Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel dalam konten kali ini kami akan membahas tema yg spesifik tentang analisa 10 kerusakan yang umum terjadi pada motor yamaha alfa , sigma , f1z cara mendeteksi beserta solusinya , tapi sebelumnya silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.
Berikut 10 Masalah yang sering timbul pada motor yamaha alfa sigma champ f1zr
1.yang pertama: adalah bbm boros tapi tidak bertenaga, pada dasarnya motor yang boros tapi tidak bisa lari bisa disebabkan oleh setelan karbu yang terlalu besar debit gas tapi kurang asupan udara sehingga pengkabutan tidak terjadi, bisa juga terjadi akibat motor yg rusak kompresi akibat piston yg sdh aus atau bisa juga akibat kampas kopling yg tipis sehingga saat di puntir gas besar otomatis bbm yg ditarik ke ruang bakar besar tapi tdk menghasilkan daya dorong bagi mesin karena part2 yg terkait tersebut tidak mampu menyalurkan tenaga ,, nah solusi jika kalian mengalami bbm boros tapi tdk bertenaga adalah setel ulang karburator jika karburator masih layak pakai , namun jika tdk ya terpaksa ganti baru , kemudian cek kampas kopling ,, pastikan kampas kopling beserta plat gesek kopling masih layak , dan terakhir perbaiki bagian ruang bakar jika ada suara knocking atau ngelitik guys.
2.motor brebet saat digas tidak bisa pol , penyakit klasik yang satu ini pasti pernah kalian alami utamanya bagi pemilik yang membeli motor alfa sigma f1zr nya dari kondisi bahan ,,Penyebab dari masalah brebet ini pada dasarnya adalah hasil pembakaran yang tidak maximal,, bisa terjadi akibat bbm yg debit nya kurang atau bisa juga akibat pengapian yang kecil sehingga tidak bisa menunjang pembakaran,, solusi dari masalah ini adalah bisa kalian buka karbu ,bersihkan semua bagian dari pj mj jarum skep ,jarum pelampung dan semprot lubang2 biasanya ada bagian kotor yang membuat penyumbatan disitu ,, atau jika masih terasa debit bbm kurang kalian bisa uppgrade pj dam mj ke ukuran yang lebih besar guys, yang kedua kalian bisa uppgrade piranti kelistrikan,, biasanya bagian yg performa nya turun adalah spull ,, nah untuk spull kalian bisa minta tolong ke tukang spull agar dililitkan custom agar apinya lebih besar ,, selain itu pastikan kalian menggunakan CDI yang sehat dan original, jangan sekali2 pakai CDI kw karena apinya kecil , juga jika bisa koil kalian uppgade aja pake koil TK Orange karena koil2 standar apinya juga standar guys.
3.pengapian kecil ,hampir sama dengan kasus brebet sebenarnya api kecil di busi akan berbanding lurus dengan motor tidak nyaman performa nya termasuk brebet tadi, penyebab api kecil ya tidak jauh2 dari spull, cdi. Koil dan busi ,, karena itu solusinya ya cek bagian tersebut satu persatu dan jika ketemu ganti saja usahakan dengan yang orisinil ya guys ,,kecuali koil mending uppgrade aja dengan yg gede apinya karena koil adalah ujung tombak dalam melipat gandakan tegangan dari cdi ,jika koil mampu menghasilkan api besar maka pengapian di busi kemungkinan besar akan maximal guys.
4.tidak kuat nanjak ,,masalah ini pada dasarnya adalah akibat kompresi yg drop, bisa akibat sepele seperti kampas kopling tipis, seal kruk as yg aus , piston dan ring piston yang lemah, pengapian yang kecil,, atau bisa jadi akibat salah dalam aplikasi final gear sehingga beban menjadi berat. Nah solusi dari masalah motor yang tidak kuat nanjak ini bisa dengan: cek seal kruk as, cek suara knocking pada piston , cek pada pengapian ,, dan sesuaikan final gear ,, berdasarkan pengalaman kami final gear yg paling nyaman untuk melahap daerah pegunungan adalah 14t depan dan 40t belakang tapi final gear ukuran tersebut mmg memiliki kelemahan susah mencapai topspeed guys dan hanya akan nggereng kelebihan tenaga saja jika sudah mencapai 80 kmpj.
5.motor nggereng2 seperti kelebihan tenaga tapi tidak kunjung mencapai topspeed , hal ini akibat kompresi yang bocor bisa akibat sepele seal kruk as yg bocor , bagian ruang bakar yang aus seperti piston ring yg tidak layak,, kampas kopling yang tipis atau bisa juga aplikasi final gear yang salah ,,jadi penggunaan final gear belakang besar cocok untuk menunjang tenaga saat di tanjakan tapi saat di medan datar gear belakang besar akan membuat mesin nggereng2 dan susah mencapai topspeed, jadi ada baiknya turunkan final gear belakang kalian jika mendapatkan masalah motor kalian nggereng2 kelebihan tenaga tapi tidak bisa lari ya guys.
6.motor susah dihidupkan saat pagi ,, hal ini biasanya terjadi karena pengapian yang kecil dan jumlah tampungan bbm di mangkuk karbu dalam jumlah kecil ,, sehingga tidak cukup untuk pembakaran guys ,, jika masalah terjadi akibat pengapian yang kecil ya May tdk mau kalian harus ngecek antara spull , cdi, koil dan busi mana saja bagian tersebut yang bermasalah,, namun jika masalahnya di karburator cukup kalian setting di bagian pelampung nya ,, disitu ada plat kecil sebagai setelan jarum pelampung,,nah tekan saja kebawah sedikit plat tersebut agar jarum pelampung bisa turun dan mampu mengalirkan bbm yg dibutuhkan,,tapi ingat guys,, jangan terlalu banyak nekan nya karena jika terlalu banyak yg terjadi malah bisa jadi banjir karburator nya ,, jadi seperlunya saja asal bbm dalam tampungan cukup untuk konsumsi saat kalian slah motor ,,jika tampungan di karburator cukup maka akan mudah buat kalian menyalakan motor di pagi hari guys.
7.motor geter2 saat dikendarai, nah masalah ini sangat klasik bukan cuma pada motor alfa sigma f1zr tapi pada semua motor 2tak ,, Penyebab nya adalah karena motor 2tak memiliki penyaluran tenaga yang lebih cepat sesuai namanya 2stroke atau 2 langkah, oleh karena itu jika tenaga besar dan tidak tersalurkan oleh kaki2 roda untuk berlari ya efeknya tenaga akan muter2 saja di mesin dan mesin menjadi getar guys,,, tapi ada getar yang normal dan getar ya tdk normal ya guys,, getar yang tidak normal terjadi jika efek nya sampai membuat baut2 cepat lepas. Kaki pembonceng kesemutan,, motor juga bergetar hebat saat kencang. Nah masalah dari hal ini sangat serius sebenarnya guys yaitu akibat krus as yg tidak center sehingga rotasinya menjadi asal ,karena itulah mesin menjadi getar2,, namun bisa juga akibat piston aus namun tidak diganti2 ,, nah solusi dari hal ini jika getar masih kecil bisa kalian siasati dengan memberikan final gear yang lebih berat ,, saran kami lebih baik kecilkan gear belakang saja daripada membesarkan gear depan , coba final gear yg sekarang dikecillan 3 titik ,dan depan tetap ukuran semula , hal ini dapat membantu menurunkan getar mesin yg blm parah ,, namun jika getarnya parah ya mmg harus kalian bongkar mesin total dan lakukan center kruk as sekalian cek stang piston nya guys.
8.motor bisa diselah tapi susah nyala jika pakai elektronik stater. Nah ini pasti kalian juga pernah mengalami dan jengkel tidak ketemu masalahnya,, hal ini sebenarnya sebabnya sepele guys yaitu akibat pengkabutan tidak sempurna bertemu api yang kecil,, bukan semata mata akibat aki yang lemah karena banyak kasus dimana akinya kuat atau keras juga tidak bisa distater elektronik,, solusi atas hal ini jika karena pengkabutan karburator ya harus kalian bersihkan dulu karburator di pj mj dan pastikan karburator yang orisinil karena karburator kw susah untuk menghasilkan kabut bbm yang bagus guys ,, selain itu kalian bisa coba 1 trik sederhana ini ,, coba rapatkan ujung dioda busi dan tentu saja busi nya usahakan baru atau sehat ya guys,, dengan mendekatkan busi dengan dioda nya api yg dihasilkan akan lebih besar dan lebih spontan sehingga kuat untuk mengangkat stater elektronik guys.
9.busi motor cepat hitam dan mati ,,nah kasus ini biasanya akibat kalian tidak paham konsumsi oli samping pada motor kalian takarannya berapa,, jadi di banyak subcriber kami yang menanyakan " om motor ninja saya baiknya masih pakai pompa oli. Campuran tambahan untuk di tangki brp cc ya ?" Nah ini pertanyaan yang sangat sulit kami jawab ,, karena jika kami jawab asal ternyata tambahnya oli samping jadi berlebihan ya malah menjadikan motor gak bisa lari dan busi hitam serta cepat mati,, oleh karena itu sebaiknya jika kalian ingin menambah oli samping di tangki bbm pahami dulu setingan pompa oli kalian agar tambahnya bisa pas dan tidak membuat busi cepat hitam dan mati akibat keblebek oli samping,,, saran kami kalian seting dulu di standar 12 detik per 1 tetes nya ,, baru setelah itu tambahkan 7 cc atau 1/2 tutup olsam per 1 liter bbm nya guys. Jangan lebih dan jangan kurang,, karena jika kurang mesin akan rawan ngejim dan jika kurang busi akan cepat hitam dan mati.
10.motor digas dalam tapi lama ngrespon ,, pasti kalian pernah ngalami utamanya yg bangun motor atau beli motor bahan, sudah kalian ganti ini itu , kompresi juga sudah dirasa bagus , mesin alus ,kampas kopling baru, pengapian sudah diuppgrade semua tapi tenaga saat digas tetap lemes , sudah habis dana banyak motor 2tak tapi kalah sama honda prima secara performa hehehe. , jangan bingung guys ,, masalah ini biasanya akibat kalian menggunakan buring yg sudah pernah diovebos ,, maksudnya adalah buring yg lama sdh habis akibat naik ukuran piston terus menerus dan si pemilik lama tidak mau beli buring baru tapi melakukan ovebos pada motor nya dengan memasukkan liner baru pada buring ,, teknik seperti ini jamak dilakukan oleh pemilik 2tak tapi tidak jamak yang sukses ,,, biasanya setelah ganti bosh maka akan terjadi penurunan kompresi yang drastis guys dan salah satu efek yang sering dirasakan adalah motor digas dan lama ngrespon ini guys.
Nah itu tadi 10 masalah klasik Yamaha Alfa Sigma f1zr yang sering terjadi beserta solusinya, semoga bermanfaat, terimakasih sdh menyimak video kami , jangan lupa untuk like share dan subcribe, sampai jumpa di video vintage sentinel selanjutnya, wassalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar