Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel, dalam konten kali ini kami akan kembali mengulas tema yang di request subcriber kami yaitu , kelebihan dari knalpot original f1zr original yang di bedel atau dibobok dibandingkan dengan knalpot racing after market jika dipasang pada motor alfa ,sigma dan yamaha champ. Akan kami kupas tuntas tapi sebelumnya silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.
Dalam pencarian performa kendaraan yang maximal, pada motor 2tak kesesuaian knalpot terhadap spek mesin adalah hal yang utama dan harus diperhatikan,, karena jika asal2 an dalam pemasangan knalpot yang tidak sesuai dengan spek kendaraan maka kendaraan 2tak dipastikan akan gembos tenaga , hal ono karena mesin 2tak membutuhkan tendangan balik pada proses pembakaran nya , dan hal ini didapatkan dari konstruksi knalpot yang sesuai dengan spek mesin guys. Dalam proses modifikasi ataupun restomood banyak pemilik kendaraan yamaha alfa sigma maupun champ yang ingin mengganti knalpot original nya dengan harapan dapat meningkatkan performa kendaraan,, nah di lapangan banyak tersedia berbagai macam knalpot racing after market dengan berbagai merk atau bisa dengan membeli knalpot original f1zr dan dibobok atau di bedel agar sekat2 menjadi lebih lancar ,, nah akan kami jelaskan kelebihan penggunaan dari knalpot original f1zr ini jika dipasang di yamaha alfa sigma champ dibandingkan jika kita memasang knalpot racing after market ya guys.
1.Bahan lebih tebal tentu saja lebih aman jika ada benturan. Rata2 bahan dari knalpot racing after market adalah bahan stailess stell tipis atau kalo tdk bahan galvalum hal ini bertujuan mengejar bobot ringan dan pelepasan panas yg cepat ,, benar bahwa hal ini akan berdampak banyak di dunia balap misal road race tapi jika dipakai di dunia nyata dalam arti dipakai untuk keseharian dimana banyak emak2 suka asal belok anak bocil boncengan 4 resiko jika suatu saat knalpot terbentur sesuatu pasti akan lebih besar , dimana jika kita menggunakan knalpot ori f1zr bahan yg dipakai lebih tebal sehingga jika terjadi benturan resiko nya paling baret atau Dekok sedikit berbeda jika kalian pakai knalpot racing bahan galvanis , sekali terbentur pasti akan dekok berat dan biasanya berubah bentuk ,, oleh karena itu dari sisi keawetan maka penggunaan knalpot f1zr bedelan ini memiliki nilai tambah jika dibandingkan dengan penggunaan knalpot racing berbahan galvalum atau stainless Steel guys.
2. Suara tidak seberisik knalpot racing sehingga lebih aman jika ada razia knalpot berisik oleh polisi lalu lintas. Hubungan antara material bahan knalpot yang dipakai dan ketebalan bahan terkait dengan suara yang dihasilkan ,, seberapa sedikit lubang di silincer akan tetap keras jika bahan yg dipakai tipis apalagi bahan galvalum atau stainless dibawah 1 mili jika dipasang dijadikan knalpot suara yg dihasilkan akan lebih keras dan berisik jika dibandingkan dengan bahan besi asli seperti knalpot ori f1zr ,, oleh karena itu jika kalian ingin performa tanpa resiko dimasalahkan petugas polisi lalu lintas cobalah aplikasi knalpot ori f1zr bisa dibedel dibobok atau biarkan ori,, namun jika kalian sengaja pilih suara yg keras galak kalian bisa aplikasi knalpot racing after market yg suaranya biasanya lebih keras dari original nya guys.
3. Biaya pembuatan lebih murah . Jika bicara performa, maka ada pepatah uang tidak bisa ditipu,, knalpot racing berperforma istimewa biasanya ada di kisaran harga 800 an sampai jutaan,, dan biasanya knalpot di harga 200 sampai 500rb an meskipun bentuknya keren akan membuat suara terlihat keren dan seakan2 motor kencang tapi biasanya tenaga nya akan jadi lebih loyo dibandingkan dengan jika kalian memakai aslinya,,, nah jika dibandingkan dengan jika kita menggunakan knalpot original f1zr yg dibedel atau di bobok maka kita hanya perlu dana kisaran 300 sampai 400rb bisa custom suara ,, dimana harga knalpot f1zr bekas ada di kisaran 150rb sampai 200rb ga perlu beli yang mulus karena cuma akan di bedah dan dilas , dan biaya bobok dan las nya sekitar 150 sampai 200rb nah dengan biaya 400rb kalian bisa jauh lebih hemat , bisa dapat knalpot berperforma maximal sesuai karakter mesin tapi dengan harga murah meriah berkualitas tentunya.
4. Tenaga bisa ngisi terus di RPM atas dan Bawah. Knalpot racing biasanya diciptakan berdasarkan spek mesin tertentu dan hanya cocok dengan spek mesin tertentu pula, sebagai contoh jika pabrik melakukan riset pada motor yg sdh dioprek squish dan polish serta spek piston OS 100 maka knalpot racing after market tersebut biasanya hanya akan efektif maksimal di spek tersebut dan jika diterapkan di spek berbeda yang paling terasa adalah tendangan balik tenaga yang tidak sesuai dengan yang dibutuhkan mesin sehingga mesin biasanya akan gembos di RPM tertentu ,, hal ini biasanya akan berbeda dengan knalpot F1ZR original yang dibedel ,, dipasang di spek berbeda2 jenis knalpot original f1zr bedel ini biasanya akan nyaman2 saja entah di RPM atas bawah tanpa kehilangan tenaga dan ngisi terus hal ini karena tendangan balik tenaga yang sesuai dengan yang dibutuhkan mesin guys.
5.Bisa Request suara tanpa mengorbankan performa, jika kalian melakukan proses bobok maka akan dilakukan pembelahan badan knalpot, nah jika kalian request suara tinggal kalian minta tipiskan plat dalam dan bersihkan semua sekat didalam knalpot ,, semakin tipis suara yang dihasilkan akan semakin trinting kering, dan jika kurang puas bisa main di lubang silincerny jika ingin suara empuk lubang di silender nya diperbanyak dan jika ingin suara pedes lubangnya sedikit saja ,, hal ini berbeda jika kalian beli knalpot racing baru,, kalian hanya akan menerima kondisi seperti itu apa adanya tanpa bisa custom sesuai selera kalian guys.
6.tidak perlu riset karena bisa langsung cocok dipasang pada spek mesin alfa sigma champ standar dan semi racing. Sebagai pandangan ,motor2 drag atau motor road race ,mereka menggunakan knalpot racing tidak sekadar comot langsung pasang tapi biasanya mereka melakukan kerjasama dengan pabrikan knalpot untuk meriset sesuai kebutuhan motor balap mereka , beda spek akan membutuhkan riset yang berbeda pula dan ini jelas membutuhkan biaya yang tidak sedikit tentunya guys karena akan membutuhkan waktu yang panjang dan tidak langsung ketemu setelannya,, nah hal ini jauh berbeda jika kalian mengaplikasikan knalpot f1zr bedelan, maka kalian tinggal beli knalpot bekas , bawa ke tukang knalpot minta di belah , bersihkan semua sekat ,kemudian pasang di yamaha alfa sigma champ kalian ,,maka hasilnya akan langsung enak2 saja di hampir semua spek, dan tentu saja biaya riset tidak diperlukan karena hitungan2 dimensi , tendangan balik ,, kualitas sirkulasi sdh dihitung oleh mekanis Jepang sana ,,sehingga dengan budget minim bisa memperoleh kualitas setara knalpot hasil riset an guys.
Oke itu tadi konten kali ini semoga bermanfaat, jangan lupa untuk like share dan subcribe, terimakasih sdh menyimak video kami, wassalam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar