Sabtu, 10 Juni 2023

MOTOR 2TAK ASAP NYA BANYAK❓ Aman atau Normal❓️

Hai ketemu lagi di channel vintage sentinel,  dalam konten kali ini kami akan menjawab pertanyaan dari subcriber yang menanyakan perihal motor 2tak yaitu ,, apakah normal motor 2tak berasap banyak ? Nah dalam konten kali ini akan kami ulas tuntas ,tapi sebelumnya silakan untuk like share dan subscribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.



Pada motor 2tak rata2 memang pasti akan mengeluarkan asap yg jauh lebih banyak daripada motor 4tak , hal ini karena sistem pada motor 2tak yang lebih cepat naik turun piston akan membutuhkan asupan oli dalam hal ini oli samping agar mesin tetap dingin dan tidak overheat,, hal ini berbeda dengan sistem 4tak yang karena gerakan pistonya tdk secepat 4langkah maka sistem pelumasan hanya membutuhkan oli mesin saja sebagai sirkulasi dan oli mesin tersebut tidak terbakar dalam proses pembakaran nya melainkan hanya sebagai media pelumasan saja ,, sehingga emisi yg dikeluarkan pada motor 4tak akan sedikit atau seharusnya akan 0% asap putih jika tdk ada kebocoran,, bahkan pada motor 4tak bisa diartikan jika ada asap putih atau hitam dipastikan ada masalah pada mesin yg harus diperbaiki ,, bisa karena klep yg bocor , stelan karbu yg boros atau bisa karena piston dan ring sdh aus,, jadi pada motor 4tak asap knalpot adalah pertanda bahwa mesin motor bermasalah guys.

 Nah hal ini jauh berbeda jika dikaitkan dengan motor sistem 2tak dimana motor 2tak membutuhkan oli samping sebagai asupan pelumas yg ikut terbakar juga dalam proses pembakarannya guys selain bensin tentu saja ,, nah hal inilah yang membuat motor2 2tak akan lebih berasap daripada motor 4tak,

Nah kemudian jika motor 2tak normal jika ada asap nya ,,, apakah normal jika motor 2tak asap nya banyak ? Pertanyaan ini seringkali timbul di penggemar pemula 2tak.

Jawabnya adalah bisa normal bisa tidak guys.

Kami jelaskan jika jawabannya adalah normal;

1. Bagi penggemar motor 2tak yg sudah pengalaman pasti motor ngejim adalah sesuatu yg akan jauh2 disingkirkan dari potensi 2 kerusakan yg mungkin terjadi ,, kebanyakan penggemar termasuk saya ,, lebih memilih sering2 membersihkan knalpot , silinder kop , piston ,, dan boros busi daripada mesin ngejim hehehe.

Jadi asap yg banyak namun sehat bisa diakibatkan oleh penggemar yg mengisi oli samping lebih banyak dari takaran standarnya ,, jika takaran standar adalah 25cc per 1 liter  maka akan lebih aman jika kita mengisi 35cc per 1 liter nya nah konsekuensi nya ya jika kita memakai oli samping yg bukan low smoke atau rendah asap ,, karena kita mengisi oli samping lebih banyak daripada seharusnya ya jelas asap akan banyak ,, tapi dalam konteks ini mesin pasti akan aman guys karena dinding liner dan piston akan lebih licin dan adem ,, resikonya ya cuma busi mmg lebih cepat mati dan harus rajin bersih2 ruang bakar dan knalpot nya.

Yang ke 2 asap banyak pada motor 2 tak menjadi tdk normal karena beberapa faktor antara lain

1. Mengkonsumsi oli samping yg berkualitas jelek ,, tanpa kami sebutkan merk pasti kalian paham oli samping mana saja yg berasap banyak ,, jadi  merk oli yg wangi bgt dan murah tersebut menghasilkan kerak asap yg sangit serta asap yang banyak ,, dalam konteks ini akan menjadi sesuatu yg tdk wajar jika asap banyak diakibatkan oleh konsumsi merk oli samping murahan karena akan berpotensi banyak kerak dan tidak efisien dalam meredam panas ,, jadi jika kasus spt ini pada motor kalian sebaiknya ganti dengan merk yg pasti2 aja guys ,, rekomendasi kami minimal ya pakai castrol , atau menengah bisa pakai idemitsu atau kalo dompet tebal pakai ipone  , asal jgn sering2 gonta ganti merk aja guys.

Yang kedua. Asap banyak disebabkan oleh seal kruk as bocor ,, hal ini adalah kasus paling sering terjadi dan tentu saja jika kasus ini terjadi adalah sesuatu yg tdk wajar dan harus segera diperbaiki,  pertama karena oli mesin akan cepat habis , berkurang karena lolos ke ruang bakar dan ikut terbakar di ruang bakar ,, kedua kopling akan selip jika oli mesin habis akibat lolos ke ruang bakar tersebut guys. Yang ketiga adalah mesin jelas akan belepotan karena banyak oli akan terbuang sia2 melalui lubang buang , yang keempat kompresi pasti akan jatuh drop bgt ,, tenaga akan loyo,  motor akan susah mendaki tanjakan apalagi sambil kecepatan penuh ,pasti akan loyo ,,oleh karena itu jika asap tebal diakibatkan oleh seal kruk as yg bocor saran kami segera diganti saja agar tdk merembet ke bagian yg lain guys.

 Jadi kesimpulan nya adalah ,, asap banyak bisa disebut wajar jika mmg disengaja akibat adanya campuran oli samping yg dilebihkan dan menjadi tdk wajar jika terjadi akibat adanya part yg aus semisal seal kruk as dan konsumsi oli samping jelek.

 Oke itu jadi konten kali ini semoga bisa bermanfaat,  jangan lupa untuk like share dan subcribe,, sampai jumpa di konten2 vintage sentinel selanjutnya.  Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar