Senin, 28 Agustus 2023

Ciri ciri indikator tampungan oli samping bermasalah

 


Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel,  dalam konten kali ini kami akan mengulas tentang ciri2 dari indikator tampungan oli samping yang bermasalah ,, akan kami bahas tuntas tapi sebelumnya silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys. 

Salah satu hal penting yang terkait dengan ketersediaan oli samping di ruang bakar namun sering dilupakan karena berpikiran " tidak mungkin rusak" adalah indikator pompa oli samping. Pada motor 2tak yang masih menggunakan pompa oli samping pastilah kita akan menggunakan alat ini untuk memantau ketersediaan oli samping di tampungan,, saat oli samping ada maka lampu akan tidak bereaksi tapi begitu oli samping mati maka lampu merag akan menyala, yang menandakan oli samping dalam kondisi kritis dan harus segera diisi ,,,nah bagaimana jika indikator oli samping ini tidak berfungsi dan mengirim sinyal yang salah?? Kelihatannya sepele tapi masalah yang sangat besar akan segera terjadi yaitu mesin akan mengalami ngejim karena tidak adanya oli samping di tampungan akibat oli samping yang habis tapi tidak terdeteksi guys. 

Sebelumnya akan kami informasi kan bahwa ada 2 type indikator oli samping yaitu:

1.type indikator luar , pada motor semisal suzuki rc type model ini adalah bawaan original pabrikan  dimana posisi Kuningan atau saklar on of nya ada di posisi luar sehingga kita mudah memahami karena terlihat jika ada masalah semisal Kuningan remuk atau per remuk atau misal ada kotoran endapan oli.

2.type indikator dalam ,type indikator dalam ini salah satunya adalah sistem bawaan pada motor f1zr , alfa sigma champ yang mana type ini letak saklar Kuningan on off nya terletak didalam tabung indikator nya sehingga kita akan kesusahan dalam perawatan nya ,, misal per remuk ,Kuningan ambrol atau ada kotoran kita tdk bisa melihat karena tertutup oleh plastik tabung penutupnya.

Dari 2 jenis ini kami lebih nyaman dengan type indikator yg berada diluar dengan alasan mudah dipantau kondisinya,  tinggal indikator oli samping ini ditarik ,kemudian dilihat mata bisa langsung terlihat adanya masalah ,, serta lebih awet karena Kuningan nya yg lebih tebal ,, dibandingkan dengan sistem indikator dalam macam f1zr original yang jika bermasalah misal per dalam nya protol atau Kuningan nya protol atau ada kotoran endapan oli di dalam indikator tersebut kita harus buka indikator ini dan baru paham setelah membuka nya ,, dan yg jadi berat adalah saat setelah dibuka biasanya akan sulit kembali seperti semula karena sdh ada luka congkelan guys. 

Sekarang kita lanjut ke ciri2 jika ada permasalahan pada indikator pelampung yang bermasalah:

1.Lampu indikator nyala terus padahal oli samping penuh. Sering terjadi kasus di bagian dashboard speedometer ,lampu indikator merah dari oli samping terus menyala sepanjang jalan, pasti feeling kita adalah oli samping yang habis ,,maka kita akan segera mengisi oli samping lagi di tampungan, tapi meskipun penuh tetap saja indikator tersebut nyala,, nah ini disebabkan karena terjadi masalah pada stik indikator pada tampungan pompa oli , hal ini seringkali disebabkan oleh per di dalam stik yang lemah ,, Kuningan saklar di stik yang miring atau lepas, atau bisa juga akibat kotoran endapan oli , oleh karena itu jika kalian mengalami hal semacam ini jangan sekali2 diremehkan,, segera bersihkan stik tampungan oli samping daripada tertipu sinyal yang bisa jadi berujung pada ngejim nya motor kalian guys.

2.Lampu indikator yang tdk nyala padahal oli samping habis. Nah ini kebalikannya dari kasus sebelumnya ,, dan ini lebih bahaya , karena bisa saja oli samping di tampungan habis tapi indikator merah tdk menyala ,, nah hal inilah yang menjadi alasan kenapa kami selalu menyarankan pencampuran oli samping di tangki bbm sebagai cadangan ,, salah satunya ya karena hal ini yaitu lampu indikator yang tidak menyala ketika olsam habis, , Penyebab nya juga sama seperti poin pertama tadi yaitu,  per yang lemah atau patah, Kuningan yang miring atau lepas, atau kotoran di selubung stik indikator tampungan oli samping nya guys,, atau bisa juga akibat bohlam indikator yang putus,, nah kami beri resep agar bohlam indikator ini awet ,, ganti saja dengan yang model bohlam tancep led guys satunya 10rb aja , kelebihan nya lebih terang dan lebih awet tentu saja.

3.Jika dari fisik dilihat bahwa Kuningan tidak bisa naik turun dengan sempurna. Nah trik yang ketiga ini harus diketahui dengan cara mencabut stik indikator oli samping ini dari tampungan nya guys,, setelah tercabut perhatikan,  apakah saklar atau kuningannya bisa naik turun dengan baik dan cek juga disitu ada 2 buat Kuningan,  satu dibagian bawah Dan satunya Kuningan yg ikut naik turun oli samping,, jika salah satunya protol ya dipastikan stik indikator kalian rusak dan harus beli lagi karena jika disambung tingkat keawetannya juga tdk panjang ,, apalagi jika sampai bermasalah lagi tapi kita tidak tau ,efeknya malah jadi ngejim dan mesin ambrol guys.

4.per pegas ada indikasi lemah atau patah. Pada poin 4 ini sering terjadi akibat korosi ,, meskipun besi per selalu tercelup oli tapi ingat ada juga kotoran endapan yang menyebabkan per yg tipis ini korosi dan patah ,, nah jika per di dalam stik indikator ini tdk berfungsi maka antara Kuningan on dan off tdk bisa bekerja akibatnya akan terkirim sinyal yang salah ,, bisa jadi lampu manjer on terus atau kadang kasus lampu manjer off terus sehingga pemilik motor salah menganalisis masalah oli akibatnya ya bisa ngejim jika telat isi oli samping di tampungan tersebut guys.

5.kuningan indikator lepas , hal ini hampir sama dengan poin 4 , hal ini juga sering terjadi akibat korosi dan masa pakai yang lama , dimana Kuningan tersebut sebenarnya sangat tipis dan sering bertabrakan antara Kuningan plus dan minus disaat oli samping di tampungan habis,  bayangkan 2 plat ini betapa seringny bertabrakan dalam 25tahun pemakaian maka jangan heran jika Kuningan ini akan patah ,, ciri yang bisa terlihat adalah pengiriman sinyal yang salah pada indikator oli samping di dashboard speedometer,, kasus yang sering terjadi adalah motor yang tidak nyala indikator on off nya sehingga bahaya akan mengintai jika oli samping habis tapi indikator merah tidak menyala guys. 

6.jika dicek menggunakan avo meter plus dan min disambung tdk ada tanda2 on. Nah salah satu cara sederhana tapi jika kalian punya alat cek yang namanya avo meter. ,,bisa kalian cek dengan alat ini ,, di soket ini ada 3 kabel atau 3 batang soket,  cek antara 2 diantara 3 tersebut jika ada salah satunya menyala berarti stik indikator tampungan oli samping ini normal,, tapi jika kalian cek tdk ada tanda2 jarum avo bergerak ,berarti stik tampungan ini dalam kondisi bermasalah guys.

Oke itu tadi konten kali ini semoga bermanfaat, terimakasih telah menyimak video vintage sentinel,  jangan lupa untuk like share dan subcribe,  sampai jumpa di video kami selanjutnya,  Wassalammualaikum. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar