Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel, dalam konten kali ini kami akan mengulas tema tentang 2T , yaitu sebab motor 2T yang lebih kencang dari motor 4T yang CC atau kubikasi nya sama besar , akan kami kupas tuntas , tapi sebelum lanjut silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.
Jika ada dari kalian yy berusia 30th ke atas pasti Masih ingat jika dahulu banyak sepeda motor yang menggunakan mesin 2 langkah atau 2-tak dijalankan, tidak seperti saat ini yang jumlah nya sangat jauh dengan motor 4T yang berseliweran di jalanan , nah Kalau diperhatikan, lari sepeda motor 2-tak lebih kencang dibanding 4-tak yang memiliki cc sama. Sehingga di dunia balap pun banyak digunakan sepeda motor dengan mesin 2-tak.
Trntu kalian Masih ingat jaman MotoGP kelas 500cc? Jaman Michael doohan ,, luca cadalora , kenny roberts , bahkan masih sempat juga the legendary Valentino rossi di awal karir pake motor 2T. Kala itu mesin yang digunakan berkapasitas 500cc berjenis 2-tak untuk kelas primer nya atau kelas tertinggi nya , jadi bukan seperti saat ini kelas primer nya 1000cc 4T guys.Dan ketika berganti menjadi MotoGP 4-tak, mesin yang digunakan sebagai pengganti naik dari 500cc menjadi berkapasitas 1.000cc. Dengan kata lain untuk mencapai kecepatan yang sama, mesin 4-tak perlu kapasitas dua kali lebih besar dari 2-tak. Itu pola pikir sederhana yang faktanya berlaku bagi kebijakan moto GP bahkan guys.
Kenapa demikian? Untuk itu perlu dipahami dulu perbedaan cara kerja kedua jenis mesin ini. Untuk mesin 2-tak hanya diperlukan dua langkah kerja, atau dua putaran engkol untuk setiap proses pembakaran. Sedangkan mesin 4-tak membutuhkan empat langkah atau putaran setiap proses pembakaran.
Langkah pertama yaitu pemampatan bahan bakar untuk menghasilkan ledakan dengan percikan busi. Langka ini juga dibarengi proses menghisap bahan bakar dari karburator. Langkah kedua adalah prose membuang hasil pembakaran, yang juga diikuti proses penghisapan bahan bakar ke ruang bakar.
Sedangkangkan mesin 4-tak langkahnya lebih panjang, yang dimulai dengan penghisapan bahan bakar ke ruang bakar. Langkah kedua pemampatan bahan bakar untuk diledakan dengan percikan busi. Langkah ketiga adalah gerakan hasil ledakan ruangan bakan. Langkah keempat adalah pembuangan sisa pembakaran
Dari proses kerja diatas diketahui, kalau untuk satu ledakan ruang bakar yang menghasilkan tenaga pada mesin 2-tak hanya memerlukan dua gerakan piston. Sedangkan mesin 4-tak harus bergerak sampai empat kali untuk setiap tenaga yang dihasilkan. Sehingga untuk kapasitas dan jumlah silinder yang sama, motor 2-tak lebih kencang.
Belum lagi, minimalisnya mesin 2-tak juga membuat bobotnya menjadi lebih ringan. Sedangkan mesin 4-tak memiliki lebih banyak komponen di dalam mesin, membuatnya jadi lebih berat. Bobot total kendaraan ini juga akan berpengaruh pada seberapa kencang sepeda motor tersebut berlari.
Tapi saat ini di tahun 2024 teknologi 4T juga sudah berkembang jauh , namun 2T karena mmg sdh distop produksi dan produsen pun banyak yang meninggal riset and enginerring 2T maka pasti ada penyangkalan dari sebagian kalian ,, wah motor N max ku kemarin menang trak2an kok sama RX king ,, atau motor MX ku kemarin menang trax an kok buktinya sama satria 2T ,, maksud dari video konten ini adalah perbandingan Apple to apple , motor 2T vs 4T cc sama dan dalam 1 generasi, sehingga teknologi dan riset nya masih sama2 berkembang kedua nya , dan kondisi kendaraan masih sama2 dalam yang prima guys. Karena faktanya mmg demikian bahwa motor 2T mmg lebih kencang dari motor 4T jika teknologi dan CC nya sama, tapi mmg ada fakta lain bahwa di medan tanjakan motor 4T lebih jago dan bertenaga dibanding motor 2T , dan ini adalah fakta yg tidak bisa ditawarkan juga guys.
Oke terimakasih sdh menyimak video2 dari vintage sentinel, semoga bermanfaat, terimakasih sdh menyimak video kami jangan lupa untuk like share dan subcribe, sampai jumpa di video vintage sentinel selanjutnya, wassalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar