Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel, dalam konten kali ini kami akan memberikan konten sharing pengalaman dalam penggunaan karburator merk Mikuni Original bawaan motor dan Mikuni yang Kw , akan kami kupas tuntas tapi sebelum lanjut silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys .
Banyak subcriber kami yang penasaran dan kadang banyak yg ngeyel bertanya: motor sy sudah saya set paling irit ,pj mj paling kecil kok masih boros , atau ada jg yg bertanya motor saya settingnya enak tapi kok bbm nya boros padahal karbu original mikuni ,, pas sy tanya posisi marking mikuni dan motornya apa ternyata ada indikasi dia pakai katbu mmg ada tulisan marking mikuni tapi terindikasi kw atau bukan ori , nah kalo pakai karbu yg bukan ori mmg penyakit legend nya kaya gitu guys. Karena di market place saat ini banyak karbu yang diiklankan ori tapi kenyataannya kw jadi kalian wajib paham ciri2 fisik nya guys, nah di konten kali ini spesial kami berikan perbandingan nyata perbedaan fisik karbu mikuni original dan kw serta pengalaman atau impresi pemakaian nya agar kalian bisa bijak dalam menentukan mana karbu yg sebaiknya kalian pilih guys, langsung saja kita mulai ya guys.
1.Mikuni Ori bawaan motor. Kalo yang ori pasti sudah banyak yang merasakan nyamannya , namanya original pasti ya bawaan motor , yang namanya bawaan motor pasti yg terbaik utk spek tersebut karena riset dan engginer pabrikan mmg didesain secara komprehensif untuk 1 bagian integral motor sehingga fungsionalitas antar part pasti sdh dipikirkan agar performa maximal. Kalo dari segi pengalaman pemakaian dan sebagai mekanik maka yang kami rasakan dari penggunaan karburator original ini antara lain adalah:
1.bbm lebih irit daripada pakai karbu kw. Jadi sepengalaman kami menggunakan motor dgn karburator mikuni ori, kasus khusus di yamaha v100 seris , maka jika dibandingkan dengan v100 yg lain yg sama2 spek standarnya sangat beda jauh guys, untuk stel nyaman di karbu ori ini dalam arti setelan tidak brebet , bisa atas nya lari , distater mudah kami bisa mendapatkan 40km/ liter rata2 dengan mudah dan untuk konsumsi bbm kw akan kami jelaskan setelah ini guys.
2.lebih mudah mendapatkan setelan. Nah karbu ori ini sangat mudah setelan nya ,misal kalian pengen lebih bertenaga karena piston sdh dibesarkan atau pengapian dinaikkan, maka tinggal ganti pj mj lebih besar , skep dipindah turunkan maka motor tetap nyaman diperformanya tanpa perlu diutak atik setelan yg njlimet,, misal mau dibikin irit maka tinggal setel angin kecil , pj mj diturunkan 1 setelan maka dapat diperoleh setelan yg irit tapi tdk brebet ,, dan hal ini sangat berbeda dengan karbu kw guys, beda nya apa akan dilanjutkan di bagian setelah ini guys.
3.jika ada trobel mudah solusinya dan sparepart nya melimpah. Lanjut dan no 2 karburator ori ini sangat mudah diperbaiki jika bermasalah, mudah karena lubang2 drat nya lebih presisi jadi tidak mudah dol saat kita sering2 buka tutup atau stel , atau jika sampai bagian2 kecil rusak atau sdh tdk presisi atau aus tersedia banyak spare part nya dimana kalian bisa beli dengan nama repair kit karburator, dengan ganti repair kit ini kondisi kendaraan kalian jika pakai karbu ori bisa kembali 80% sehat dengan catatan karburator nya ori , dan tidak ada bagian yg pecah , coba saja kalian aplikasi. InsyaAllah hasilnya akan jauh lebih enak ganti repair kit daripada ganti karbu tapi kw guys, jadi buat kalian yg karburator nya ori dan bermasalah jangan buru2 ganti , coba dl pakai repair kit pakai yg ori lokal tdk masalah karena yg ori Jepang mmg mahal bgt guys.
Namun kelemahan dari penggunaan karburator ori mmg adalah harganya yang selangit ,, sebagai contoh karburator original yamaha alfa , yang harga motor bekas nya kondisi bahan bagus sekitaran 2jt , namun harga karburator original nya mencapai 1.8jt an, namun jangan lengah ya guys saat beli , maksudnya jangan sampai ketipu produk kw saat kalian beli ,karena di marketplace banyak bgt yg iklan karbu kw dikardus original, dan sellernya pun bilang karburator tersebut adalah karburator original, nah spt di slide ini bisa kalian cek ya guys,,, nah sebagai sampel produk sepengalaman kami di produk karburator yamaha alfa original, ada tanda2 fisik khusus jika kalian membedakan karbu ori dan kw
1. Marking nya adalah mikuni Corp, dan relatif kecil ada di bagian atas karbu atau bagian skep.
2.ada tulisan japan di bagian belakang karbu nya , dan logo ini timbul ya guys.
3. Sambungan antar bagian badan besinya rapi dan tidak ada bagian yg kasar atau tajam , sehingga terlihat mmg barang yg dibuat pabrikan berkualitas guys.
4.untuk harga pasti mahal , sebagai cara mudah pasti diatas 500rb , jika ada karbu mikuni yg dibawah itu 98% kw atau jika ada 2% kemungkinan penjual yang khilaf tdk paham harga pasar atau typo harga.
2.Mikuni Kw. Nah studi kasus di karburator mikuni alfa ,banyak bgt produk mikuni kw dipacking berbagai macam. Ada yg bohong bgt dipacking pakai kardus yamaha meskipun karbu ini kelas kw, ada yg karburator nya dipacking kardus merk nagoya, ada yg pura biar keliatan ori tapi tdk keliatan nipunya dijual losepack alias tanpa kardus,, nah kalian kalo beli di marketplace pokoknya wajib hati2 dan paham jangan sampai ketipu produk saja guys.
Jadi 3th lalu kami iseng2 beli karbu mikuni di marketplace, dan sebenarnya juga paham kalo itu kw karena kebetulan seller nya jujur kalo ini kw dan dikardus dengan kardus merk nagoya. Nah yg aneh meskipun merk nya nagoya bagaimana mungkin bisa ori kok karburator nya ada marking mikuni. Nah singkat cerita dalam 3 th pemakaian ini yang kami rasakan dari penggunaan karburator kw ini adalah:
1.boros bbm , jadi pengalaman kami pakai karburator mikuni kw ini ,, dibandingkan dengan karbu ori mikuni sangat jauh , untuk mikuni ori di sama motor v100 dan sama2 spek standar maka bisa sampe 40 per 1 liter nya , tapi kalo pakai yg mikuni kw cuma bisa 25km/ liter nya itu saja sdh bagus.
2.setelannya njlimet . Nah ini sambungan dari no 1 , jadi guna mendapatkan stelan yang nyaman biasanya ada kaitannya dengan konsumsi bbm , jadi kebanyakan kalo pakai karbu kw ini sepengalaman kami , kalo disetel enak , dalam arti tidak brebet mudah distater pasti jadi boros konsumsi bbm nya , tapi kalo disetel irit pasti kendaraan jadi brebet dan susah di stater, itupun setelahnya tergolong lama dan njlimet untuk mendapatkan setelan yang enak, alias susah bgt, apalagi untuk pemula untuk dapat setelan enak dipastikan akan membutuhkan waktu yg lama guys.
3.susah distater utamanya kalo lama tidak dipakai. Nah karburator kw juga punya penyakit di kebanyakan yaitu kalo misal 1 minggu tdk dipakai maka harus di kop karbu atau di chooke berulang2 , hal ini terjadi karena tingkat presisi lubang2 karbu kw tdk terlalu presisi sehingga ada bagian bensin atau bbm yg berhasil lewat , atau bocor sehingga menyebabkan motor susah distater saat lama tdk dipakai guys.
4.brebet di bawah , kurang plong di rpm atas. Nah ini jg seringkali akibat dari poin 2 yg sudah dijelaskan yaitu susah disetel ,, rata2 penyakit motor alfa sigma cham yang memakai karbu kw adalah meskipun disetel sedemikian rupa tetap saja brebet di bawah Dan kurang bisa plong tenaga di rpm atas nya. Sepengalaman kami menggunakan karbu mikuni kw ini sangat susah bgt menemukan stelan enak,, kebanyakan hanya brebet di bawah Dan kurang plong tenaganya saat rpm atas nya .
5.badan karbu antar bagiannya kasar dan relatif runcing tidak rapi. Nah jika kalian beli karbu mikuni tapi kw jangan kaget jika antar bagiannya tergolong kasar, jika diraba sambungan nya runcing.
Nah dari testimoni impresi performa kita lanjut ke ciri2 fisik karburator kw ini , agar kalian bisa membedakan dan tidak tertipu beli harga ori dikasi barang kw guys.
1.marking mikuni nya besar, di bagian bawah atau di badan pelampung karbu. Tulisannya cuma mikuni saja dan tanpa embel2 Corp. Jika yg asli ada tulisan mikuni Corp maka yg palsu cuma mikuni saja .
2. Dibadan belakang karburator nya polos tanpa ada tulisan apapun,, nah jika di karburator ori yamaha alfa sigma champ ada tulisan japan spt di video ini ,, maka yg palsu cuma polos spt slide ini guys.
3.beda di warna produk , jika yg asli mikuni warnanya biasanya lebih terang alumunium nya atau lebih putih , nah yg kw ini lebih gelap ,, nah kalian jika pernah lihat gotri peluru senapan angin warna nya , nah segelap itu besi alumuniumnya guys. Jadi dari fisik warna sebenarnya juga gampang buat bedain nya. Selain itu sambungan antar bagiannya kasar dan cenderung tajam , hal ini jauh beda dgn yg ori yg sambungan nya halus guys.
4.untuk harga relatif murah, ditargetkan place untuk karburator kw ini cuma dijual di kisaran 125rb sampai 350rb dan sebenarnya harga ini trik marketing saja karena kalo kalian beli karbu kw yg di marking mikuni 125rb dan marking mikuni 350rb dijejer pasti akan sama, di pasang di motor juga sama saja ,, dibedakan harganya supaya alibi aja , permainan psikologi aja kalo ori itu yg mahal kalo murah kw padahal kalo ciri2 nya bukan ori ya sama2 saja judulnya kw guys ,jadi kalian wajib teliti dan waspada jangan sampai tertipu produk kw pokoknya guys.
Oke guys sekian dulu konten kali ini semoga bermanfaat, terimakasih sudah menyimak video2 dari vintage, sampai jumpa di video vintage sentinel selanjutnya, jangan lupa untuk like share dan subcribe, wassalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar