Jumat, 04 Agustus 2023

CIRI MOTOR 2TAK SEHAT VS BERMASALAH

 


Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel,  dalam konten kali ini  kami akan mengulas tentang ciri motor alfa yang sehat dan sedang bermasalah,  tapi sebelum lanjut silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.

Di masa era retro sedang di minati banyak orang termasuk tren retro 2tak ini ,kalo mau jujur masih banyak penggemar 2tak yang blm paham dan blm sadar bedanya motor 2tak nya yang sehat dan yang bermasalah,  sebagai contoh banyak yg memaklumi jika motor 2tak asap banyak adalah normal,  banyak juga yg memaklumi jika suara 2tak yg dalam tanda kutip KERAS" adalah normal dan tdk bisa membedakan knocking dan bunyi2 kompresi,, lebih parah lagi banyak yang memaklumi bahwa motor 2tak wajar kalo macet karena motor tua ,,, ya sebenarnya ya maklum karena motor tua ,, tapi ya tetep dirawat yoo guys biar gak Macetan  too .

1.Mesin 2tak getar wajar atau bermasalah.

Jawabannya adalah : wajar jika getar2 biasa dan tidak keterlaluan sampai bikin lato2 kalian kesemutan atau bahkan bikin kaki pembonceng juga getar , karena pada dasarnya motor 2 tak memiliki power yang lebih spontan dengan 2 langkah nya yang jika tidak tersalurkan tenaga akan kembali lagi ke mesin daripada ke kaki untuk berlari ,, oleh karena itu jika motor 2tak getar ringan sangat wajar sekali guys,, trik sederhana untuk mengurangi getar salah satunya main di final gear aja , kecilkan mata gigi belakang atau besarkan mata gigi rasio depannya dengan begitu getar yang normal tadi akan berkurang signifikan guys.

Kemudian Jawabannya jadi tidak normal jika getaran tersebut besar , bahkan sampai selalu membuat batang dan lato2 kalian kesemutan jika mengendarainya , lebih terasa lagi jika di kecepatan tinggi getar2 bahkan sampai ke stang dan tangan ikut semutan, baut sering kendor sendiri ,, itu tanda motor kalian sedang tidak baik2 saja meskipun tidak terjadi knocking,, hal ini terjadi akibat kruk as yang tidak center sehingga putarannya jadi geal geol di bagian tengah dan akhirnya mempengaruhi juga getaran sampai seluruh mesin ,, dan jangan salah ,, gejala kruk as getar tidak selalu ada indikasi knocking,, banyak kasus kruk as tidak center tapi mesin alus ,, jadi kalian harus waspada jika ada kasus getar hebat di motor 2tak kalian guys.

2.Mesin 2tak lemah di tanjakan wajar atau bermasalah. 

Jawabannya wajar jika lemah dalam arti sudah lama menaklukkan tanjakan yang panjang baru lemah , atau lemah jika pas ada tanjakan terus dia terpotong kecepatan nya dan berhenti ti tanjakan tersebut tiba2 dan tdk kuat naik lagi atau lemah tenaga setelahnya,, atau jika naik tanjakan dia masih bisa pakai gigi 3 atau 2 tanpa saa di tanjakan panjang berarti motor tersebut bisa dikatakan motor 2tak yang normal guys ,kalian tidak perlu khawatir akan hal ini.

Namun jawabannya akan jadi tidak normal jika : pada awal tanjakan tenaga sdh drop ,, harus langsung pindah gigi 2 dan 1 atau bahkan di gigi 1 pun ngeden itu tanda kurang sehat motor kalian guys,, atau tanjakan biasa tapi bisa disebut tanjakan dadakan mesin juga ngedrop dan nggereng2 saja seakan gak kuat nanjak bahkan saat kalian gak boncengan ,  itu juga tanda motor kalian sedang tidak baik2 saja guys.

Hal ini disebabkan oleh kompresi yang bocor bisa akibat piston ring yg lemah , atau masalah sepele dari seal kruk as,, atau bisa akibat kampas kopling yang tipis sehingga penyaluran tenaga tidak sempurna,, oleh karenanya , jangan sepelekan jika motor 2tak kalian kepayahan jika naik tanjakan ya guys.

3.Mesin 2tak Kasar wajar atau bermasalah.

Jawabannya bisa benar jika cuma kasar tapi tidak ngelitik atau knocking,  pada beberapa motor seperti RX king RX spesial,  susah sekali kalo bisa sehalus alfa sigma f1zr ninja ,, ketukan mesinnya mmg akan kasar tapi bukan ngelitik atau knocking lho guys,, atau kadang pada motor f1zr atau alfa sigma yg sdh di overbore atau overstroke mesin juga akan lebih kasar dari standarnya hal ini terjadi karena lintasan piston dan linernya akan jadi lebih lebar dan sistem pembakaran juga berperan,  sehingga suara 2tak dari jenis2 motor ini akan kasar dari 2tak lainnya dan ini wajar.

Jawaban jika motor 2tak kasar tidak wajar adalah jika motor 2tak tersebut mengalami gejala knocking,, entah nglitik atau nglotok yang pasti suaranya berupa ketukan pasti itu motor 2tak yang bermasalah ,,  jika ketukan ada di depan dan cuma klik2 artinya ring piston kalian bermasalah,, jika ketukan didepan bunyinya klok3 artinya piston yg bermasalah,, jika ketukan ada di tengah berarti stang atau kruk as yg bermasalah,, solusinya ya segera perbaiki masalah ini daripada merembet ke bagian lain ,kalo bisa dan ada waktu sebaiknya segera diperbaiki daripada misal cuma akibat ring piston karena didiamkan merembet jadi ke stang piston kan jadi tambah banyak biaya peraikannya ,,nah oleh karena itu jangan sepelekan jika motor 2tak kalian kasar tapi knocking ya guys.

4.Konsumsi BBM 2tak boros wajar atau bermasalah. 

Jawabannya bisa wajar jika masih dalam batas normal cc dan jenisnya,, misal RX king yang cc nya 150cc atau vespa yg 150cc pasti akan jauh konsumsi bbm nya jika dibandingkan dengan cbr150 yang 4t ,, jika rx king masih di konsumsi 30km per 1 liter bisa disebut wajar dan tdk bisa disebut boros jika dibandingkan dengan cbr150 yg bisa mencapai 50km per 1liter misalnya , yang pasti motor 2tak mmg lebih boros dari 4tak tapi ada batasnya juga .

Kemudian Jawabannya bisa menjadi tidak normal jika motor 2tak kalian tersebut borosnya ampun2an ,, misal yamaha alfa yg kubikasinya cuma 100cc konsumsi bbm nya cuma dapat 20km per 1liter nya ,, sekadar info yamaha alfa sigma champ konsumsi normal bbm nya antara 35km per liter sampai ada yg 45km per liter guys ,, nah jika konsumsi bbm yang boros ditambah asap yang jika kena mata terasa perih, tenaga juga tidak ada saat berkendara atau selalu ngos2an saat boncengan dan tanjakan itu tandanya motor kalian boros tapi tidak sehat ,, artinya motor kalian supply bbm besar tapi api yg dihasilkan minim sehingga tidak ada tenaga ,,

Hal ini biasanya terjadi karena stelan karbu yg blm pas , penggunaan karburator imitasi, motor yang kompresinya amburadul ,oleh karena itu jika motor 2tak kalian boros jangan langsung dimaklumi ,, cek dulu jika ada masalah agar motor kalian tetap ekonomis dalam perawatannya.

5 Asap Knalpot Motor 2tak banyak wajar atau bermasalah. 

Jawabannya normal jika asal yg keluar tipis dan baunya ada wangi2 nya dikitlah karena jika asapnya tipis dan ada wangi itu indikasi jika yang terbakar adalah oli samping bukan oli mesin.  Sistem pembakaran motor 2tak tidak sesempurna motor 4tak jadi pasti ada residu meskipun sedikit meskipun menggunakan oli samping yg mahal sekalipun , pasti sesekali ada asap putih yg keluar,  jadi pada motor 2tak yg asapnya tipis , tdk bau sangit dan mesin tdk mudah overheat berarti motor kalian dalam kondisi aman guys.

Namun menjadi tidak wajar jika asap yg ada pada motor kalian tersebut bau sangit , sangat banyak seperti fogging , ditambah oli mesin sering ngejok atau nambah ,, atau bisa juga busi hitam dan cepat mati ,, jika kondisi semacam ini dipastikan motor 2tak kalian tidak dalam kondisi baik2 saja ,, ada masalah potensial terjadi akibat setelan oli samping yg terlalu banyak ,, seal kruk as bocor yang membuat oli mesin lari ke ruang bakar dan ikut terbakar ,, nah jika seperti ini dipastikan kondisinya meskipun 2tak menjadi tidak normal lagu guys,, sokusinya bisa kalian setel pompa oli agar tdk terlalu boros , atau jika campur langsung di tangki bisa dikurangi takarannya ,, atau jika seal kruk as aus ya segera diganti karena efeknya jika didiamkan adalah motor kalian akan kurang bertenaga ,, lemah respon dan banyak kotor oli di knalpot serta ruang bakar yg mengganggu pengapian pastinya guys

6.Mesin 2tak cepat panas wajar atau bermasalah.

Jawabannya normal jika panas tersebut tdk serta merta membuat mesin gampang overheat,  karena mesin 2tak pada dasarnya mmg lebih rentan overheat dibanding motor 4tak karena mesin 2tak lintasan yg lebih cepat dan tenaga yg dihasilkan lebih besar , oleh karena itu motor suzuki memberi nama teknologi pendingin nya sedikit provokatif pada motor 2tak nya yaitu jet cooled yang bisa diartikan pendinginan secepat jet atau pendingin cepat lah gampangnya ,, hal ini untuk mereduksi mind set pembeli yg mmg berpikiran motor 2tak gampang panas,, dan ini fakta sebenarnya,, namun perlu diingat panas nya ya yang lumrah ,, misal mengalami panas ya setelah 200km atau setelah menjalani jalan yg tanjakan dan panjang serta jauh itu masih dikatakan panas yg normal untuk motor 2tak.

Kemudian Jawabannya menjadi tidak normal jika panas yg dihasilkan sangat extreme dan berulang ,, misal motor baru dipakai 5km langsung ngejim , atau jika dipakai boncengan dan tanjakan langsung overheat,, nah itu adalah ciri motor 2tak kalian mengalami panas 2tak namun tidak wajar ,, hal ini bisa terjadi akibat konsumsi oli samping yg kurang ,, konsumsi oli samping yang kualitas nya jelek , setelan pompa oli yang kurang dari standarnya,, atau bisa juga akibat kesalahan bengkel kolter yang melakukan kolter miring atau tidak simetris pada liner,  piston yg sdh oblak sehingga langkah piston saling menumbuk dinding liner dan menjadi overheat ,,, nah jika demikian jangan sepelekan panas motor 2tak kalian ,, solusi dari yg paling sederhana bisa dengan konsumsi olsam yg berkualitas,  tambahi debit oli samping dari yang sebelumnya,  perbaiki kerusakan pada piston dan stang piston jika ada gejala knocking sesegera mungkin guys,, karena overheat yang terlalu sering bisa membuat motor kalian pecah mesin pada resiko terburuk nya guys.

Oke guys konten kali ini , semoga bermanfaat,  terimakasih sdh menyimak video kami,  jangan lupa untuk like share dan subcribe,  sampai jumpa di video vintage sentinel selanjutnya,  wassalam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar