Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel, dalam konten kali ini kembali kami menjawab pertanyaan subcriber perihal, penyebab motor 2tak yang sering jebol mesin nya ,, apakah benar demikian? Akan kami kupas tuntas tapi sebelum lanjut silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys
Ada anggapan asal knalpot ngebul berarti mesin sudah dapat pasokan samping yang cukup bagi konsumsi ruang bakar.
Padahal sebenarnya anggapan ini adalah anggapan yang salah guys , karena sangat2 Bisa juga knalpot kendaraan kalian ngebul tapi oli samping tekor alias tidak mencukupi atau bisa dikatakan sedikit dan kurang bagi mesin.
Karena indikator dalam melihat konsumsi olsam yang pas buat mesin tidak bisa sesederhana itu hanya dilihat dari asap yang keluar dari knalpot kendaraan guys sekali lagi guys indikator dalam melihat setelan oli samping boros atau irlit di mesin 2-tak jangan hanya dilihat dari asap yang keluar dari knalpot ya guys karena itu kesalahan mendasar yang paling sering dilakukan pengguna pemula 2T dan ini berbahaya karena salah memahami kecukupan oli samping bisa berujung mesin ngejim guys.
Sebagai gambaran buat kalian guys Ada beberapa oli samping meski cuma sedikit yang masuk mesin, tapi asapnya banyak sebagai contoh adalah oli samping evalube hijau , yang kebanyakan dipakai di mesin potong rumput, chainsaw atau potong kayu , dan mesin kerja lain biasanya.
Penyebab knalpot kalian ngebul banyak juga bisa berasal dari sil kruk as sebelah kanan yang bocor. Nah efek dari seal kruk as kanan yang bocor adalah asap pembakaran yang banyak , kenapa bisa demikian? Karena jika seal kruk as kanan bocor maka oli mesin yang seharusnya hanya berputar di bagian bak kopling dan berfungsi sekedar pelumas mesin menjadi bocor dan melarikan diri sampai ke ruang bakar dan ikut terbakar , nah oleh karenanya ada banyak asap yg terjadi di knalpot guys,, nah ciri jika seal kruk as bocor adalah oli mesin kalian yang sering berkurang sendiri saat dicek pasti berkurang dari sebelumnya guys, nah oleh karenanya, asap di knalpot jangan dijadikan patokan utama ya guys.
Nah bagaimana cara melihat kecukupan oli samping yang benar guys? Jika kondisi motor masih standar, bisa lihat dari slang oli samping yang mengarah ke karburator. Buka bagian penutup mesin atau legshield kanan dan kiri ny kemudian copot selamg oli samping yang ada di karburator yang mengarah ke pompa oli nya , nah kalian copot saja selang yang nempel di karburator nya ya guys ,, jangan yg di pompa nya , kemudian Kalian Lihat saja dari oli yang menetes dari slang itu. Coba lihat waktu keluar nya oli samping bisa dari jam tangan atau HP terserah nah posisi saat kalian cek tersebut adalah saat kondisi mesin stasioner jangan digas2 , jadi posisi mesin dihidupkan stasioner tapi jangan di beleyer2 , dari posisi itu hitung , per 1 tetes oli samping nya turun ada pada posisi tiap berapa detik ya guys.nah di mesin standar idealnya oli samping bakal menetes setiap 10 detik ketika stasioner.
tapi kalo sy pribadi lebih senang di 12 detik per 1 tetes nya kemudian saya campur dengan 7mili atau setara 1/2 tutup oli samping tiap liter bbm nya hal ini agar jika sewaktu2 pompa oli samping tidak berjalan dengan sempurna maka motor tidak langsung ngejim parah karena ada bantuan oli samping di tangki, dengan dicampur oli Samping juga membantu tangki terhindar dari karat juga guys.
Atau sebenarny guys ,meskipun agak merepotkan, mencampur oli samping secara tradisional lewat tangki dan oli samping langsung sebenarnya malah lebih bagus , hal ini karena ada kepastian oli samping yg tercampur sesuai dgn yg dibutuhkan dimana campuran nya adalah 25mili per 1 liter bbm atau setara dengan 2,5 tutup olsam per 1 liter ny atau dilebihkan jadi 3 tutup malah lebih baik dan adem mesinnya, dengan dicampur langsung potensi darurat semacam pompa oli samping yang mati maka mesin tetap aman2 saja tanpa kerusakan pastinya karena supply oli samping nya tidak terganggu dan sesuai yang dibutuhkan guys.
Terakhir jangan sekedar jalan atau sekedar pakai oli samping jika kalian pakai motor 2tak ,, ingat motor 2Tak nyawa nya adalah di oli samping, pantangan di motor 2tak adalah oli samping yang kurang dan jangan pernah pakai oli samping kualitas jelek pokok nya ,, jika 2hal itu kalian lakukan. InsyaAllah motor kalian berpuluh2 tahun akan aman dari ngejim guys.
Sekedar informasi motor 2tak pada dasarnya lebih kuat dari motor 2T asal oli samping nya selalu terjaga, motor 4tak ngejim 1kali saja pasti akan jebol dan turun mesin total ganti piston dan kemungkinan stang , tapi di 2T mesin tahan berkali2 ngejim tanpa turun mesin , tapi ya sebaiknya jangan dibiasakan terjadi , caranya ya seperti telah dijelaskan sebelumnya yaitu oli samping yang selalu tersedia bagi kebutuhan mesin guys. Karena sekuat apapun 2T kalo berkali2 ngejim tanpa penanganan ya akhirnya ambrol juga , dan ini akan sangat berbiaya besar Pasti guys.
Oke sekian dulu konten kali ini terimakasih sdh menyimak video2 dari vintage sentinel janga lupa untuk likesharedansubcribe, Sampai jumpa di video vintage sentinel selanjutnya, wassalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar