Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel, dalam konten kali ini kami akan memberikan ulasan tentang efek serius jika oli samping kurang bahkan sampai kehabisan , akan kami kupas tuntas ,tapi sebelum lanjut silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.
Walaupun era motor 2 tak sudah lama usai, tapi penggemarnya tidak berkurang. Malah semakin kesini, penggemarnya malah semakin banyak. Bisa kita liat di beberapa club motor yang banyak beredar di jalanan.Hal ini menunjukkan bahwa animo rakyat Indonesia akan motor 2 tak masih tetap besar dan tak kalah oleh negara – negara lain macam malaysia atau Thailand guys.
Tapi namanya juga motor tua, perawatannya juga tidak mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh penggunanya. Salah satunya yaitu penggunaan oli samping. Beberapa kali saya melihat pengendara motor 2 tak yang kehabisan oli samping.
Kebanyakan yang saya ketahui mereka yang kelihatan ga begitu care sama motornya sih. Tapi sebenarnya orang – orang seperti ini yang menyepelekan keberadaan oli samping di motor mereka karena ketidak tahuan betapa pentingnya oli samping bagi motor 2tak. Padahal ya guys jika mereka tau, efek dari kehabisan oli samping ini horor banget sebenarnya. Mau tau apa aja efek jika motor 2 tak kehabisan oli samping? Langsung kita ulas saja guys.
1.Piston bisa macet
Yang pertama ditakutkan adalah piston mesin bisa macet guys, lebih parahnya lagi bisa ngunci piston akibat terlampau keringnya oli samping di ruang bakar. Bisa jadi kalian akan rugi banyak jika hal ini terejadi, dan beberapa diantaranya yaitu kalian akan mengalami kerusakan yang berefek ke part lain jika sampe overhear ngejim dan jebol mesin.
2. Silinder juga bisa baret
Silindernya pun bisa baret, karena tidak ada pelumasan di dalamnya. Wah, bayangin aja kalau silindernya udah baret, bisa jadi part – part lainnya juga bisa kena imbasnya guys.
3. Laher bambu aus
Bisa kalian cek jika kekeringan oli samping ini benar – benar terjadi, laher bambu ini bisa ikutan aus juga, akhirnya malah nambah – nambahin biaya kerusakan. Tapi ini belum usai guys, masih ada satu part lagi yang kemungkinan bisa ikutan rusak.
4. Stang piston ikut bengkok
Stang piston, karena pistonnya ngancing dan stang piston terus bekerja naik turun tapi gak lancar atau tergencet, akhirnya dia bengkok juga.
Nah beberapa diatas ini adalah efek jika oli samping abis guys Tapi jika kalian sudah menemui gejala – gejalanya, ada baiknya kaliaj ambil beberapa langkah pencegahan biar gak tekor – tekor amat kerusakan dan kerugian untuk benerin motor kalian guys.
1. Langkah pertama yaitu mencari Toko oli samping atau bengkel terdekat dengan lokasimu sekarang.
Sebelum oli kendaraan kalian benar – benar kering, buruan matiin motor dan segera cari bengkel yang paling dekat denganmu. Kalau misalnya tidak ada bengkel sama sekali, kamu bisa ambil alternatif kedua. Sedikit beresiko sih, tapi gak ada salahnya untuk di coba.
2. Gunakan minyak goreng untuk alternatif oli samping sementara.
Seperti yang saya katakan, ini hanya untuk sementara. Yang penting motormu gak rusak. Yang penting motormu gak macet di jalan. Buruan cari warung, beli minyak goreng, dan isikan ke tabung oli sampingmu. Atau lebih baik lagi jika dicampur di tangki bbm aja guys,, dengan perbandinhan kira2 30ml per 1liter bbm jadi Jangan dituang semua gaes, karena malah jadi brebet motor kalian nantinya.
Setelah itu klian bisa cek, bagaimana perkembangannya di motor kalian . Karena hal ini bersifat sementara, kalian harus buru – buru cari toko oli samping atau bengkel. Yang penting kamu gak boleh panik, tetap tenang dan jangan kebut – kebutan. Jaga temperatur mesin supaya gak kelewat panas. Ketika kamu sampai di bengkel, buruan cek keadaan motormu. Semoga aja masih dalam kondisi yang prima.
Oke sekian dulu konten kali ini semoga membantu, terimakasih sdh menyimak video kami jangan lupa untuk like share dan subcribe, sampai jumpa di video vintage sentinel selanjutnya, wassalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar