Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel, dalam konten kali ini kami akan mengulas tema lanjutan kerusakan mesin,, jika sebelumnya sdh kami buatkan video tentang kerusakan ring piston ,, maka kali ini kami akan membahas tentang piston yang rusak dan cara mengenalnya,, tapi sebelum lanjut silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.
Masih banyak yg bingung membedakan kerusakan mesin dari sumber suara dan ciri2 fisik kendaraan utama nya jika suara sdh agak keras ,, kemiripan suara antar beberapa kasus kerusakan menjadi penyebabnya,, untuk mempermudah membedakan langsung saja kita jelaskan ciri2 nya guys.
1. Terdapat suara knocking dengan suara berat ,tok tok tok dari arah depan. Nah untuk membedakan antara ring dan piston sebenarnya cukup mudah apalagi di motor 2tak ,, ciri pada motor 2 tak jika piston yg rusak adalah suara knocing berat tek tek atau tok tok ,,, beda dgn gejala jika ring piston yang rusak suaranya akan ngelitik tik2 dan pastikan suara knocking tersebut dari arah depan ,, intinya menentukan arah suara akan menentukan akurasi analisis kerusakan yg kalian lakukan guys.
2. Pada motor 4T terdapat asap yang pekat. Jika motor masih ring saja yg rusak biasanya asap yg keluar dari knalpot apalagi motor 2 tak masih tipis ,, tapi jika asap yg keluar banyak dan kadang malah sdh kaya asap motor 2tak maka bisa dipastikan piston motor kalian dalam kondisi tidak baik guys.
3. pada motor 4T dan oli mesin gampang habis tanpa ada kebocoran. Kelanjutan dari poin 2 ,,jika asap banyak maka dipastikan ada oli yang terbakar ,, nah pada motor 4tak pun demikian pompa oli mesin mengalirkan oli sebagai sirkulasi pelumasan yang seharusnya turun lagi ke kalter kanan untuk kembali diputar oleh pompa oli ,, tapi karena piston yg aus maka akan ada oli mesin yang melarikan diri ke ruang bakar dan ikut terbakar ,, akibat oli akan habis sendiri padahal tdk ada part yang bocor guys.
4. Tenaga drop kompresi lemah sehingga akan kesusahan saat medan tanjakan ,membawa beban berat atau boncengan. Kunci utama motor bisa kencang atau bisa performa maximal adalah kompresi yang maximal ,, tapi kalo ada kebocoran misal akibat piston yg aus maka tenaga yg dihasilkan pasti tidak akan maximal guys. Motor drop kompresi dari piston bisa dilihat dari motor yang akan sangat kepayahan jika diajak berakselerasi atau sangat lemah dibawa di tanjakan panjang , pasti akan sangat kepayahan guys.
5.Mesih akan cepat panas baik di 2Tak atau 4Tak. Dengan adanya piston yg baik maka rotasi piston tdk akan oleng ke kanan dan Kekiri Bisa dipastikan piston akan normal naik dan turun saja sehingga potensi gesekan antar dinding menjadi berkurang,, namun sebaliknya jika piston sampai aus maka putaran atau gerakan piston akan ada yg oleng ke kanan dan Kekiri, nah dipastikan piston akan sering2 menghantam dinding liner berulang2 dan tidak sekedar naik turun, nah akibatnya mesin akan lebih mudah overheat daripada sebelumnya guys.
6.Busi lebih cepat hitam dan mati.,nah ini kelanjutan dari oli yg berkurang sendiri. Lari dari oli tersebut adalah keruang bakar dan tentu saja akan sampai ke bagian busi guys. Jika cuma ring nya saja yg kena , waktu mati nya busi atau menghitam nya busi tdk akan separah jika piston nya yg kena , karena jika piston nya yg kena maka busi selain hitam akan basah oli juga guys. Dan karena basah inilah usia pakai busi jadi lebih pendek guys.
7. Jika dibuka ciri fisik piston banyak baret dan jika digerakkan diantara buring ada jeda ruang. Ini adalah ciri fisik tapi akan terlihat jika kalian membuka buring ,, meskipun harus buka2 tapi ini adalah cara paling ampuh dalam melihat kerusakan piston ,, dimana jika piston yg rusak maka terdapat ciri piston akan banyak baret atau bahkan akan termakan sebagian dinding piston ,, atau jika parah misal kalian gerak2kan pada posisi masih ada buring ,,maka piston akan bergerak kanan kiri meskipun sedikit ,, jika demikian bisa dipastikan piston bermasalah dan harus kalian ganti jika tdk ingin kerusakan merembet ke part yg lain guys.
Oke guys sekian dulu penjelasan kali ini ,barangkali jika ada yg ingin menambahkan bisa langsung komen di kolom komentar agar bisa menjadi pembelajaran bersama dengan rekan2 yang lain.
Akhir kata terimakasih sdh menyimak video kami, jangan lupa untuk like share dan subcribe, wassalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar