Minggu, 03 Maret 2024

Penyebab Angkatan Awal ngeden pada motor Alfa Sigma F1zr


 [15/3 07.06] Vintage Sentinel YTChanel: Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel,  dalam konten kali ini kembali kami akan menjawab pertanyaan subcriber kami perihal penyebab motor 2Tak yang Lemah saat awalan,  kurang performa di tanjakan beserta solusinya , tapi sebelum lanjut silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.
Motor 2tak banyak yang mengalami keluhan performa motornya tdk responsif utamanya saat awalan nggok tidak bertenaga dan jika dipakai boncengan , bawa muatan ataupun menghadapi tanjakan panjang motor akan ngeden, dan tidak bisa jalan enak seperti tertahan , nah hal ini terjadi karena berbagai penyebab guys antara lain adalah:
1. Membran karburator yg melongo ,, sekilas memang sepele tapi efek yang ditimbulkan akibat membran yang melongo ini akan menyebabkan pengkabutan bahan bakar tidak maximal, yang seharusnya bbm terdistribusi ke ruang bakar dalam bentuk uap halus maka jika membran karbu melongo bentuknya akan jadi butiran sehingga pembakaran tidak terjadi sempurna ,  akibatnya tenaga yang terbentuk menjadi tidak maximal guys,,, solusinya yang pertama jika membran masih lumayan bisa kalian balik posisinya dan ganjel dengan plastik semisal bekas kartu perdana agar posisinya bisa rapat.   Yang kedua bisa kalian ganti daun membran nya saja , tapi pastikan jika kalian ganti sebisa mungkin ganti dengan yang original atau jika mmg berinisiatif uppgrade dengan yang carbon pastikan yang kualitasnya bagus , yang ketiga jika kondisi membran sdh parah ya ganti fullset dengan rumah membran nya , jika dana kalian banyak bisa beli baru original namun jika dana kalian terbatas bisa beli yg bekas nanti beli aja daun membran nya yg ori ,, jangan pernah beli yg kw karena tdk awet dan biasanya bbm akan boros dan susah setelan serta hasilnya kurang maximal jika bukan yg original guys.
[15/3 07.13] Vintage Sentinel YTChanel: 2.Kampas Kopling yang sdh aus,  nah ini adalah faktor umum dari motor yang jika digas cuma nggereng2 dan tdk bisa lari,, ciri2 nya jika kampas kopling aus adalah motor sangat galak jika masih gigi netral tapi akan habis tenaga jika masuk gigi apapun . Nah ciri lain dari kampas kopling aus adalah saat kalian pengen menyalip kendaraan maka motor susah diajak berakselerasi dan cuma ngeng2 saja dengan rpm dan kecepatan tersebut saja meskipun gas sdh kalian puntir maximal.
Gejala motor yang kampasnya aus ini akan sangat menyiksa jika kendaraan melewati medan pegunungan atau boncengan dengan yang berbobot banyak motor akan  hilang tenaga ,, nah solusinya hanyalah ganti kampas kopling tentu saja ,, untuk kalian yang pengen ganti kampas kopling pastikan ganti dengan yang original tapi jika dana terbatas kami rekomendasi merk yang harganya lumayan murah tapi lumayan bagus dan jarang ada palsu nya ,, karena jujur aja di market place banyak bgt part kw dibungkus plastik ori  jadi guna menghindari hal ini cari aman saja pakai merk kw yg lumayan bagus tapi jarang palsunya ,, nah untuk itu kami rekomendasi merk indopart untuk kampas kopling yg harganya terjangkau tapi kualitas nya lumayan bagus guys.
[15/3 07.19] Vintage Sentinel YTChanel: 3. KNALPOT kotor dan menyebabkan tertutup nya lubang pembuangan pembakaran.  Nah ini yang kadang jadi hal yg tidak diperhatikan pengguna pemula 2T , dimana rata2 pengalaman hanya pakai 4T yang jauh dari kasus oli sampai ke knalpot,, di motor 2T penggunaan oli samping sebagai media pembakaran akan menyebabkan residu carbon yang jika menumpuk terlalu lama akan mengeras dan jika didiamkan berpotensi menutupi lubang pembuangan di knalpot ,, nah jika tenaga yang dihasilkan mesin banyak tapi sisa pembakaran tertumpuk dan hanya kembali lagi tendangan balik yang berlebih dan yang terlepas cuma sedikit tentu saja tenaga akan jadi melemah , efek nya ya mesin akan kehilangan performa nya , tanjakan akan loyo bahkan saat trik lurus pun akan loyo guys,  nah solusi paling murah ya bersihkan saja knalpot kalian dari residu carbon tersebut,, bisa dengan teknik belah knalpot dan bersihkan,, atau membakar knalpot,  atau dengan sistem cairan guna membersihkan sisa residu agar sisa pembakaran bisa tersalurkan normal kembali guys.
[15/3 07.24] Vintage Sentinel YTChanel: 4. Kompresi yang terganggu akibat piston ring piston atau stang piston yang aus.
Nah hal ini biasanya terjadi akibat motor pernah ngejim berulang2 sehingga piston menjadi baret serta ring piston tdk bisa mengunci pada posisinya lagi secara baik , efek dari motor yang baret parah piston dan ring yg lemah ini tidak bisa menghasilkan dorongan tenaga yang maximal karena akan ada tenaga bocor yang terjadi sehingga kompresi yang dihasilkan tdk bisa 100% akibatnya tenaga yang dihasilkan pun tdk bisa jadi 100% guys,  ciri dari motor 2T yang kompresi bocor ini biasanya dari suara yang sdh knocking,  seperti tek22 ,,, nah solusi dari hal ini tentu saja kalian harus ke bengkel kolter guna ganti piston dan ring atau sekalian stang piston jika stang nya dirasa juga sdh rusak ,, kalo ada dana ya pakai ori ,, kalo dana terbatas kami rekomendasi merk FIM kualitas bagus untuk yg non original guys.
[15/3 07.31] Vintage Sentinel YTChanel: 5.Seal pada mesin ada yg aus,, nah kasus motor yang drop performa seperti respon turun , tanjakan drop tenaga hilang padahal mesin suara halus , kampas kopling baru ,, biasanya akibat dari seal kruk as yang bocor,, jika seal kruk as bocor maka tenaga yang seharusnya masuk ke ruang bakar maka menjadi kemana2 sehingga tenaga yang dihasilkan menjadi terpecah dan tidak fokus dan hilang sehingga motor pun jadi kehilangan performa,, hal ini bisa dirasakan bagi kalian yang motornya lemah saat bawa muatan dan saat awalan tdk langsung responsif,  ciri lainnya adalah asap Knalpot akan jadi banyak serta bau sangit dan bukan bau wangi layaknya bau oli samping,, hal ini karena oli mesin ikut terbakar di ruang bakar ,, sehingga oli mesin akan sering berkurang sendiri padahal tdk netes. Nah solusinya ya harus buka mesin dan cari seal mana saja yang harus kalian ganti,  serta pastikan saat kalian ganti seal dengan yang original,,khusus seal tdk ada toleransi atau rekomendasi dari kami yg kw ,, karena jika kalian pasang seal kw usia pakai tdk akan lama dan lagi seal kruk as ini tdk mahal , kisaran 25rb saja per biji nya dan jika semua seal kalian ganti harga semua cuma 150rb an saja guys.
[15/3 07.38] Vintage Sentinel YTChanel: 6.Penggunaan Karbu Kw dan setelan karbu yang tidak pas.
Selalu kami menyarankan bahwa sebisa mungkin untuk karburator pakailah karbu yang ori,, jika dana terbatas beli karbu ori bekas dan ganti fullset repair kit nya dengan yang ori ,insyaallah hasilnya akan seperti ori baru nantinya , karena sangat banyak kasus karbu kw yang jika dipakai akan membuat tenaga motor jadi drop, tenaga hilang , ngok dll ,ada lagi kasus motor enak dipakai padahal karbu kw , tapi pasti konsumsi bbm nya jadi boros ,, untuk masalah ini solusinya ya ganti karbu , dan yang ori ya guys,,
Kemudian kasus motor ngok digas2 saat netral galak tapi masuk gigi ngok ,, nah bisa kalian set ulang karbu kalian bisa jadi setelan kalian terlalu banyak angin atau terlalu boros bbm ,, sesuaikan saja yang pas agar tarikan normal , atau jika sering brebet parah biasanya jarum pelampung terlalu naik sehingga menutup distribusi bbm , solusinya turunkan setelan pelampung agar jarum nya bisa turun ,, dengan begitu debit bbm di tampungan karbu bisa banyak dan bbm yg tersalurkan pun menjadi seperti yang dibutuhkan mesin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar