Hai guys , masalah motor ngejim pada 2tak adalah masalah klasik yg sering menghantui penggemarnya ,, dimana sering terjadi motor 2tak yang awalnya normal tiba2 ngejim dan ambrol mesin ,, nah pada konten kali ini akan kami kupas permasalahan dan solusi penting agar kalian terhindar dari potensi ngejim , tapi sebelum lanjut silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.
Pada dasarnya ngejim adalah proses yg terjadi akibat piston dan liner saling bergencetan, rata2 kejadian bisa diakibatkan oleh overheat mesin , ataupun ketidak presisian letak piston dan ring , nah kuncinya agar tdk ngejim sebenarnya adalah faktor kelicinan dan presisi naik turun nya piston , oleh karena itu lakukan hal2 berikut agar motor kalian tidak mudah ngejim guys.
1.pastikan takaran oli samping sesuai dan tdk kurang. Konsumsi oli samping saat motor baru keluar dari dealer dulu sebenarnya cuma disyaratkan standar dari pabrikan 20cc per 1 liter nya ,tapi ingat guys, motor saat itu masih baru dan kolteran juga masih rapat bahkan semua part dan kompresi masih 100% jadi wajar jika cuma dibutuhkan 20cc per 1liternya ,, tapi kini 35tahun setelah nya tentu motor yg dulu bayi sdh berubah jadi om om ,, kondisi fisik sdh banyak yg aus dimakan usia , kompresi juga sdh tdk serapat dulu oleh karena itu penggunaan oli samping juga butuh tambahan ,, rekomendasi kami sebaiknya oli samping minimal ada di 25cc dan maximal di 35cc per 1liter nya ,, karena ingat jika kurang olsam bahaya ngejim menanti ,tapi jika berlebih busi akan cepat menghitam motor brebet tdk bisa lari ,oleh karena itu konsumsi oli samping sebaiknya kita sesuaikan dengan usia juga.
2.gunakan oli samping berkualitas sesuai spek. Poin selanjutnya adalah penggunaan oli samping yg berkualitas,, banyak penggemar milenial dari motor 2tak yang basic awalnya adalah motor 2tak dengan pengertian motor 4tak yang penting adalah jangan sampai oli mesin kehabisan dan penggunaan oli mesin yang bagus agar motor adem ,, nah di motor 2tak hal ini sangat berbeda jauh guys dimana motor 2tak lebih mementingkan oli samping dibanding oli mesin ,, dimana oli mesin pada motor 2tak hanya berperan dalam siklus perpindahan presneling dan plat kopling saja dan tdk ditarik ke ruang bakar ,, dimana pembakaran di ruang bakar dilakukan oleh oli samping , nah karena pembakaran di ruang bakar dilakukan oleh oleh samping maka sebagai nyawa nya haruslah kalian gunakan oli samping yg berkualitas guys, jika motor kalian spek standar dan cc dibawah 125cc bolehlah pakai oli jaso fc tapi kalo motor sdh oprek2 dan 125cc keatas kami sarankan gunakan oli samping yg sdh jaso fd agar mesin adem guys.
3.pastikan teknik pencampuran oli samping yang kalian lakukan benar. Nah poin ketiga ini adalah hal yg sederhana ,prinsip tapi sering dilanggar karena banyak yg tidak paham ,, jadi pencampuran oli samping secara manual jika tdk dilakukan benar maka akan besar efek nya ,, jadi teknik campur yang benar adalah ,, taruh dan masukkan oli samping dulu di dalam tangki bbm sebanyak takaran bensin yang akan di masukkan baru setelah itu bensin masuk ,,jangan terbalik bensin baru oli ,,, karena jika bensin dulu baru oli samping maka yg tersedot pertama ke karburator adalah bbm yg cuma bensin saja blm termasuk oli samping sehingga jika ini tercampur lama maka motor berpotensi ngejim guys,, maka yg terbaik adalah oli samping dulu Masuk baru bensin hal ini agar saat bbm langsung tersedot membran karbu maka yg masuk ke pembakaran sdh ada bbm yg ada oli samping nya sehingga pembakaran langsung sempurna dan adem serta bebas ngejim guys.
4.pastikan pompa oli samping dan peralatan yang terkait dengan alat tersebut tdk bermasalah. Dalam pompa oli samping terdapat banyak sekali part yg terkait dengan sirkulasi oli dari tampungan menuju karburator sebagai media eksekusi,, nah jika salah satu part ada yg bermasalah maka potensi mesin mengalami ngejim akan selalu ada, sebagai contoh gear pompa oli yg bertugas menggerakkan putaran distribusi pompa oli ,,jika gear tersebut pecah, maka dipastikan tidak akan ada oli samping yang akan terdistribusi sehingga mesin pasti akan ngejim guys,, dan contoh kedua jika seal pompa oli sampai sobek maka oli samping akan bocor di jalur pompa oli itu saja dan hanya sedikit saja oli samping yang sampai ke karburator hasilnya adalah karena oli samping cuma sedikit yang sampai keruang bakar ,maka mesin akan mengalami overheat dan akhirnya akan ngejim guys ,,, nah oleh karena itu jika motor kalian tdk mau ngejim ,pastikan part yang terkait dengan pompa oli samping dalam kondisi prima ya guys.
5.pastikan seal2 pengunci yang terkait dengan oli entah oli samping atau oli mesin dalam kondisi prima dan tdk aus. Nah ini adalah kaitannya dari oli yang lolos ke ruang yang tidak semestinya guys, pada dasarnya fungsi seal adalah sebagai penyekat oli agar tidak memasuki area yang tidak semestinya,, oli mesin tidak boleh sampai terhisap ke ruang bakar karena itu pada batang kruk as ada seal yang berfungsi mencegah oli mesin lolos ke ruang bakar ,, jika seal tersebut robek atau aus maka oli mesin akan lolos dan terbakar ke ruang bakar , akibatnya oli mesin akan habis dan mesin panas karena bagian kopling tdk ada oli sebagai pelumas,, atau jika seal pompa oli bocor maka tdk ada lagi penyekat yg akibatnya oli samping akan bocor keluar dan hanya sedikit yang masuk ke ruang bakar akibatnya ya mesin ngejim , oleh karena itu jangan sepelekan masalah seal ya guys jika ada indikasi seal rusak segera diganti saja.
6.pastikan piston dan ring piston normal , pada kasus piston sdh banyak baret atau ring piston aus dipastikan kinerja mesin tdk akan jadi maximal ,, dimana ada potensi piston naik turun tdk sesuai rotasinya dan ada juga potensi jika piston aus maka membutuhkan oli samping yang lebih banyak daripada saat piston masih normal ,, nah banyak kejadian ngejim saat pemilik tdk menambah jumlah oli samping ,,, oli karena itu buat kalian yg motornya posisi piston sdh baret atau aus guna mengantisipasi ngejim yg parah sebaiknya lebihkan saja volume campuran oli samping nya ya guys.
7.pastikan stang piston normal , sama kasus dengan piston dan ring piston, jika stang piston sdh tdk berfungsi normal ditandai dengan suara mesin yang kemlotok dari bagian tengah ,, hal ini bisa terjadi akibat bearing stang piston yg sdh aus , bisa juga akibat pen piston yg tdk normal.,, jika ada gejala stang piston tdk normal sebaiknya segera kalian ganti saja guys agar tdk merembet ke bagian yg lain yg mana biaya perbaikan nya pasti akan jadi lebih melambung.
8.pastikan tdk ada kesalahan dimensi saat proses kolter. Nah ini adalah kasus yg sebenarnya bukan kesalahan kalian sebagai pemilik kendaraan tapi dari pihak bengkel kolter yang melakukan kolter tdk sesuai dimensinya. Bisa terjadi akibat kolter yg miring ,, atau bisa juga akibat kolter yg terlalu rapat , oleh karenanya sebaiknya saat melakukan kolter mintalah garansi pada bengkel kolter nya jika terjadi kolter miring maka ada pertanggungjawaban dari mereka , karena jika sdh terjadi kolter miring , dipastikan 100% mesin pasti akan ngejim , sebaik apapun oli samping sedisiplin apapun sistem inreyen kalian ,dipastikan akan ngejim ,,oleh karena itu sebaiknya pastikan sebelum ambil kolteran cek dulu bibir buring agar terbebas dari resiko kolter miring guys.
9. Pastikan kalian punya feeling berkendara yang baik , saat mesin panas sebaiknya menepi dan dinginkan mesin. Ini hal yg banyak dilupakan pemilik kendaraan, biasanya saat asik riding lupa bahwa jarak tempuh nya sdh jauh dan mesin panas tanpa disadari ,, nah ada baiknya sering2 tempel kaki pada bagian mesin guna cek temperatur mesin dan jika dirasa panas sebaiknya menepi dan dinginkan mesin agar motor kalian terhindar dari potensi ngejim.
10.Hindari full topspeed atau full throttle saat berkendara. Motor2 2tak mmg kencang ,, dan jangankan kalian saya pribadi juga sering terprovokasi suara mesin kering yang gatel ngajak balap dan coba top speed ,, jika sesekali topspeed bolehlah ,,tapi sebaiknya hindari memaksa motor untuk full topspeed dalam perjalanan kalian ,, karena dengan full topspeed maka akan memaksa mesin bekerja lebih berat dan hal ini tentu saja berpotensi besar untuk kejadian ngejim yang tentu saja tidak inginkan .
Oke sekian dulu konten kali ini semoga bermanfaat, terimakasih sdh menyimak video kami, jangan lupa untuk like share dan subcribe, wassalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar