Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel, dalam konten kali ini kami akan mengulas teknik aman dari ngejim yaitu teknik melubangi piston ,,akan kami kupas tuntas , tapi sebelumnya silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.
Seher atau piston adalah salah satu komponen paling penting pada motor yang memerlukan pendinginan karena kinerjanya yang bersifat endurance. Hal ini diperlukan agar kerja komponen tersebut bermasalah dan kemudian juga terhindar dari ngejim.dalam proses pembakaran seher atau piston memang jadi salah satu sparepart terpenting karena tugasnya mengubah energi ledakan pembakaran jadi energi gerak putar mesin. Untuk itu seher atau piston yang bekerja naik-turun perlu pendinginan dan pelumasan supaya tidak macet di dalam boring.
Nah Apalagi di motor 2tak yang pendinginan dan pelumasannya hanya mengandalkan dari oli samping guys. Untuk itu salah satu trik agar seher awet dan mesin tetap adem sekaligus tidak macet berikut sebaiknya kalian perhatikan guys
Salah satu trik yg sering dipakai penggemar 2 tak adalah dengan membuat lubang di seher atau piston untuk lewatnya oli samping dari karter. Lubang di buat atas dan bawah kemudian dibikinkan alur atau got antar lubang tersebut.untuk prosesnya sebaiknya jangan kalian bor sendiri ya guys , sebaiknya bawa saja ke tukang bubut agar hasilnya bisa sempurna ,,, tapi ingat teknik ini tidak sepenuhnya terus membuat motor 2tak kalian aman 100% dari ngejim tapi sekedar meminimalisir potensi terjadinya ngejim ,, karena jika motor kalian misal mati pompa oli samping , takaran oli samping kurang ,kolter yg miring, atau mengkonsumsi oli samping murahan jelek ,,ya potensi ngejim jelas tetap besar guys ,,, jadi dengan dimodif lubangi piston ini kalian tetap harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi bbm bagus,, mengkonsumsi olsam bagus,, pompa oli selalu dirawat agar tidak macet,, takaran oli samping yang sesuai atau dilebihkan saja sekitar 35cc per 1 liter nya agar posisi mesin tetap adem jadinya guys.
Tujuan memberi lubang pada dasarnya adalah agar sirkulasi oli samping jadi lebih meluas dan maximal , dengan adanya lubang2 tadi diharapkan oli samping sebagai pelumas bisa melewati lubang tersebut dan tidak langsung hilang terbakar atau turun sehingga potensi gesekan antara liner dan piston menjadi lebih halus ,dan ada lagi teknik bolong piston dan dibikin got ,,nah tujuan dibikin got pada piston ini agar terjadi proses pelumas atau oli samping bisa tersimpan di alur tersebut , dimana oli diharapkan keluar dari lubang atas dan ada oli yg turun digot nya dan sampai di lubang bawah ,, sehingga sirkulasi oli samping dapat lebih terjaga alias tidak langsung turun dan hilang guys.
Untuk Alur dan lubang yang dibuat pastikqn ada di 4 sisi seher terutama pada bagian yang rawan macet ,bisa kalian pakaikan teknik lubang saja atau bisa juga pakai teknik dengan got,, itu masalah selera modifikasi saja guys,, intinya dari teknik lubang piston ini tujuan yang diharapkan adalah sirkulasi oli samping sebagai pembakaran dan pelumas pada ruang bakar bisa lebih diefektifkan fungsi dan tugasnya , dari yg sekadar terbakar dan turun dalam sekali proses ,, dengan dibolong piston ,pelumasan dapat dilakukan lebih dari 1x sebelum turun ke bawah guys ,,kira2 konsepnya seperti itu.
Oke guys, semoga konten ini bermanfaat ,terimakasih sdh menyimak video dari kami ,, jangan lupa untuk like share dan subcribe, sampai jumpa di konten2 vintage sentinel selanjutnya. Wasalam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar