Rabu, 14 Juni 2023

Yg harus diperhatikan sebelum dan sesudah ganti piston agar inreyen maximal

 Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel,  dalam konten kali ini kami akan membahas perihal penanganan sebelum dan sesudah ganti piston agar hasilnya maximal,  apa saja yg harus diperhatikan,  akan kami kupas lebih dalam , tapi sebelumnya silakan untuk like share dan subscribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.



Motor yang kompresi drop dan bersuara kasar biasanya disebabkan oleh masalah pada mekanika ruang bakar dan biasanya hanya seputar pada masalah piston ring piston stang piston bearing kruk as atau karet2 bantalan rumah kopling , namun demikian kita harus jeli dalam menentukan sumber masalahnya sebelum kita melakukan pergantian agar tdk sisa2 pekerjaan kita guys.

Yang pertama adalah pastikan sumber suara dan arah kerusakan ,,jika suara tdk terlalu keras dan terdengar seperti ketukan seng atau bersuara Tweeter ringan,, dan berasal dari silinder kop biasanya masalah tdk terlalu berat , kalian tidak perlu melakukan pergantian piston  cukup lakukan pergantian ring piston nya saja , tapi pastikan  cek di piston dan liner nya apakah goresan luka nya dalam atau tidak,, jika tdk ya  cukup lakukan pergantian ring saja ,, tapi jika luka nya dalam coba dulu di amplas hapuskan luka nya jika tdk dalam ya aman tapi jika dalam mungkin kalian harus melakukan pergantian piston juga ,, nah jika kerusakan akibat pergantian piston maka tindakan pasca pergantian piston tetap wajib lakukan inreyen ya guys agar posisi ring piston dapat mapan pada posisinya dengan bagus ,, untuk tindakan inreyen lakukan inreyen duduk cukup 7jam bisa kalian lakukan dalam 1 hari penuh atau bisa di cicil dalam 1 minggu sebelum selesai 7jam inreyen duduk sebaiknya jangan lakukan inreyen jalan dulu ya guys ,, nah setelah selesai inreyen duduk lakukanlah inreyen jalan selama 100km dulu  sabar saja selama inreyen jalan ini lakukan pada kecepatan 40 -50 sepanjang 50km awal dan maximal 70kmpj sebelum 100km awal ,, dan setelah 100km bisa kalian pakai dengan normal  ,, nah jika motor kalian adalah 4 tak pastikan pompa oli berfubgsi normal agar oli mesin dapat melumasi sempurna dan tdk bermasalah karena jika sampai pompa oli mesin bermasalah maka motor akan ambrol guys.

Dan untuk motor 2tak sebaiknya selama inreyen campurkan full lewat tangki dulu saja untuk oli sampingnya agar kualitas pencampuran sempurna dan bisa dikendalikan maximal ,, campur kan 3 tutup oli samping atau 40cc oli samping per 1 liter selama inreyen agar mesin tetap dingin dan tidak ngejim pastikan gunakan oli samping berkualitas selama masa inreyen ,, rekomendasi kami bisa kalian pakai merk idemitsu atau jika ada dana pakai ipone lebih bagus guys , dan setelah proses inreyen untuk ganti ring piston  selesai,  untuk takaran oli bisa kembali ke 2 sampai 2,5 tutup olsam per liter nya lagi guys.

Pasti diantara kalian ada yg berpendapat terlalu lama proses inreyen dari rekomendasi kami ini ,, atau bahkan ada bengkel yg menyarankan tidak perlu inreyen langsung bisa dipakai normal ,, jadi begini guys saat inipun sudah ada sistem kolter licin yg membuat piston dan liner bisa dalam posisi tdk terlalu rapat ,, nah hal ini juga yg sering diremehkan oleh beberapa bengkel dan pemilik motor yg menganggap dengan kolter licin tdk diperlukan lagi inreyen ,,, hal ini seharusnya tetap perlu inreyen guys dan waktu inreyen nya saja yg tdk sepanjang sistem kolter  rapat dimana sistem kolter licin bisa kalian lakukan setengah dari inreyen kolter rapat ,, dimana dengan sistem kolter licin kalian bisa pakai inreyen duduk 3 hari x7 jam dan inreyen duduk 200 sampai 250km sdh cukup . Nah saran kami , lebih bijaksana tetap kalian lakukan inreyen saat kalian ganti piston , ring  atau stang agar tercipta hasil yg sempurna dam motor dapat memperoleh tenaga dan speed yang maximal ,, Karena jika inreyen tdk disiplin dan motor mesin drop atau bahkan hancur ,, akan keluar uang dan waktu yg tdk sedikit guys.

Nah selama masa inreyen jalan lakukan kenaikan speed secara bertahap ,, saat blm mencapai 100km maka kecepatan maximal di 50kmpj aja ,, setelah lebih dari 100 sampai 250kmpj jalankan dengan kecepatan 60kmpj dan setelah menempuh 250km sampai 500 jalankan dengan kecepatan maximal 70kmpj ,, dan setelah proses inreyen selesai  silakan kalian pakai dengan sesuai karakter dan keseharian kalian guys.

Oiya untuk motor 4 tak saat mencapai 250km awal sebaiknya oli mesin ditap dan ganti yg baru ya guys karena biasanya di oli mesin 4tak terdapat besi gram yg jika tdk dibuang akan melukai liner dan piston nya ,, tapi jika motor kalian 2tak tidak perlu ganti oli mesin selama masa inreyen ini guys,, cukup dengan Melebihkan takaran olsam dan pakai olsam yg bagus ya guys.

Nah kemudian untuk ciri2 inreyen yg gagal antara lain:

1.timbul suara kasar lagi

2.untuk 4tak timbul asap putih lagi dari knalpot. 

3.tenaga menjadi drop lagi , torsi dan speed tidak maximal.

4. Ada beberapa kasus motor menjadi ndut2 an hal ini akibat naik turun piston menjadi tdk rata guys.

Nah jika inreyen kalian bagus maka ciri2 dari inreyen yg sukses antara lain adalah:

1.suara motor menjadi lebih halus dari sebelumnya. 

2.untuk motor 4 tak tidak timbul warna asap sama sekali. 

3.tenaga menjadi lebih maximal daripada sebelumnya,, power dan speed motor menjadi meningkat daripada sebelumnya. 

4.motor menjadi jauh lebih nyaman dari handling dan respon mesin daripada sebelumnya guys.

Oke itu tadi sekilas masalah inreyen , hal yg harus diperhatikan sebelum, sesudah dan ciri2 inreyen sukses dan gagal ,, semoga bermanfaat,,jangan lupa untuk like share dan subcribe,, sampai jumpa di konten2 vintage sentinel selanjutnya,,wassalam 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar