Kamis, 10 Agustus 2023

MOTOR 2TAK MATI SAAT PANAS , NYALA LAGI KALO SUDAH DINGIN

 


Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel,  dalam konten kali ini kami akan berbagi penyebab motor 2tak yang mati mesinnya saat panas dan akan nyala lagi saat mesin dingin ,akan kami kupas tuntas ,tapi sebelumnya silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys. 

Penyebab motor jika panas mesin jadi mati namun saat dingin mesin hidup lagi nah masalah ini kadang membuat kalian berasa kebingungan apa yang sebenarnya terjadi dengan motor mati saat mesin panas ini guys,, oke langsung kita ulas saja terkait madalah motor jika panas mati dan jika dingin hidup baik penyebab maupun cara mengatasi nya

1. Kekurangan Oli mesin pada motor 4tak dan kekurangan oli samping pada motor 2tak

Jika motor sering dipakai untuk perjalanan jauh, akan berpengaruh pada mesin yang akan jadi panas. Ini berakibat oli mesin bisa keluar lewat pori-pori pengendapan mesin. Bila oli mesin pada keadaan kurang, bisa juga punya pengaruh pada kurang kuatnya piston ring. Jika ini terjadi bisa menyebabkan motor keluarkan asap putih lewat knalpot. Permasalahan ini bisa juga berpengaruh busi jadi belepotan oli hingga membuat tidak gampang mati. Hal ini berakibat mesin akan menyebabkan makan oli dan jadi panas. Nah pada motor 4 tak kekurangan oli seperti ini yang dapat memunculkan penyakit motor mati tiba-tiba jadi ngancing.

Namun kasus beda pada motor 2tak yang sistem pelumasanya lebih tergantung pada oli samping nya ,, efek terburuk dari oli samping yang kurang volume atau setelan yang terlalu irit akan menyebabkan mesin menjadi panas , dan seperti hal nya motor 4tak piston dan ring akan panas dan akhirnya ngancing ,,,nah ini yang sering membuat motor 2tak macet jika panas dan jika didiamkan akan nyala lagi guys.

2. Pengapian yang Kurang kuat

Penyebab motor panas mati dingin hidup lagi yang lain adalah dari  pengapian motor yang kurang kuat. Pengapian motor kerap menurun atau tidak kuat panas.

Elemen spul api pada motor dapat menurun hingga hal itu dapat berefek pada mesin saat keadaan panas dan mati mendadak. Hal ini dapat disebabkan elemen motor spul yang telah berumur sehingga daya arusnya akan mengalami depresiasi kualitas pastinya. Masalah lain Juga bisa muncul karena spulnya eror atau cacat hingga konslet sehingga beradu api di antara satu sama lainnya. Bila ini terjadi, dapat check kabel hitam daftar merah dari spul pengapian di bagian kalter kiri motor kalian guys .

3. CDI yang bermasalah  ,penyebab motor panas mati dan saat dingin hidup lagi dapat terjadi  karena persoalan pada CDI. Cdi yang lemah biasanya terjadi pada cdi yang sudah berumur tua ,, pernah terjadi konsleting atau penggunaan cdi imitasi yang jelas kualitas nya kurang bagus. Pada cdi yg konslet banyak terjadi kasus motor menjadi mati saat panas dan nyala lagi saat dingin ,,, solusinya ya kalian harus ganti cdi karena cdi susah diperbaiki atau kurang awet juga jika diperbaiki ,,, saran kami beli lah cdi yg original untuk kenyamanan kalian dan keawetannya guys.

4. Busi Memiliki masalah

Hal yang umum terjadi saat motor berhenti tiba-tiba pada keadaan panas dapat karena keadaan businya. Kepala busi atau sisi ujungnya yang telah kendur atau basah oleh oli , atau bisa terjadi bahkan juga busi hancur kepala atau bagian belakangnya. Bila busi yang menjadi penyebab intinya, seharusnya segera kalian ganti dengan busi yang baru. Busi yg bermasalah hanya akan mengganggu perjalanan kalian jika didiamkan.

5. Pulser Koil memiliki masalah

Kemungkinan sebagian dari kalian beranggapan jika susah menyalanya mesin motor dan biasanya motor mati walau sebenarnya mesin telah panas ialah disebabkan karena busi yang memiliki masalah. Anggapan ini memanglah tidak seutuhnya salah. Namun, kadang meskipun busi telah membeli yang baru juga masih ada yang tidak kelar dengan motornya. Jadi tidak salah lagi, jika penyebab motor mati saat mesin panas berada pada pulser dan koilnya. Tanda-tandanya benar-benar jelas sebenarnya, yaitu bila motor mendadak mati saat mesin panas, tidak langsung bisa dinyalakan langsung saat dingin, motor tidak dapat langsung hidup  alias lama dan sesudah jalan beberapa saat telah mati. Bisa dipastikan ini akibat dari pulser yang bermasalah guys.

6.Tutup Tangki Mampet

Penyebab motor saat mesin panas mati dan dingin hidup lagi selanjutnya ialah karena tutup bbm mampet. Pada tutup tangki bbm ada sebuah lubang kecil yang bermanfaat sebagai ventilator. Bila lubang itu macet, maka berpengaruh pada terganggunya transisi udara. Sehingga Bahan bakar juga tidak bisa turun atau mengucur turun ke karburator, hal inilah yang menyebabkan supply bbm tersendat dan mesin mati kemudian.

Oke guys sekarang kita lanjur ke Cara Mengatasi Motor yang jika Panas Mati dan mesin Dingin Hidup Lagi:

1. Check Percikan Listrik di Koil

Kalian dapat memeriksa adakah percikan listrik di koil. Status koil motor diteruskan pada cop busi yang berperan sebagai penghantar listrik yang dari starter, lalu ke busi. Bila perlu uppgrade koil yang berkualitas dan orisinal. 

2. Check Keadaan Filter Udara  solisi ini adalah dengan teratur mengecek keadaan filter udara. Saat ini, motor matic semacam Honda sudah memakai penyaring udara tipe basah. Di mana, filter udara itu tidak bisa dibikin bersih dan mewajibkan untuk menukar langsung, dan untuk motor tua macam 2tak pun jika filter kotor atau tersumbat akan menyebabkan supply udara ke karbu menjadi terganggu dan karbu juga cepat kotor jika filter udara tidak sering dibersihkan guys ,, oleh karena itu jangan sepelekan masalah ini ya guys.

3. Pastikan Lubang Sirkulasi Bersih ,Cara menanganinya dengan pastikan lubang sirkulasi bersih dan tidak mampet. Janganlah lupa pakai compressor untuk buang kotoran yang dapat menghalangi perputaran lubang itu tadi 

Sekian konten kali ini guys,, semoga bermanfaat,,jangan lupa untuk like share dan subcribe  , sampai jumpa di video vintage sentinel selanjutnya,  wassalam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar