Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel, dalam konten kali ini kami akan mengulas tema yang di request subcriber kami yaitu keunggulan atau manfaat jika menggunakan open filter variasi dan apa saja kerugian potensial yang ditimbulkan, tapi sebelum lanjut silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.
Pada motor 2tak kalo bukan performa motor yang maximal , top speed maximal , torsi maximal akselerasi maximal apalagi coba guys tujuan kalian punya motor 2tak kalo bukan untuk itu ,, nah banyak cara untuk meninggalkan performa motor nya dari cara yang berbiaya mahal seperti uppgrade engine dengan part racing import atau banyak juga yang melakukan uppgrade minimalis berbiaya rendah untuk melakukan peningkatan performa motornya . Salah satu yang banyak dipakai adalah penggunaan teknik open air filter pada motor nya.
Sebelum nya kita jelaskan dulu open air atau sering disebut open filter adalah teknik modifikasi saluran hisap karburator dengan mencopot filter original nya yang biasanya bentuknya meliuk2 dan besar untuk dilepas sama sekali ,, atau diganti dengan bentuk yang lebih kecil dengan tujuan memperbesar udara masuk ke karburator,, tujuan dari udara besar yang masuk ke karburator ini adalah mempercepat pengkabutan bbm pada ruang bakar sehingga pembakaran menjadi lebih spontan guys.
Kelebihan dari teknik open air atau open filter karburator ini antara lain adalah:
1.pengkabutan bahan bakar akan tercipta lebih baik sehingga pembakaran pada motor menjadi lebih responsif.
2.torsi menjadi naik dan top speed lebih cepat tercapai karena pembakaran yang terjadi di ruang bakar akan menjadi lebih besar.
3.tarikan lebih ringan, cukup tarik gas dikit tenaga yang keluar akan lebih besar dari sebelumnya.
Kemudian yang namanya kelebihan pasti ada kelemahan nya ,, nah Berikut ini adalah kelemahan jika kita menggunakan teknik open air atau open filter karburator guys:
1.karburator lebih cepat kotor ,hal ini dikarenakan tidak adanya filter yang memadai untuk menyaring debu2 yang masuk ke karburator, nah kerugian jika karburator kotor dan tidak segera dibersihkan antara lain, bbm jadi boros , tenaga jadi turun ,akselerasi jadi turun ,, susah dislah harus berulang2 diengkel baru bisa nyala.
2.rawan kena water hammer jika dipakai saat hujan ,, water hammer adalah kondisi dimana air masuk ke karburator dalam jumlah besar dan menghantam ruang bakar , jika sampai terjadi water hammer pasti mesin akan bolong guys.
Nah dari kelemahan dan kekurangan aplikasi open filter atau open air karburator maka ada beberapa rekomendasi dari kami guys:
open filter atau open karburator tidak cocok digunakan untuk kendaraan harian , perawatan dan manfaat yang ditimbulkan kurang sebanding resiko yang terjadi jika terjadi masalah semisal ada paku yg loncat sampai masuk ke karbu atau water hammer itu sendiri, hal ini dikarenakan jika dipakai harian maka motor akan jarang di setting atau di cek beda jika untuk kompetisi dimana akan lebih sering dicek dan jika ada kotoran pasti akan lebih sering dibersihkan. Jadi sistem open air ini lebih cocok untuk pelaku balap liar atau yg sesekali menggunakan saja karena jika dipakai dalam jangka panjang , manfaat dan perawatannya nya tdk terlalu sepadan guys. Apalagi kalian akan repot sendiri saat menghadapi air utamanya saat hujan atau cuci kendaraan.
Sekian dulu konten dari kami semoga bermanfaat, jangan lupa untuk like share dan subcribe, sampai jumpa di video vintage sentinel selanjutnya, wassalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar