Jumat, 08 Maret 2024

Punya Motor 2T jadi Perih Saat sdh Mulai Minta Jajan Sparepart

 Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel,  dalam konten kali ini kami akan membahas tema yg seringkali terjadi pada penggemar motor 2tak khususnya yaitu, biaya selangit bagi pemilik motor 2tak saat ini jika dibandingkan dengan harga beli motornya, jika motor minta jajan alias harus belanja sparepart jika mengalami kerusakan,, akan kami bahas tuntas ,tapi sebelum lanjut silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.



Jika melihat saat ini kalian pasti sdh sadar bahwa harga sparepart dan motor 2tak sdh sangat2 kegoreng di pasaran, bahkan harganya tidak jarang pada sparepart tertentu sangat tidak ngotak bgt. Namun jika kita melihat 5th kebelakang sebenarnya harga motor 2tak masih ramah di kantong ,, sebagai gambaran, motor alfa sy ini harga belinya 900rb ,, kemudian harga sigma sy yg ini cuma 1,6jt ,, dan kalian pasti tidak percaya ,, harga champ sy ini cuma 1,5jt saja hehehe. Nah itulah yg kemudian banyak yg tertarik buat beli motor 2tak sebagai kendaraan kedua buat transportasi karena harganya yg ramah.

Nah namun saat ini motor 4tak sdh menjadi motor hobby dan yang namanya hobby sdh tidak mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan untuk melakukan modifikasi,, nah inilah sisi kesempatan yang dimanfaatkan oleh para pedagang untuk menaikkan harga motor bahkan sparepart 2tak setinggi langit ,, dan anehnya tetap saja laku terjual guys,, hal ini karena fanatisme pada hobby nya tersebut guys.

Oke kita lanjut ke kasus nyata di motor alfa sy ini sebagai contoh kasusnya guys: motor alfa ini belinya cuma 900rb , nah saat rusak kompresi biaya perbaikan nya untuk rinciannya spt berikut:

Biaya piston, ring dan kolter 150rb, biaya center kruk as 100, biaya seal packing , oli mesin dll 200: total untuk perbaikan ruang bakar adalah 450rb.

Kemudian masalah baru datang, spull nya lemah sehingga sering mogok sewaktu2 dijalan nah untuk gantinya sy beli spull rx king ori 120rb, kemudian karena cdi nya kw dan apinya kecil sy ganti juga dengan ori seharga 200rb, dan koil juga apinya sdh pecah sehingga sy ganti juga dengan koil TK Orange seharga 200rb , nah untuk pengapian biaya yg dikeluarkan adalah sebanyak: 520rb.

Nah karena tenaga yg tersalurkan jg sdh tdk maximal maka sy cek bagian kanan alias bagian kopling ,,ternyata rumah kopling sdh goyang dan termakan , alhasil ya sy ganti dengan rumah kopling , nah belinya ori bekas seharga 200rb dan kampas kopling merk federal seharga 120rb, kemudian karena kopling ganda nya jg sdh termakan terpaksa harus ganti kampas kopling dan boshing rumah kopling nya,,  nah kampas kopling ganda ori 250rb dan boshing 100rb , total untuk perbaikan bagian kopling adalah: 670rb.

Kemudahan perbaikan ke bagian perkabelan,, nah alhamdulillah kondisi kabel masih oke tapi bagian2 part macam kiprok ternyata sdh mati alhasil ya beli baru ori seharga 150rb ,,kemudian beli pelampung pompa oli samping seharga 150rb, dan pelampung bbm seharga 75rb, kemudian biaya beli indikator sein bunyi ori bekas 75rb , dan karena ada holder kanan yg rusak terpasang ganti dan harga nya 50rb untuk ori bekas , belum lagi biaya beli accu barugs astra 125rb nah total biaya perbaikan untuk perkabelan adalah: 625rb

Nah ternyata total perbaikan dan blm termasuk perbaikan body saja adalah segini guys: 

Biaya perbaikan mesin :450rb

Biaya perbaikan pengapian: 520rb

Biaya perbaikan kopling :670rb

Biaya perbaikan kelistrikan: 625

Total biaya perbaikan tanpa perbaikan body adalah sebanyak: 2.265.000. 

Nah dari sini bisa dilihat bahwa biaya yang timbul akibat kerusakan adalah lebih dari 2x harga belinya yang hanya sekitar 900rb saja. Dan ini membuktikan bahwa biaya perbaikan motor 2tak saat ini mmg memerlukan biaya yg tidak sedikit dan jujur saja bikin pusing mikir cara alokasi dana guna nutup biaya2 tersebut guys .

Oleh karena itu saran kami guys, jika kalian beli motor pastikan saat cek kondisi ,, pastikan benar2 kalian cek dengan teliti ,jika tidak paham motor 2tak untuk aman nya ajak relasi yg paham 2tak agar tidak terjerumus beli motor 2tak yg rusak parah dab jangan beli semata2 karena murah,, karena biasanya harga yg terlalu murah kondisinya jg dipertanyakan dan alhasil biaya yg harus dikeluarkan akan jauh lebih banyak dan berlipat2 kali dari harga belinya.dan akan bikin pening karena biaya perbaikan motor 2tak saat ini biaya2nya sdh tergoreng tinggi,  sehingga ada baiknya dilakukan tindakan antisipasi semisal pemakaian oli samping yg kualitas bagus, campur oli samping di tangki bbm buat cadangan, sering bersih2 kerah carbon di silinder head, sering bersih2 knalpot dari kerak carbon dan oli samping yg tdk terbakar dll agar kondisi motor kalian tetap optimal dan terhindar dari jajan kecil dan jajan besar tentu saja guys.

Oke lain waktu akan kami ulas juga untuk biaya perbaikan kerusakan sigma , champ dan f1zr kami ,tapi untuk sementara agar videonya tdk terlalu panjang kami cukupkan sekian ,  semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk like share dan subcribe,  sampai ketemu di konten2 kami selanjutnya,  Wassalammualaikum. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar