Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel, dalam konten kali ini kami akan mengupas tentang 10 penyebab inreyen menjadi gagal ,tapi sebelum lanjut silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.
1. Pompa oli mesin atau pompa oli samping mati , penyebab paling banyak dari motor ngejim adalah akibat pompa oli samping yang mati ,,bisa akibat mati mendadak karena pecahnya gear pompa oli, per pompa oli yg lemah, bohlam indikator mati, selang oli samping bocor, yang Muara dari semua masalah tadi menyebabkan asupan oli samping tidak sampai di karburator dan ruang bakar sehingga yang terbakar hanya bensin aja sehingga menyebabkan mesin kering dan akhirnya overheat serta ngejim guys, jika hal ini berlanjut dan berlarut2 tidak ditangani dijamin motor kalian akan gagal inreyen dan jebol mesin lagi guys.
2.Pada motor 2tak asupan oli samping yang kurang. Hal ini adalah kasus yang paling sering terjadi pada pemilik 2tak pemula ,yang masih menganggap remeh asupan oli samping dan masih menggunakan analogi 4T yang nyawa nya adalah oli mesin yang notabene jika tdk bocor atau piston tdk kena, maka oli mesin akan tidak berkurang,,, nah banyak yg tidak paham takaran dan asupan oli samping bagi motor 2tak nya ,,bahkan banyak sekali yg tidak paham posisi motornya skrg setting nya berapa tetes per 1 detik nya ,,, nah hal ini menjadikan motor kalian berpotensi kurang asupan oli samping sehingga berpotensi ngejim guys,, nah asupan ideal oli sampinh yang dibutuhkan mesin untuk pembakaran adalah 25cc sampai dengan 35 cc per 1 literny ,oleh karena itu kami sarankan idealnya kalian jika masih mengaktifkan pompa olsam set di 12 detik per 1tetes nya kemudian campur di tangki bbm 1/2 tutup per 1 liter bensin agar mesin adem dan tetap ada backup jika sewaktu2 mesin ngejim ya guys.
3. Pada motor 4tak oli mesin di kalter kanan yang kering atau habis. Nah kasus ini sering terjadi di motor 4tak yang biasanya terjadi akibat seal klep bocor ,, klep yg sdh aus atau piston yg baret,, namun ada kasus juga yg motor nya part ok semua namun oli mesin kering ,, nah oleh karenanya jika motor kalian 4tak sering2lah cek oli mesin tiap hari di pagi hari sebelum digunakan agar oli mesin tetap terjaga volume nya ,karena jika volume oli mesin kurang, mesin pasti akan ambrol lagi dan inreyen kalian pasti akan gagal total guys.
4.Boncengan atau membawa beban pada saat posisi masih masa inreyen. Banyak sekali pertanyaan " seperti saya cuma punya 1 motor dan dipakai ngelaju atau buat ojol, apakah bisa langsung bisa dipakai jalan bekerja normal" , nah jawaban jelas bisa ,, ya bisa remuk guys,, karena saat inreyen antara piston dan liner itu masih dalam kondisi blm presisi dan masih saling adaptasi posisi sehingga mesin akan panas dan seret saat masa inreyen,, dan jika posisi seret masih kalian paksa dengan menggunakan beban ditambah jalan tanjakan mesin akan bekerja lebih maximal dan berat ,, akibatnya mesin akan berpotensi besar gagal inreyen guys.,, sehingga pastikan jika kalian dalam masa inreyen sebisa mungkin jangan gunakan untuk pemakaian normal jika blm melakukan proses inreyen yang disiplin,,inreyen duduk 7 x 7hari ,, inreyen jalan sampai 500km .
5. Sering Melalui medan tanjakan pada saat inreyen. Seperti kasus membawa beban ,, sebenarnya medan tanjakan tidak jauh beda dengan kalian membawa beban , apalagi jika tanjakan panjang dan berkelok2 ,, nah akibat medan yang berat ini maka kinerja mesin yang pada dasarnya masih blm licin antara liner dan piston menjadi dipaksa lebih berat sehingga akan panas guys,, oleh karena itu jika rumah kalian di pegunungan, jangan paksa motor untuk inreyen jalan di daerah tanjakan ,, untuk inreyen duduk tetap wajib,, dan inreyen jalan lakukan saja dengan cara motor dinyalakan sambil standar 2 ,, misal hari 1 masuk gigi 1 sambil di stasioner kecil,, hari 2 naik gigi 2 dan begitu seterusnya sampai kisaran kira2 sepadan dengan daya tempuh 500km ,, jangan dipaksakan untuk inreyen di jalan tanjakan saja pokoknya guys kalo dalam masa inreyen.
6.Geber2 buka tutup gas pada masa inreyen. Pola berkendara anak2 2tak biasanya mmg suka buka tutup gas karena ya mesin 2tak yg enteng dan suara knalpot 2tak mmg merdu jika dimainkan saat buka tutup gas,, permasalahan nya adalah jika terbawa saat proses inreyen ya jelas akan membuat kerja piston akan berlebih , dan menjadi tidak stabil padahal motor dalam masa inreyen dibutuhkan kinerja naik turun piston yang stabil ,, sehingga jika kalian mainkan naik turun gas suka2 atau asal2an saat inreyen ye jelas akan membuat potensi motor kalian overheat dan ngejim lebih besar pula guys.
7.Suka main gigi tinggi misal gigi 4 atau gigi 5 padahal masih masa inreyen. Perlu kalian ketahui guys ,, menggunakan gigi tinggi berarti kinerja piston menjadi lebih berat ,,oleh karenanya saat inreyen akan lebih disarankan untuk menggunakan gigi rendah ,, gigi 1 atau gigi 2,, paling tidak sampai mencapai kilometer 200 ,, setelah itu naik sampai gigi 3 hingga menempuh 300km dan setelah itu bisa kalian pakai gigi 4 keatas ,, nah sebisa mungkin jangan pakai gigi tinggi aja pokoknya guys jika motor kalian dalam masa inreyen agar kinerja mesin lebih enteng dan tidak membebani ,, karena jika kinerja berat saat inreyen berpotensi untuk ngebos dan gagal inreyen hasilnya juga akan loyo motor kalian nanti2nya guys.
8.tidak melakukan inreyen duduk dan langsung melakukan inreyen jalan , banyak pemilik motor yang tidak paham inreyen yang benar ,, jadi setelah motor selesai dipasang mesin dari bengkel pasca kolter ,, motor langsung dipakai berjalan normal tanpa inreyen duduk,, sebenarnya jika jarak antar rumah dengan bengkel tempat kalian turun mesin tdk terlalu jauh dan tidak melewati jalanan tanjakan ,, motor kalian naiki pulang dan setelah itu baru dilakukan inreyen duduk dengan disiplin selama 7jam sehari kali 7 jam , adalah masih aman2 saja guys,, tapi banyak pemilik yang tidak melakukan inreyen duduk tapi langsung dipakai untuk kegiatan normal mereka seperti dipakai buat ngojol, buat jualan sayur , dipakai ngelaju dijarak jauh lebih dari 20km ,,ya mesin akan berpotensi gagal inreyen guys, karena mesin blm adaptasi tapi kalian paksa jalan , oleh Karena itu Pastikan sebisa mungkin sebelum kalian inreyen jalan awali dengan inreyen duduk dulu 7jam dalam sehari selama 7hari berturut2 ya guys untuk aman nya .
9. Proses kolter yang salah , seperti pepatah tidak ada yang sempurna, dan kesempurnaan hanya milik Allah semata , hehehe ,, maka kasus kolter salah ukur , salah pasang atau human error atau alat kolter yg jelek adalah suatu keniscayaan penyebab gagal kolter,, karena jika liner kalian dikolter miring ,,atau kolter melebihi diameter piston maka dipastikan motor kalian akan gagal kolter dan pasti gagal inreyen apapun caranya ,, oleh karena itu Pastikan cek sebelum kalian ambil kolteran di bengkel ,, lihat bibir liner pastikan simetris, dan pastikan piston dan liner tidak keblongan ukuran guys.
10. Salah memasang posisi piston. Perlu kalian ketahui pada motor 2tak ada kode arah panah pada kepala piston ,, yang jika sampai salah maka got oli akan tidak pada posisinya yang hal ini akan membuat jalan oli akan terganggu dan tidak lancar sehingga mesin akan panas dan ngejim ,,jadi pastikan lihat posisi kepala piston ,cek kode arah panah harus mengarah turun ke arah lubang exhaust port ya guys, jangan sampai terbalik,, remeh tapi efeknya akan parah jika sampai terbalik.
Oke itu tadi 10 hal yang bisa membuat proses inreyen kalian menjadi gagal ,, semoga bermanfaat,, terimakasih sdh menyimak video kami, jangan lupa untuk like share dan subcribe, sampai jumpa di video vintage sentinel selanjutnya, wassalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar