Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel, dalam konten kali ini kami akan mengulas penyebab motor 2tak yg sdh termasuk kategori boros bbm, oli samping juga sdh cukup tapi kok motor tidak mau lari kencang,, akan kami jawab tuntas tapi sebelum lanjut silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.
Memang pada awal barunya motor 2tak pasti lebih kencang dari motor 4tak yang sama2 kubikasinya ,, bahkan seringkali motor 2tak lebih kencang dari motor 4tak yg lebih besar kubikasinya ,, tapi saat ini kita sering melihat atau barang kali ada pemilik motor 2tak yang motornya kalah kencang dengan motor2 4tak padahal cc nya sama, nah kalo sdh begini pasti ada yang salah pada motor kalian guys, oke langsung saja kita kupas penyebab nya guys.
1. Kompresi yang tidak baik. Hal paling pokok dalam motor 2tak adalah kompresi, jika kompresi bocor bisa dipastikan performa nya menurun , kompresi bocor bisa akibat dari aus nya piston , ring piston , stang piston , kruk as , nah ciri2 sederhana jika part di dalam ruang bakar ini bermasalah biasanya cirinya adalah terjadi knocking, bisa ngelitik bisa juga ngelotok , nah jika motor kalian ngelitik mungkin masih dalam tahap kompresi bocor kecil dan tenaga yg bocor jg kecil , tapi jika suara nya sdh ngelotok maka kemungkinan kompresi nya sdh bocor banyak dan tenaga juga pasti sdh bocor banyak , sehingga seringkali bbm menjadi boros namun tenaga yg dihasilkan minim guys. Kalo sdh demikian solusinya ya turun mesin ganti ring dan piston atau stang piston agar masalah knocking pada motor kalian terselesaikan guys.
2.Pengapian yang kurang layak. Nah masalah lain bisa timbul dari pengapian ,, dari pengapian ini terdapat banyak part dari awalnya adalah magnet , kemudian spull ,kemudian terhubung ke CdI , setelah nya daya diduplikasi oleh koil , baru setelah itu akhirnya ke busi yg merupakan ujung tombak pembakaran . Nah apabila salah satu dari part tadi tidak mampu menghasilkan daya sesuai standar nya maka api yg dihasilkan akan tidak mampu mengimbangi pasokan bbm dari karburator, nah jadinya karburator mengirim bbm banyak tapi tdk terbakar maximal , akibatnya ya bbm boros tapi motor tdk lari guys. Solusinya ya ganti par2 yang rusak tadi , usahakan ganti dengan yg ori jika itu CDI nya atau spull nya jgn pernah ganti dgn yg kw , dan koil bisa kalian uppgrade dengan merk yg diatas standar macam tk orange guys.
3.bagian kopling sebagai penyalur tenaga tidak maximal. Nah poin 3 ini adalah masalah paling klasik dari motor baik 2t atau 4tak sebenarnya, dimana sebesar apapun kubikasi motor kalian tapi jika penyaluran tenaga tidak baik , hasilnya akan sia2 saja ,, sebagai contoh motor kalian kampas kopling primer, atau ganda nya habis maka motor kalian akan nggereng2 saja meskipun kalian putar gas kuat2 guys, kalian setting seboros apapun karbu kalian ya ga bakalan bisa lari motornya karena tenaga tidak bisa tersalurkan, nah solusinya adalah dengan mengganti part2 terkait perpindahan tenaga atau kampas kopling dan rumah kopling juga dicek dan ganti jika terindikasi aus ya guys.
4.knalpot tertutup kerak karbon. Nah hal ini adalah kasus paling sering terjadi di motor 2tak tapi jarang yg memahami utamanya pada pengguna motor milenial, jadi motor 2tak membutuhkan yang namanya tendangan balik guys. Nah karena kotoran kerak karbon di lubang knalpot maka akan mengganggu sirkulasi gas buang kendaraan kalian guys, dimana gas buang yg harusnya besar dan banyak hanya terkeluatkan sedikit saja karena lubang knalpot mengecil akibat kerak karbon yg menutupi ,, nah hal ini jg akan mengganggu sirkulasi tendangan balik yg bermanfaat bagi tenaga mesin , akibat nya ya mesin akan loyo tenaganya guys.
5.bagian in dan ex mesin tertutup kerak karbon. Nah ini adalah faktor paling krusial penyebab motor 2 tak yang melempem tenaga. Jadi seberapa besar karburator kalian , seberapa besar piston atau kubikasi motor 2tak kalian , seberapa canggih dan besar pengapian tapi kalo lubang buang di liner tertutup kerak karbon maka seberapa boros bbm yg kalian set akan sia2 saja , motor jamin gak bisa lari kencang guys jika kerak karbon menutupi lubang buang nya, hal ini akan mempengaruhi pelepasan tenaga dan juga tendangan balik yg mana dibutuhkan mesin tapi menjadi tidak maximal jadinya guys,, jadi buat kalian pengguna 2tak Biasakan cek rutin kondisi lubang diliner dan pastikan bersih dari kerak untuk performa yg maximal ya guys.
6.karburator tidak mampu menghasilkan pengkabutan yang maximal. Kasus ini kebanyakan terjadi pada kendaraan yang memakai karbu non original,, sudah kami jelaskan pada konten sebelumnya bahwa yang namanya kw ya pasti kurang presisi lubang2 nya. Dimana karburator yang baik pada dasarnya harus mampu mengubah bbm yg cair menjadi bbm berkabut . Semakin halus kabut yg dihasilkan maka performa yg didapat akan semakin maximal ,, nah pada motor yg pakai karbu kw, biasanya yg tercipta adalah kabut kasar sehingga motor jadi brebet2, itulah sebabnya jika kalian settinh boros karbu tapi motor brebet karena pengkabutan nya besar2 guys.
7.membran karburator melongo. Nah ini juga faktor paling sering terjadi dan menjadi penyebab motor boros tapi tidak bisa lari tapi jarang yg memahaminya ,, jadi membran karbu berpengaruh besar pada pengkabutan dan asupan bbm yang masuk ke ruang bakar guys. Banyak motor 2tak yg usianya sdh 20th keatas masih pakai membran original ny atau sdh gantian yg kw nah banyak di motor2 tsb yang membran nya sdh tidak rapat lagi , akibatnya ya pengkabutan dan penyaluran bbm jadi tdk benar akibatnya tenaga mesin hilang dan tdk bisa kencang saat kalian bawa,, solusinya adalah ratakan kembali membran biar rapat jika masih bisa diset tapi jika sdh tdk bisa diset ya mmg harus ganti membran baru solusi terakhir nya guys.
8.putaran ban depan atau belakang seret. Coba kalian maju mundurkan motor kalian dalam keadaan mesin mati ,, atau coba kalian jalankan motor dalam keadaan mesin mati di jalan turunan ,, lihat kendaraan kalian bisa lepas atau ada nahan ,,, nah jika nahan berarti putaran ban kalian seret , karena seret itulah pasti akan nahan tenaga jadi tidak maximal , putaran ban yg seret bisa akibat setelan rantai yg terlalu kencang , karet angkat yg remuk, bearing yg mulai aus, terlalu banyak ring di as roda nya. Jika dirasa ban kalian berat saat diputar segera saja perbaiki guys, karena akan mengganggu performa motor jadi tdk maximal pasti nya.
9. penggunaan knalpot racing abal2. Kalo yg poin 9 ini coba kalian ingat2 , utamanya buat kalian yg ganti knalpot 2tak original kalian dengan yang model racing , niat hati pengen ganti knalpot dengan embel2 racing ya jelas pengen jadi tambah kenceng ,,, ehh tapi kok yang didapat malah jadi ngempos tenaga nya setelah ganti knalpot racing ,, cuma suaranya aja yang kenceng tapi motornya lembek ,, nah perlu kalian ketahui tidak semua knalpot racing didesain sesuai struktur ruang bakar kendaraan 2tak yang bersangkutan, karena jika beda dimensi sedikit saja sangat mengganggu tendangan baliknya , sehingga saat kalian pakai knalpot racing abal2 inilah tenaga motor kalian akan turun drastis, bbm boros tapi kecepatan jadi drop guys.
Oke itu tadi penjelasan kenapa motor 2 tak tidak bisa lari , semoga bermanfaat, terimakasih sdh menyimak video dari vintage sentinel, sampai jumpa di video vintage sentinel selanjutnya. Wasalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar