Minggu, 10 September 2023

STATER TANGAN TIDAK BISA TAPI KALO GENJOT KAKI JRENGG

 


Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel,  dalam konten kali ini kami akan mengulas tentang stater tangan atau stater elektronik yang tidak bisa menyalakan mesin motor padahal kalo menggunakan stater kaki motor bisa langsung nyala ,, akan kami kupas tuntas tapi sebelumnya silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys. 

Banyak sekali kejadian motor yang sehat dalam arti mesin kompresi bagus ,, karbu original tapi tidak hanya bisa dinyalakan menggunakan stater kaki dan tidak bisa nyala jika kita menggunakan stater tangan atau elektronik stater,  banyak yg bingung mencari solusi nya padahal aki juga baru dan ok tapi tetap saja motor tdk bisa nyala ,, apa sebabnya,, langsung kita ulas guys.

1. Kiprok yang lemah. Pada kasus kiprok lemah bisa terjadi akibat asupan daya listrik yg seharusnya deras dan besar tdk bisa tersimpan di  acc motor akibat kiprok sebagai alat penangkap daya listrik dari spull ke aki yang lemah ,, jika di analogikan maka hal ini seperti jika kita menangkap ikan untuk dimasukkan ke ember tapi jaring penangkapan nya bolong.    Maka sebanyak apapun ikan jelas tdk akan tertangkap,, nah hal ini sama saja ,, sebesar apapun daya listrik yang dihasilkan spull ,tdk akan sampai ke accu jika kiprok nya bermasalah ,, oleh karena itu Pastikan bahwa kiprok yang kalian pakai normal ya guys. 

2.bendik stater yang lemah. Fungsi bendik stater pada dasarnya adalah seperti stop kontak pada listrik pln ,, pada badan bendik stater ini terdapat spull dengan kawat tembaga yg tipis serta plat Kuningan yang akan saling terkoneksi jika listrik dari tombol start engine  di nyalakan ,, pada beberapa kasus bendik lemah terjadi akibat spull di dalam badan alat ini yg putus ,, jika kalian telaten sebenarnya bisa saja melakukan solder ulang spull bendik stater ini ,, tapi karena kecilnya part didalam alat ini maka membutuhkan ketelitian yg ekstra ya guys.

3.spull pengapian lemah. Sebenarnya hal ini adalah masalah klasik yang mmg wajar , dimana spull sdh dipakai selama 25th pada motor2 2tak tapi karena tdk terlihat maka banyak yg mengabaikan kondisinya.

4.cdi lemah. Cdi adalah kelanjutan dari spull , dimana pada CDI ini pengapian dalam bentuk elektronik akan dihasilkan dan diserahkan ke koil sebagai kelanjutan nya ,  dimana jika CDI yang lemah maka seberapa besar api yg dihasilkan spull tdk akan mampu diteruskan oleh CDI dan ini akan berlanjut ke busi ,, pertanyaan nya kenapa cdi dengan api lemah tdk bisa membuka stater elektronik tapi cdi lemah bisa di genjot stater kaki ? Jawabannya adalah genjotan kaki lebih keras dan cepat memutar engkol ,, sehingga lebih mudah pula menghasilkan api yg besar saat diputar oleh slah kaki ,, hal ini berbeda jika dilakukan oleh elektronik stater yang putarannya lebih ringan , jadi jika cuma muter ringan dan api kecil ya jelas , mesin tdk akan merespon dengan engine on atau susah menyala guys.

5.koil lemah , koil adalah piranti untuk melipat gandakan tegangan 12 volt dari spull menjadi ribuan volt sehingga terjadi pembakaran yang besar pada busi, banyak kasus koil bawaan yg usianya sdh tahunan ,tdk mampu lagi memberikan asupan api yg besar ke busi dalam kontek putaran engkol rendah dalam hal ini kaitannya dengan elektronik stater yg cuma diengkol oleh dinamo stater yg minim putaran,,cuma menghasilkan voltase yg kecil,, sehingga busi kurang bisa memberikan api yg dibutuhkan oleh pengapian di ruang bakar sehingga timbul kasus saat slah kaki jreng,  karena intensitas putaran nya yg lebih besar,, namun saat di stater elektronik gak mampu ngangkat karena api yg dihasilkan kecil akibat putaran magnet tdk secepat dan sebanyak slah kaki.

6.busi lemah. Nah ini kasus klasik ,, busi sebagai ujung tombak pembakaran haruslah dalam kondisi prima ,, jika busi tdk maximal atau jarak anoda kotoda nya terlalu jauh misal , maka elektronik stater juga kurang maximal , penggunaan busi palsu atau KW juga sering menjadi pemicu elektronik stater susah on namun jika diengkol kaki jreeng,, solusi dari hal ini bisa dengan mengganti busi yg sdh bermasalah tadi dengan busi baru yg asli atau berkualitas bagus pastinya. 

7.karburator kurang supply bbm. Kasus ini adalah kasus yg paling sering terjadi saat accu dalam posisi keras atau baru distater juga tenaga dahsyat tapi motor cuma cengengesan aja gak bisa nyala ,Dalam hal ini bisa terjadi karena debit dan pengkabutan bbm oleh karburator tdk bisa tercampur baik dan tdk mampu menghasilkan volume bbm yang dibutuhkan oleh mesin dalam arti api yg terbentuk akibat sulutan dari busi kurang mampu menghentak kompresi piston sebagai pembakaran sehingga tdk bisa nyala mesin motor kalian saat distater elektronik,, solusinya utamanya usahakan karbu original,, banyak kasus karbu kw yg bernasib seperti ini guys, disetel sampai pusing tetep bernasib sama,, ada baiknya jika kalian ingin elektronik stater kalian berfungsi normal utamakan karburator original nya dan jika karbu kalian tua,, cukup ganti dengan repair kit nya saja daripada ganti karbu yg 200rb an kebawah guys. 

8. Kompresi bocor. Pada motor 4tak ataupun 2tak jika kompresi sdh bocor maka daya yg terbentuk tdk akan bisa maximal dalam arti akan ngobos atau bocor,  kompresi bocor bisa diakibatkan oleh ring piston aus,, piston yg baret, liner yg baret atau karena seal kruk as yg bocor pada 2tak ,, atau seal klep yg aus pada motor 4tak , nah jika kompresi bocor maka daya yang terbentuk akibat percikan api dari busi dan pengkabutan dari karburator akan sia2 saja karena tenaga akan bocor sehingga hentakan daya stater elektronik akan kecil aja sehingga cuma cengengesan saat di stater tangan atau elektronik,, solusinya ya sebaiknya perbaiki , cari penyebab bocornya kompresi dari bagian mana nya ,, bisa akibat ring, piston , stang piston , seal ,, karena jika kompresi bocor tdk kalian perbaiki selain stater elektronik jadi gak bisa maximal efek lain adalah tenaga motor kalian yg drop pastinya guys.

9. Pelor one Way macet atau aus. Di bagian kiri tepatnya di belakang magnet stater ada satu alat yg namanya pelor one Way stater yg berfungsi sebagai pengubah arah putar magnet dari on saat distater tangan kemudian jadi off atau lepas dari gigitan gear one way saat stater sdh jalan , nah banyak kasus pada pelor one Way tersebut per nya putus atau pelor one Way nya protol ,, sehingga timbul gejala kretak2 saat distater elektronik,  atau saat distater tangan meskipun aki baru , bendik baru tapi tetap tdk bisa nyala ,, nah jika kondisinya demikian kalian bisa cek bagian pelor one Way stater ini dan ganti jika mmg patah atau hilang pelor nya guys.

10.gigi dinamo stater aus. Harus kalian pahami bahwa 25tahun kinerja motor , dimana saat dinamo saling berputar dengan gigi one Way stater akan mengakibatkan antar gigi dinamo staternya jadi ompong ,, nah banyak kasus saat distater tangan cuma terdengar suara sriing aja tanpa ada tanda2 motor bisa nyala ,, nah dalam kondisi ini solusinya kalian bisa cek gigi pada dinamo stater pastikan giginya utuh semua sehingga konektifitas dengan gigi one Way stater dapat maximal kembali guys. 

11.dinamo stater lemah. Pada kasus dinamo stater lemah  ,biasanya akibat cool booster yg lemah atau bisa juga akibat Kuningan dari dinamo stater habis termakan oleh putaran ,, bisa juga akibat spull yg terbakar ,, oleh karena itu jika ada indikasi dinamo memutar cuma lemah , bisa kalian cek dinamo stater motor kalian dan ganti dengan yang baru ,, dalam hal ini harga dinamo original mahal bgt ,, bisa kalian pakai saja dengan dinamo stater yg kw daripada beli yg ori bekas karena kondisi part elektronik bekas kalian tdk tau spt apa , khusus utk dinamo mending beli yg kw baru daripada ori bekas menurut kami dengan pertimbangan kondisi part yg blm jelas kualitas ny akibat pemakaian yg kita tdk tau bagaimana oleh pemilik sebelum nya.

12. sambungan soket2 ada yg kendor atau ngupil. Jika hal ini sampai terjadi maka antara  kabel plus dan minus tdk akan saling bersinggungan dengan sempurna , sehingga daya dari accu tdk akan bisa tersalurkan juga guys,, sehingga sebaik apapun kondisi accu jika soket2 ngupil atau kotor maka daya tdk akan sampai ke dinamo stater,, jika hal seperti ini terjadi ada baiknya jika kalian segera membersihkan nya bisa dengan cairan perontok karat yang banyak tersedia di toko2 sparepart guys.

13.Kuningan Holder bagian stater ada yang kotor atau kuningannya lepas. Serupa tapi tak sama,, kasus pada motor yg susah distater bisa akibat Kuningan saklar stater elektronik yg kotor , patah atau lepas ,, sehingga meskipun kalian pencet2 juga akan sia2 saja karena antara plus dan minus tdk bisa saling bersinggungan guys,, jika sdg demikian solusinya ya ganti holder atau jika yg rusak cuma bagian staternya ,, bisa kalian beli aja tombol pas stater elektronik itu saja bisa dan holder tetap pakai yg aslinya guys.

14.Ada jalur kabel yang terputus. Kasus kabel putus entah dimana ini jika sampai terjadi akan menjadi sesuatu yg menjengkelkan guys,, untuk ngecek nya bisa kalian pakai alat yang namanya avo meter ,, nah jika terindikasi ada yg putus antara satu ujung dengan ujung satunya ,, kalo rekomendasi kami mending di jumper kabel baru saja dan kabel lama tdk usah dipotong ,, biar tetap rapi ,, dengan catatan kabel jumper nya yg serabut nya besar sehingga tdk mudah putus guys. 

Oke itu tadi konten kali ini semoga bermanfaat,  terimakasih sdh menyimak video kami,  jangan lupa untuk like share dan subcribe,  sampai jumpa di video vintage sentinel selanjutnya,  wassalam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar