Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel, dalam konten kali ini kami akan kembali menjawab pertanyaan subcriber perihal, ciri2 dari pengapian motor jika bermasalah, apa saja itu ? Nah akan kami kupas tuntas , tapi sebelum lanjut silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.
Motor kurang performa seringkali terjadi akibat pengapian yg kurang , dalam arti spek mesin tinggi ,, bbm kualitas tinggi tapi kurang bisa terbakar sempurna karena api yg dihasilkan tidak sesuai yang dibutuhkan, nah masalah2 dalam pengapian ini sebenarnya perlu dilihat dengan seksama karena kadang2 ciri2 nya sama dengan kasus part lain yg bermasalah,, untuk lebih jelasnya langsung lanjut saja ke ciri2 nya guys.
1. Ciri pertama adalag Api kecil ,ciri ini adalah ciri paling ketara , dimana api yg dihasilkan busi tampak kecil bahkan di ruang gelap sekalipun ,, bahkan jika pengapian ada part yg mati maka api yang dihasilkan bisa juga tdk ada sama sekali. Nah untuk cek api ini harus komprehensif untuk menentukan part pengapian mana nya yg sdh mati wajib dicek satu persatu berdasarkan urutan ,, karena bisa saja yg mati adakah bagian soull , cdi ,koil atau busi nya, untuk video menentukan kerusakan dari part mana nya sdh pernah kami buatkan videonya ,, Berikut link nya jika dibutuhkan atau bisa klik di kolom deskripsi ya guys.
https://youtu.be/7frxdRbZgq8
2.ciri yang ke 2 adalah Api tirak berwarna biru. , nah banyak yg motornya api keliatan besar tapi warnanya merah , sebenarnya hal tersebut juga kadang tdk berpengaruh pada pembakaran secara langsung , tapi pada umumnya ciri jika api p
3.Busi warna gelap/ tdk merah bata , dilihat dari warna busi yg dipakai juga akan terlihat jika pengapian dalam kondisi bagus atau tidak guys,, meskipun kadang2 ada faktor lain diluar pengapian yg menyebabkan warna dari busi seperti konsumsi oli samping , kebocoran oli mesin, konsumsi bbm ,, namun banyak kasus yang terjadi jika pengapian bermasalah dalam hal ini kecil bisa terlihat dari warna busi yg gelap utamanya di motor 2t sangat ketara sekali,, hal ini terjadi karena api dalam hal ini pengapian kecil tdk dapat membakar bbm dan olsam dengan maximal sehingga ada banyak sisa residu yang tidak terbakar di busi sehingga busi nampak hitam dan basah ,, hal ini akan berbeda dengan jika pengapian bagus maka busi akan berwarna merah bata karena pengapian bisa membakar bbm dan oli samping dengan sempurna dengan api yg dibutuhkan nya guys.
4.Motor jalan brebet ,, ciri ini adalah ciri yang umum dari pengapian lemah , namun juga kadang hampir sama dengan jika bbm terlalu boros atau terlalu irit,, jika kasus bbm terlalu boros maka brenet nya ada di awal putaran ,, dan jika bbm terlalu irit brebet nya ada di akhir putaran ,,, nah maka jika motor brebet akibat pengapian ini terjadi di putaran bawah Dan putaran atasnya alias semua nya brebet guys,, hal ini terjadi karena api kurang mampu mengimbangi pasokan bbm dan kompresi yg dihasilkan jadi tdk beraturan akibatnya mesin menjadi brebet guys.
5.Bbm jadi boros. Nah hal terjadi karena jika motor tdk bertenaga akibat api kecil maka kita sebagai pemilik motor akan memutar throttle gas lebih dalam, dan hal ini terus dilakukan meskipun motor tdk bertenaga asal kotor bisa maju terus,, tapi secara tidak kita sadari konsumsi bbm yg dikeluarkan akan menjadi lebih boros ,,, maka ada semacam pemahaman dalam anak motor ,, jika motornya kenceng pasti bbm nya irit ,, dan jika motor nya tidak bisa diajak kenceng bbm nya boros ,, hal ini banyak benarnya karena motor kenceng cuma buruh buka gas tipis2 dan motor yg lemot harus buka gas dalam2 agar bisa melaju guys.
6.Motor sering mati tiba2. Jika pada kasus misal spull yg hampir mati maka banyak kasus motor gampang dinyalakan meskipun di pagi hari dan dingin sekalipun,, namun saat jalan motor langsung mati tiba-tiba seperti kehilangan daya, nah jika motor kalian terlalu sering seperti itu atau mati klesek tiba2 dan daya hilang, dan kadang susah lagi dinyalakan, bisa juga mati selamanya atau kadang bisa tiba2 hidup , bisa jadi pengapian kendaraan kalian tidak sedang baik-baik saja guys.
7.Api tidak stabil kadang besar kadang kecil ,kadang merah kadang biru,, nah ini juga ciri yg harus kalian cek,, paling enak cek tanpa busi atau dengan busi juga bisa ,, tempel busi atau kabel koil ke ground mesin dan selah atau bisa juga distater elektronik, nah lihat dengan seksama jika api yg dihasilkan biru dan stabil maka pengapian dalam kondisi yang baik namun jika pengapian kadang biru kadang merah kadang hilang apinya berarti pengapian kalian dalam keadaan kurang baik guys.
8.motor susah dinyalakan ketika mesin panas ,, nah ciri jika motor susah dinyalakan ketika mesin panas adalah akibat dari salah satu part di bagian pengapian yaitu koil , jika koil lemah maka koil akan susah menghasilkan api disaat koil tersebut panas,, jadi sebenarnya bukan mesin panas yg membuat motor susah distater tapi koil yg panas lah yg membuat mesin susah dinyalakan,, jika sdh demikian solusinya adalah ganti koil kalian guys,, untuk rekomendasi bisa uppgrade denga koil.tk orange , dipasaran dijual kisaran 200rb an guys untuk koil ini pernah kami buatkan video nya juga.
https://youtu.be/xXtyvdcmqYw
9.Motor susah distater / dinyalakan. Nah ciri2 ini sebenarnya juga berkaitan dengan part lain semacam karbu, kompresi dll ,tapi pengapian kecil juga berpengaruh besar pada keadaan motor susah dinyalakan,, hal ini terjadi biasanya akibat spull kw ,spull yg mau mati, letak pulser yg pindah atau pulser yg lemah ,bisa juga akibat cdi lemah atau cdi kw biasanya motor jadi susah bgt distater , jika seperti ini terjadi pada motor kalian coba buka busi atau cabut kabel koil , cek ada api tidak ,api tersebut besar atau kecil , jika mmg api yg dihasilkan kurang dari yg dibutuhkan sebaiknya cek urutan pengapian dan ganti part yg rusak tersebut guys.
10.Motor kurang responsif. Api kecil berkorekasi langsung dengan dengan performa yang lemah ,, hal ini misal terjadi pada motor yg susah diajak jalan kencang meskipun part macam kampas kopling ok, piston buring dalam keadaan layak,tapi saat diajak jalan awalan berat, atau diajak berakselerasi sangat letoy, nah bisa jadi hal ini terjadi akibat pengapian kecil yang tidak mampu mengimbangi spek kendaraan yang lain. Hal ini tdk pasti akibat dari pengapian secara keseluruhan tapi mungkin dari salah satunya guys. Dan biasanya hal ini terjadi akibat penggunaan CDI kw atau spull KW.
Oke itu tadi 10 ciri2 jika pengapian kendaraan kalian bermasalah, semoga bermanfaat, terimakasih sdh menyimak video2 dari vintage sentinel, jangan lupa untuk like share dan subcribe, sampai jumpa di video vintage sentinel selanjutnya, Wassalammualaikum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar