Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel, dalam konten kali ini kami akan membahas tema yang direquest subcriber yaitu cara agar motor 2tak bisa irit namun tetap kencang saat berakselerasi, akan kami kupas tuntas tapi sebelumnya silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.
Agar motor 2 tak menjadi lebih irit bahan bakar, kalian perlu ketahui cara pengaturan pada mesin. Contohnya seperti pengaturan karburator agar mesin motor 2 tak menjadi lebih irit bahan bakar, namun performanya tetap memuaskan guys.
Lalu, bagaimana cara lain agar motor 2 tak menjadi lebih irit?
- 1. PENGGUNAAN OL SAMPING BERKUALITAS BAGUS DAN SESUAI TAKARAN
Penggunaan oli samping yang berkualitas adalah salah satu rahasia agar motor 2 tak lebih awet untuk digunakan bahkan saat kegiatan harian dan jarak panjang guys. oli samping memiliki fungsi yang penting untuk motor 2tak. Fungsi dari oli samping, yaitu sebagai pelumas untuk komponen motor yang tidak terkena oli mesin. Contohnya seperti piston, kruk as, atau dinding liner.
Takaran oli samping untuk berbagai jenis motor berbeda, pada yg sdh OS besar sebaiknya dicampur dengan olsam yang lebih banyak daripada yg OS kecil untuk takaran standar pabrikan kalian bisa menggunakan 25 ml oli samping untuk 1 liter bensin tapi pada yg OS non 0 sebaiknya kalian lebihkan saja guys jadi 35mili per 1liter bbm agar motor adem dan mengurangi potensi ngejim. Penggunaan oli samping yang berkualitas bagus pun berperan dalam membantu efisiensi bahan bakar ,, oli samping yang bagus akan membantu meringankan kinerja piston sehingga semakin enteng naik turun piston maka tentu saja konsumsi bbm akan menjadi lebih irit guys.
2.Setting Karburator
selanjutnya, kalian dapat mengatur karburator agar motor 2 tak menjadi lebih irit dan tidak menimbulkan suara brebet yang tentunya akan mengganggu saat berkendara. Pada pemikiran pemilik motor pemula mungkin akan berpikir dengan melakukan seting pilot dan main jet kecil akan membuat bbm irit dan sering dengan pilot jet dan main jet besar akan menjadi boros ,, tapi kenyataannya tdk selalu demikian guys,, jadi jikapun kalian pake main jet dan pilot jet kecil pada motor yg kompresinya bocor atau kampas kopling nya aus atau intinya mesin tdk sehat lah guys,, maka untuk melajukan kendaraan pasti kan akan memuntir gas dengan putaran yang banyak agar motor bisa lari ,, dan jika digas kecil motor akan lama respon ,, nah dengan kondisi spt itu meskipun PJ MJ nya kecil tetap saja akan boros guys ,,, dan kebalikannya pada motor yg OS nya besar dan sdh uppgrade engine maka memerlukan PJ MJ yg lebih besar agar asupan BBm nya memadai ,karena jika dikasi PJ MJ kecil motor justru brebet bahkan di puntir gede juga gak lari dan brebet2 aja ,,jadi intinya agar motor 2tak kalian bisa lari tapi irit tentukan ukuran PJ MJ berdasarkan spek kendaraan kalian agar bisa berakselerasi optimal sehingga konsumsi BBM dapat irit guys ,, kemudian akan lebih istimewa lagi hasilnya jika karburator yang kalian gunakan adalah karburator original, karena karburator original mudah dalam menemukan setelan dan setelah itu setel dengan stasioner yang rendah, dengan setelan stasioner yang rendah maka dapat menghemat bbm saat kondisi tertentu guys.
3.Segera ganti Kampas Kopling yang sudah Aus, kampas kopling merupakan media penyalur tenaga pada motor , jika kampas kopling aus maka tenaga sebesar apapun tidak akan bisa menjalankan roda motor kalian dengan maximal, dan cuma nggereng2 saja ,,, nah motor digas kan otomatis buka skep karbu dan bbm juga akan tersembur keluar,, nah hal ini akan menjadi sia2 jika semburan bbm yang besar tapi motor tdk langsung merespon dengan akselerasi karena piranti kopling tidak dapat melakukan perpindahan tenaga akibat kampas kopling yg aus tadi guys, oleh karenanya jika motor kalian kampas kopling nya aus segera saja diganti guys,,, ciri kampas aus antara lain adalah ,, motor digas sampai hampir meraung tapi tidak segera jalan,,, saat digas gede motor tdk segera melaju,, naik tanjakan mesin ngempos jika tanda2 tersebut ada pada motor kalian segera dicek saja guys kampas koplingnya.
4. PASTIKAN busi dalam kondisi maximal ,, pada motor 2tak yang menggunakannya oli samping, residu pembakaran akan lebih banyak daripada motor 4tak ,, untuk usia busi 2tak dan 4tak pun pasti akan lebih rendah usia pakai pada motor 2tak yang selalu bekerja dengan limpahan oli samping untuk pembakarannya,, residu atau kerak yang timbul perlahan2 akan mengurangi kemampuan daya api pada busi , semakin besar api yg dihasilkan maka bbm yang disuplly karburator akan lebih cepat dibakar dan lebih efisien tentunya , dan jika api kecil maka bbm yang besar tdk akan bisa dibakar oleh api busi secara maximal, oleh karenanya akan lebih bijaksana jika kalian sering meluangkan waktu buat cek kondisi busi , jika busi kalian kotor segera dibersihkan atau jika kondisi busi hampir mati ya diganti saja , selain itu selalu pakai busi yg sdg terkenal kualitas nya , jangan sembarangan busi , paling tdk ya champion , denso, brisk jangan yg merk gak jelas karena pengalaman kami pake merk busi gak jelas cuma bagus bentar kemudian cepat mati dan apinya juga kecil guys.
5.Sering bersih2 ruang bakar , hampir sama dengan busi , ruang bakar yang kotor akan menghambat kinerja bahan bakar dan api busi ,, endapan oli SAMPING dari residu pembakaran yang tidak segera dibersihkan akan membuat terganggu nya proses pembakaran yang muaranya akan terjadi bbm yg boros konsumsi tadi guys,, oleh karenanya sering2 kalian bersihkan ruang bakar ,,paling tidak 2 atau 3 bulan sekali buka dan bersihkan kepala piston dan silinder head agar motor kalian tetap kencang dan irit bbm guys.
6.Periksa Kondisi Ban Motor
Mungkin kalian bertanya-tanya, apa kaitannya antara ban motor dengan irit bahan bakar? Ternyata, kondisi ban yang kurang angin atau kempes dapat membuat motor menjadi lebih boros guys.
Sehingga kalian perlu selalu memastikan tekanan gas pada ban motor tetap normal. Karena dengan kondisi ban yang kurang angib atau kempes, dapat membuat tarikan motor kalian menjadi lebih berat, tentunya hal ini mengakibatkan motor kalian akan lebih boros guys.
7.Rutin Mengganti Oli Mesin
Selain oli samping, tentunya para pengguna kendaraan 2 tak sangat perlu memperhatikan hal ini.Selalu periksa dan rutin mengganti oli mesin agar motor tetap irit dan kondisi mesin selalu baik.Jika tidak mengganti oli mesin dalam waktu yang lama, maka dapat membuat mesin motor menjadi lebih cepat panas. Sehingga nantinya berpengaruh pada pemakaian bahan bakar yang menjadi lebih boros. Kalian dapat mengganti oli motor setelah menempuh jarak kurang lebih 2000 kilometer. Namun, akan lebih baik jika kaliam mengganti oli mesin sebelum atau tidak lebih lama dari satu bulan agar motor tetap irit dan performanya maximal guys.
8.Berkendara Sewajarnya hindari buka tutup gas terlalu sering
Jika kalian adalah seorang tipe pengendara yang menyukai kecepatan, apakah kalian merasa bahwa motor yang digunakan menjadi boros? Karena kenyataannya, menarik gas motor dengan kekuatan yang kencang dapat berpengaruh pada penggunaan bahan bakar. Hal ini dapat membuat motor 2 tak kalian tidak hemat, jika dibandingkan dengan menarik gas secara normal dan perlahan. Jika kalian berkendara sewajarnya, dapat membantu untuk menjaga kondisi motor agar tetap lebih irit dan juga mesin motor menjadi lebih terjaga serta awet.
9.Bersihkan Bagian Knalpot dan Saringannya
Knalpot adalah salah satu bagian pada motor 2 tak yang dikenal mengeluarkan kepulan asap berwarna hitam, yang tentu saja dapat mengganggu para pengendara lain ataupun orang yang berada di sekitar. Jika kalian tidak ingin hal tersebut terjadi, maka cara yang dapat dilakukan yaitu dengan membersihkan bagian knalpot motor. Kalian dapat memulainya dari bagian bibir hingga sarang knalpot agar bersih dari oli yang turun ke bagian knalpot.
10.Gunakan piranti Pengapian Yang Ori atau yang kualitasnya lebih bagus dari yang ori , pada banyak kasus dan paling sering adalah kasus motor jadi lemot dan bbm jadi boros akibat penggantian piranti CDI dengan yg non ori namun yang murahan,, secara langsung cdi kw murahan pastilah api yg dihasilkan kualitasnya juga rendah dan tdk mampu membakar bbm dengan sempurna sehingga motor saat digas gede dengan tujuan agar motor kencang dan melaju yang terjadi justru motor brenet dan ngok,, nah kasus yg sama pun juga seperti itu misal penggantian spull dgn yang kw atau koil dengan yg kw ,, nah jika kalian pengen motor kalian tetep irit namun tetap kencang,, pastikan bagian2 pengapian tadi adalah part yang orisinil ya guys ,, hindari penggunaan part pengapian kw yg dibawah kualitas standar, tapi kalo mau uppgrade dengan yang kualitasnya diatas standar sebenarnya ya malah lebih baik karena pengapian justru akan besar dan jika pembakaran sempurna maka efisien bahan bakar akan mengikuti.
Sekian konten kali ini guys, terimakasih sdh menyimak video kami, jangan lupa untuk like share dan subcribe, sampai jumpa di video vintage sentinel selanjutnya, wassalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar