Selasa, 17 Desember 2024

STATER TANGAN MATI? JANGAN BURU2 SALAHKAN AKI SOAK

 Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel,  dalam konten kali ini kembali kami menjawab pertanyaan subcriber perihal stater elektronik atau stater tangan yang mati,  penyebab dan solusi nya , akan kami bahas tuntas tapi sebelumnya silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys. 

Jadi guys rata2 kalo motor yang bermasalah pada stater tangan yang tidak normal pasti selalu aki soak yang jadi tersangka utama, meskipun mmg kebanyakan kasus terjadi akibat aki soak tapi tdk selalu demikian juga penyebab riil di tiap motor seringkali berbeda2.

Jadi dalam motor alat2 yang diperlukan atau terkait dengan sistem elektronik stater meliputi,  switch on , bendik stater, one Way sistem,  dinamo stater baru setelah itu ke aki. Nah akan kita kupas satu persatu ya guys .

1.switch on, posisi dari switch on ini ada di holder kanan, nah kasus motor yang stater tangan nya mati bisa juga datang dari masalah sepele seperti switch on yang bermasalah,, dimana masalah yang timbul akibat switch on ini bisa akibat kotor sehingga 2 lempeng plat tidak bisa bertemu  biasanya karena Kuningannya berjamur , jika demikian solusinya bisa kalian amplas saja bagian yg berjamur tersebut,, penyebab lainnya bisa akibat solder dari kabel ke Kuningan yang putus atau hampir putus sehingga meskipun plat Kuningan bisa bertemu tapi tdk bisa mengalirkan arus, sebab selanjutnya bisa akibat kabel dari holder ke bendik yg putus di tengah , utk cek nya bisa kalian pakai volt meter dan solusi ya sambung kabel yg putus tersebut atau jumper kabel baru guys.

2.bendik stater. Nah ini tersangka yang jarang dijadikan terdakwa guys, karena banyak sekali yg paham mengenai fungsi dari bendik ini. Jadi jika kalian saat melakukan stater dan  terdengar suara cetik2 , nah itu adalah suara bendik yang bekerja,  tapi jangan salah guys, meskipun suara cetik2 di bendik terdengar jelas bukan berarti bendik tersebut sehat , karena banyak bgt kasus bendik rusak padahal terdengar cetik2 , hal ini biasanya terjadi pada bendik ori yg sudah tua atau bendik2 murahan dimana kinerja bendik tersebut menjadi berat dan tidak menempel sempurna antara Kuningan plus dan minus,  biasanya kerja per di bendik sdh loyo sehingga nempel nya tidak maximal ,, nah jika bendik rusak buat yg telaten dan bisa sebenarnya bisa di amplas bagian2 yg berjamur tersebut tapi mmg karena lilitan spull nya pakai kawat tipis jadi rentan putus , resiko nya jg besar bagi yg blm paham , mending ganti saja dengan yg baru , tapi ingat ganti dengan yg bagus ,jangan yg murahan karena akan berat guys.

3.sistem one Way stater .nah posisi one Way stater ini ada di belakang magnet spull , kadang2 jika ada yg motornya kasar saat diajak jalan dan dari sebelah kiri sumber kasarny bisa jadi one Way ini ada masalah,, bisa terjadi akibat per pelor one Way stater nya yg patah, lepas atau bisa juga pelor one Way yg loncat atau aus. Nah pada kasus statater tangan tdk berfungsi biasanya one Way ini tdk bisa berputar sempurna akibat pelor atau per yg bermasalah tadi guys, dah solusinya ya buka mesin bagian kiri dan cek2 saja kelengkapan dan posisi pada one Way stater , perbaiki jika mmg ada yg rusak.

4.dinamo stater.kasus dinamo stater yg bermasalah biasanya terjadi pada angker dinamo yg habis termakan pada Kuningan nya, kasus awal biasanya terjadi akibat bearing pada dinamo stater yg aus tapi tdk segera diganti sehingga putaran angker menjadi oleng dan termakan. Selain itu kasus dinamo stater terbakar juga sering kalo terjadi,, jika hal ini terjadi biasanya diindikasikan tidak ada suara putaran dinamo stater sama sekali dan jika dibuka akan tercium bau sangit dari angker dinamo stater tersebut guys, nah jika demikian solusi satu2nya mending ganti baru daripada spull ulang , karena kalo spull ulang lebih banyak kasus yg cepat mati daripada yg awet lama.

5.aki. kalo aki soak sebenarnya gampang ditebak , mulai dari suara klakson yang melemah , suara sein jika pakai relay suara akan melemah, atau sein yg kelip2nya melambat, sorotan lampu yg meredup , dan pastinya jika kalo kalian pencet stater tdk nyala atau cuma nguk2 saja ,, dan secara fisik jika kalian kuras air aki nya akan terlihat keruh,, jika mmg aki penyebab utama bisa kalian kuras , kemudian buka lubang aki tersebut dan guyur dengan air panas,  setelah itu kocok2 aki dan lakukan berulang2 sampai kerak aki aki rontok semua ,, kemudian jemur diterik matahari sampai benar2 kering ,baru diisi dengan accu zuur. Setelahnya bisa kalian bawa ke tukang aki buat di stroom,, namun jika aki kalian tidak tertolong ya mau tdk mau mmg wajib ganti baru. Sebagai rekomendasi jika motor kalian dipakai setiap hari bisa kalian pakai aki basah namun jika motor hobby dan jarang dipakai bisa kalian pakai aki kering dan usahakan pakai aki yg bagus macam GS astra agar awet aki nya guys.

Nah sdh kami jelaskan penyebab dan solusi yg harus kalian perbaiki jika motor kalian mati elektrik stater nya, semoga bermanfaat,  terimakasih sdh menyimak video kami, jangan lupa untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar