih aman namun kalian biarkan , bukan tidak mungkin akan mati spull kalian karena putus termakan magnet .
Oke sekian dulu konten kali kali ini , semoga bermanfaat, terimakasih sudah menyimak video2 dari vintage sentinel , jangan lupa untuk like share dan subcribe, sampai jumpa di video vintage sentinel selanjutnya, wassalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar