Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel, dalam konten kali ini merupakan lanjutan dari konten sebelumnya, yaitu penyebab dan solusi jika mesin kasar dari arah depan mesin, akan kami bahas tuntas tapi sebelum lanjut silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel.
Jadi guys motor yang mesinnya kasar bisa dicek dari sumber suara nya , nah jika mesin kasar timbul dari arah depan maka coba cek2 bagian2 berikut ini guys.
1.piston yang aus. Sebenarnya untuk motor 2tak perawatan nya sangatlah mudah guys, selama oli samping jangan sampai telat , jangan sampai kurang dan jangan pakai oli samping jelek , motor kalian akan baik2 saja dalam jangka panjang ,, nah namun jika pas apes misal pompa oli samping kalian mati bagi motor2 2tak pasti akan mengalami ngejim atau gencet piston, nah jika 1x ngejim di 2tak Biasakan blm ber efek berat tapi jika sampai ngejim berulang2 dipastikan piston akan menjadi korban yang pertama, hal ini karena naik turunnya tenaga atau perputaran tenaga di ruang bakar ujung tombak nya adalah piston, nah jika timbul suara knocking yang cenderung ngebas , atau tok3 bisa jadi suara tersebut mencirikan kerusakan dari piston ,, untuk mendengarkan suara ini bisa kalian dengar dari arah depan atau belakang busi , perhatikan dengan detil jika suara seperti ini kemungkinan motor kalian kena piston nya guys.
2.ring piston yg aus. Sejalur dengan piston , maka jika motor kalian ngejim berulang2 tanpa kalian temukan solusinya, maksudnya tanpa kalian perbaiki ,, maka ring piston juga akan rusak guys, ciri dari ring piston rusak ini adalah:
1.saat stasioner kecil bunyi ngelitik tapi saat dibleyer hilang.
2.bunyi suara nya reletif treble seperti klik3.
Oke , bagi yg penasaran suara kerusakan ring piston seperti apa , bisa dengarkan suara di video berikut, usahakan dengarkan dengan headset agar jelas guys.
3. Buring atau liner yang ngantong. Kasus motor bunyi kasar dari bagian depan bisa timbul akibat dari buring atau liner yang ngantong,, nah ngantong ini biasa timbul akibat piston dan ring piston yang sudah goyang dalam arti aus tapi tidak segera ganti ,, nah jika piston goyang maka dipastikan akan memakan dinding liner dan lama2 ya akan termakan banyak,, dari yg sebelumnya oversize 0 tapi piston sdh kena dan tidak diganti2 bisa jadi ukurannya keblongan ke OS 100 atau lebih , nah ciri2 dari buring ngantong ini sama persis dengan bunyi piston yg aus , yaitu dengan suara knocking yang berat ,,
Bisa didengatkan suara nya dari video berikut untuk lebih jelasnya guys.
4. motor kegedean kompresi. Nah bunyi kasar berikutnya yaitu motor yang kegedean kompresi biasanya timbul pada motor yang melakukan ganti piston dengan ukuran extreme tanpa melakukan squish dan porting,, sebagai contoh motor alfa , sigma , f1zr yg naik ke piston RXS pasti akan mengalami kasar di bagian depan bahkan setelah baru ganti piston sekalipun. Hal ini terjadi akibat kelebihan kompresi pada ruang bakar guys, ,, dan apa solusinya, solusinya ya wajib turunkan kompresi , yaitu bisa dengan cara squish head dan porting ,, ciri dari motor yang kegedean kompresi kalo kita lihat dari bunyi adalah tik2 ,, jika penasaran suaranya , silakan dengarkan video berikut dengan detil guys .
5. Khusus pada motor 2tak seringkali terjadi akibat tendangan balik yg tdk pas dari penggunaan knalpot 2tak non original. Jadi pada motor 2 tak sistem kompresi sangat2 berbeda dengan motor 4tak ,, nah bagi kalian yang seneng modifikasi motor di 4tak pasti pernah yang namanya modifikasi knalpot nya.nah saat kalian modif knalpot di 2tak bahkan serewo2 knalpot itu , pasti tenaga yg dihasilkan minimal sama atau tidak drop ,, nah hal ini akan berbeda jauh jika diterapkan di motor 2tak guys.
6. Bearing Bambu dan pen stang piston aus,, nah suara kasar yang timbul dari depan. Seringkali timbul akibat bearing bambu stang piston yang aus guys, bunyi kasar yg ditimbulkan oleh bearing bambu aus ini ngelitik ,, tik2 hampir sama dengan suara ring piston yang aus, nah ada baiknya jika suara motor kalian kasar dari depan coba cek bearing bambu stang sekalian pen piston nya guna memastikan kerusakan yang timbul guys.
Oke sekian dulu konten kali ini , semoga bermanfaat, jangan lupa untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar