Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel, dalam konten kali ini merupakan konten sambungan kerusakan berdasarkan sumber nya , nah dalam konten kali ini kami akan mengulas tuntas kerusakan dari bagian tengah yang bisa jadi merupakan kerusakan yang disebabkan oleh stang piston yang rusak, kruk as dll ,, akan kami jawab tuntas tapi sebelum lanjut silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.
Jadi guys ciri utama dari kerusakan bagian tengah pasti suara yang ditimbulkan adalah suara knocing yang ngelotok , tapi meskipun sama2 ngelotok ada berbagai perbedaan dalam menentukan suara tersebut rusak nya pada bagian apa? Namun sekali lagi proses paling valid dalam menentukan kerusakan adalah dengan membongkarnya , nah tapi dalam konten ini paling tidak kalian bisa memprediksi kerusakan tanpa bongkar dulu sehingga bisa mengestimasi biaya yang timbul karenanya guys.
1. stang piston yang rusak
Stang seher motor yang rusak dapat ditandai dengan beberapa ciri-ciri, di antaranya:
Bunyi knocking atau suara ngelotok dan kadang bunyi bluk-bluk yang tidak wajar saat mesin dihidupkan selain itu stang piston yg rusak bisa mengakibatkan Getaran mesin yang tidak normal saat beroperasi atau engine on. Ciri lainnya adalah Performa motor menurun, seperti tidak responsif atau tidak bertenaga. Pada motor 4tak stang piston akan mengakibatkan adanya bocor kompresi dan ini ditandai dengan asap putih yang keluar dari motor , sehingga sangat ketara jika stang piston kena maka akan terjadi Konsumsi oli mesin yang berlebihan atau bahasa sederhana nya kalian akan sering ngejok atau isi ulang oli mesin kalian guys. Nah pada motor 4tak umumnya Kerusakan pada stang seher motor biasanya disebabkan oleh oli mesin yang sering telat diganti. Mengisi motor dengan bahan bakar beroktan rendah juga dapat menyebabkan seher motor rusak lebih cepat
2.ciri kruk as rusak
Kruk as, juga dikenal sebagai poros engkol, adalah salah satu komponen penting dalam mesin motor. Bagaimana kruk as bekerja dan menggerakkan komponen lainnya? Ketika mesin berputar, piston bergerak naik-turun di dalam blok silinder. Kruk as, yang terhubung dengan piston melalui batang piston, menangkap energi dari gerakan piston dan mengubahnya menjadi gerakan putar. Gerakan putar dari kruk as kemudian ditransmisikan melalui sistem penggerak untuk memutar roda kendaraan. Nah ini adalah ciri dari krus as yang rusak guys
1.pasti ada Penurunan performa dari mesin motor, hal ini terjadi karena jika kruk as tdk center maka lintasan dari piston juga akan oral. Dan jika oval maka piston akan menghantam dinding liner buring dan lama2 akan overheat dan jika overheat didiamkan ya akan ngejim pasti nya mesin motor kalian guys .
2.Getaran yang tidak biasa saat motor berjalan juga dapat menjadi indikasi bahwa kruk as motor Anda perlu diganti atau diperbaiki ,, nah getaran ini masih sama dengan poin 1 tadi penyebabnya yaitu karena lintasan menjadi oral sehingga as kiri dan as kanan akan goyang2 sehingga terjadilah getaran pada kendaraan. Bahkan terasa pada kaki pembonceng jika kerusakan kruk as nya sdh parah.
Pada motor 4T ciri lainnya dapat kalian rasakan saat Meningkatnya konsumsi oli mesin motor kalian guys. Jika kalian memperhatikan bahwa motor kalian lebih banyak menggunakan pelumas atau oli mesin, atau oli mesin sering berkurang padahal tidak ada kebocoran hal ini bisa jadi tanda adanya kerusakan pada kruk as hampir sama jg dengam kerusakan piston , karena apa ya karena oli mesin akan meloloskan diri dari lubang2 kruk as tadi dan masuk ke ruang bakar utk terbakar bersama pembakaran piston nya guys.
3.ciri bearing kruk as rusak
Nah Bearing kruk as yang rusak dapat menimbulkan beberapa ciri-ciri, yaitu suara kasar yang timbul dari sebelah kiri dan kanan motor , suara pada motor 2T akan terdengar kemlotok dan lebih keras lagi saat digas2. kemudian Suara kasar dari mesin juga akan terasa pada motor 4T dimana akan sering terjadi Konsumsi oli mesin yang meningkat dari normalnya juga guys
Suara kasar yang ditimbulkan oleh bearing kruk as yang sudah aus bersifat konstan dan bisa terdengar dari kondisi mesin yang dingin hingga panas atau bisa diartikan suara akan terus menerus dan tidak hilang pada stasioner kecil bahkan tinggi sekalipun.
Bearing kruk as yang berfungsi untuk menjaga agar poros lengan piston tidak langsung bergesekan dengan block mesin pada putaran penuh. Dengan begitu, putaran lengan piston dapat terjaga dengan stabil jika kondisinya normal , tapi jika kondisinya sdh aus ya pasti akan membuat piston goyang kanan kiri alias oleng juga dan ini yang mengakibatkan getar parah di motor kalian guys.
Oke guys itu tadi ciri2 masing2 part yang rusak jika suara yg timbul dari bagian tengah mesin semoga bermanfaat jangan lupa untuk like share dan subcribe, sampai ketemu di konten kami selanjutnya , Wassalammualaikum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar