Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel, dalam konten kali ini kembali lagi kami memenuhi request subcriber agar dibuatkan video tentang cara merawat motor 2tak agar tetap kencang di jalanan, akan kami kupas tuntas tapi sebelumnya silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.
Walaupun sudah lewat era keemasannya, motor 2 tak selalu menjadi idaman bagi peminatnya. Terlebih lagi untuk motor 2 tak yang dipakai sejak jaman sekolah dulu.Karena biasanya mempunyai kenangan yang banyak, si motor tua ini anti banget buat dijual ke tangan lain.
Karenanya motor 2 tak masih sering kita temui di jalanan. Komunitas motor 2 tak pun masih sering geber motor bareng - bareng di jalanan. Yang jelas, ketika rombongan 2 tak itu datang, dijamin kuping kalian bakal rame karena motor 2 tak yang berisik. perawatan motor 2 tak sendiri memang lebih mudah daripada motor 4 tak seperti bebek dan matic. Cara merawatnya juga lebih mudah daripada cara merawat motor injeksi. Cara merawat mesin motor 2 tak juga lebih simple daripada cara merawat motor matic dan bebek. Tapi jangan dianggap sepele, ada beberapa hal penting yang kalian harus tau tentang motor 2 tak. Dibawah ini adalah tips untuk merawat motor 2 tak supaya tetap kencang di jalanan guys.
Mau tau caranya?
1. Selalu bersihkan knalpot dan saringannya.
Knalpot motor 2 tak terkenal dengan asap hitamnya yang biasanya menimbulkan protes pengendara di belakangnya. Sebenarnya kalau kalian cuek aja dengan hal itu ya gak masalah sih. Cuma kalau kalian masih pengen udara di sekitar lebih sehat, ada baiknya kamu bersihkan knalpot motormu. Mulai dari bibir sampai dengan sarangan knalpot supaya bersih dari oli yang turun hingga knalpotmu. Selain itu jika knalpot sampai berkerak carbon banyak dan menutupi lubang buang knalpot maka hal ini dapat mengganggu penyaluran tenaga dan tendangan balik yang Muara nya adalah penurunan performa, yang membuat motor 2tak kalian tdk lagi kencang dipake di jalanan pastinya guys.
2. Busi kotor bikin motor brebet
Masalah yang sering terjadi di motor 2 tak dan juga sering banget terjadi di vespa. Yaitu busi yang cepat kotor dan mengerak. Mau gak mau kalian harus selalu menyediakan kertas amplas dan kunci busi di jok motor kalian guys Karena bisa saja di tengah jalan motor tiba – tiba mogok. Dan yang harus kamu cek pertama kali adalah busi motor jika pertama mogok , saat ini banyak sekali busi palsu dan busi murahan jadi kalian harus jeli dalam memilih busi yg sesuai ya guys karena ujung tombak pembakaran kendaraan kalian ada di busi guys. Untuk mencegah motor mogok ditengah jalan, kamu harus rutin membersihkan busi motor setiap minggu. Atau semales – malesnya kamu 2 minggu sekali lah. Jangan lebih dari itu ya, malu ama gebetan loh kalo motor kesayangan mogok di pinggir jalan.
3. Karburator 2 tak juga sering kotor
Cara merawat motor 2 tak memang selalu berhubungan dengan kebersihan motor. Begitu juga dengan kualitas kebersihan karburator. Kalian harus pastikan seluruh part karburator bersih dari endapan kotoran yang ada di dalamnya guys.
Nah cara merawat kkarburator motor 2tak sendiri memang jauh berbeda dengan cara merawat motor matic injeksi. Di motor injeksi, bisa dipastikan injektor akan selalu bersih selama bensin tidak pernah kosong. Tapi untuk karburator motor 2 tak, keadaannya pasti akan berbeda. Endapan kotoran yang ada di dalamnya bisa mengganggu performa mesin jika dibiarkan. Tapi kalau kalian gak tau bagaimana cara membersihkan karburator cara simple tapi efektif adalah dengan menyemprot karbu kalian dengan carburator cleaner guys , dengan alat ini maka kerak carbon akan mudah dihilangkan.
4. Pastikan oli samping selalu ada
Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah memastikan oli samping selalu terisi secara cukup. Kalo mau jujur yang namanya 2tak kan kelebihan nya motornya sama2 kubikasi cc seharusnya lebih kencang dari motor 4T nah tapi motor 2 tak memang sedikit lebih boros bahan bakar. Selain bahan bakar, motornya sendiri juga butuh akan oli samping guna pelicin pembakarannya guys. Oleh karena itu, pastikan kalian punya persediaan oli samping yang cukup dan berkualitas. Jangan sampai menggunakan oli samping jelek dan kurang, penggunaan oli samping yg jelek efeknya motor brenet dan mudah kotor ruang bakar ,, oli samping yg kurang efek nya ngejim karena overheat guys.
5.Pastikan Selalu gunakan Karburator Original atau yg berkualitas bagus jika kalian pengen uppgrade Karburator. Jadi motor 2tak kan sdh pasti motor berumur tua, kondisi karburator sdh banyak yang tdk baik2 saja , nah saat kalian mengalami hal ini jangan pernah berpikir beli karbu kw ya guys,, misal karbu kalian masih lumayan kondisi luar nya coba dulu beli repair kit karburator ny dulu saja ,hal ini karena karbu kw banyak yg kurang presisi , sehingga penyakit khas karbu kw adalah , brebet , susah stasioner, lebih boros daripada karbu oriny ,, namun jika kalian mmg pengen uppgrade belilah karbu yang bagus jangan cuma karbu sekadar gede2 an ,karena kalo sekadar karbu gede2an saja maka cuma dapat borosnya aja , kenceng lari nya biasa dompet kalian yg bocornya luar biasa hehehe.
6.pastikan gunakan Cdi Original . Nah ini faktor paling urgent dari kasus motor ga bisa lari ,, kebanyakan orang pengen irit saat cdi nya mati beli yg kw , sekali lagi guys , sy sangat2 tdk merekomendasikan cdi kw karena apa ? Karena cdi kw biasanya tdk awet, apinya kecil dan lebih mudah mati , bahkan ada kasus terkena cipratan air saat dicuci cdi nya lantas mati . Nah dengan cdi ori kalian bisa mendapatkan kelebihan api yg dibutuhkan sesuai dgn apa yg dimaui kendaraan, usia pakai yg panjang alias awet dan yg pasti motor kalian bisa lari kencang karena api yg dihasilkan pasti lebih besar daripada cdi kw guys.
7.Pastikan Gunakan Spull Original atau yg berkualitas bagus jika kalian pengen uppgrade. Hampir sama dengan kasus cdi sebelumnya, maka jika kalian pengen motor 2tak kalian bisa lari di jalan dengan maximal usahakan gunakan juga spull yg original, dengan spull Original dipastikan kualitas menghasilkan daya apinya akan stabil sehingga selalu mampu mencukupi kebutuhan mesin,, berbeda jika kalian menggunakan spull kw ,, api yg dihasilkan seringkali tdk stabil dan kecil sehingga efeknya motor susah di slah , brebet , hilang tenaga dll guys.
8.Gunakan kampas kopling Original .nah ini adalah masalah paling klasik dari motor yg ga bisa lari guys,,jadi sebesar apapun piston , segede apapun karbu kalian , sebesar apapun pengapian motor kalian kalo part perpindahan daya tdk maximal ya motor cuma akan mbeker2 aja suaranya dan tidak bakal bisa lari kendaraan kalian guys. Seperti yang kita tau bahwa part kopling terdiri dari part fast moving yang akan habis terkikis akibat penggunaan kendaraan , nah saat habis utamanya kampas kopling usahakan selalu memakai kampas kopling Original atau yg bagus , jangan sekadar murah asal jalan karna kampas kopling murahan non ori biasanya suka selip saat perpindahan daya atau rpm tinggi akibatnya motor susah kencang jika kalian pakai kampas kopling yg jelek kualitas nya guys.
9.Pastikan Kompresi kendaraan kalian dalam keadaan maximal , jadi kompresi dipengaruhi oleh banyak hal guys, antara lain dari piston dan ring piston , stang piston , kruk as , dan seperti sering kami ulas sebelum nya yaitu akibat seal kruk as yg bocor , nah jika kompresi tidak padat maka kemungkinan besar motor kalian tidak bisa jalan kencang di jalanan , solusinya ya pastikan piston dan ring piston dalam kondisi optimal ,, kruk as jangan sampai goyang, seal kruk as jangan sampai bocor pastinya guys.
10.Pastikan stelan kerenggangan rantai tepat kegunaan. Mungkin tidak banyak yg paham jika rantai misal kalian setel asal2an , misal asal kencang bisa jadi mengganggu performa kendaraan kalian guys,, Rantai adalah part yg menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang ,sehingga peran nya sangat krusial ,, jadi baiknya saat setel rantai motor 2tak kalian yg benar2 pas dalam arti jangan terlalu kencang dan jangan terlalu renggang ,, karena jika terlalu kencang maka rantai akan mudah putus saat jalan , dan jika terlalu renggang rantai akan berisik dan lama2 akan putus juga selain itu Rantai yg terlalu kencang dan renggang jika dipakai jalan akan terasa ndut2an yg pastinya mengganggu performa kendaraan utama Jika dipakai kencang guys
11. Pastikan gigi rasio antara depan belakang sesuai dengan medan jalan. Kesesuaian medan seharusnya disesuaikan pula dengan gigi rasio yg tepat ,, misal medan jalan kalian banyak medan lurus kalian bisa menggunakan rasio depan besar dan yg kecil , begitu pula jika medan jalan kalian banyak tanjakan maka kalian bisa menggunakan rasio depan kecil dan yg belakang besar .ketepatan dalam menentukan gigi rasio akan bermuara pada kecepatan kendaraan kalian pastinya guys.
Oke itu tadi cara agar kendaraan 2tak kalian bisa kencang di jalanan , terimakasih sdh menyimak video2 dari vintage sentinel, jangan lupa untuk like share dan subcribe, wassalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar