Selasa, 25 Juli 2023

PENYEBAB MOTOR MATI SAAT MASUK GIGI

 


Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel,  dalam konten kali ini kami akan membahas sesuatu yang direquest subcriber yaitu penyebab motor langsung mati saat kita masuk gigi ,, tapi sebelum lanjut silakan untuk like share dan subcribe,  agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys. 

Saat awal kita masukan gigi motor ke posisi 1, kita harus menarik tuas kopling atau pada motor bebek kita bisa langsung memindahkannya, namun ada beberapa kasus justru membuat mesin mati saat kita masukan gigi satu. Lantas apa penyebabnya ?

Motor dengan jenis bebek yang sudah berteknologi auto clutch ini sebenarnya tidak jauh beda dengan motor-motor kopling manual. Hanya saja, sistem penggerak kopling otomatis memanfaatkan gaya sentrifugal.

Masalah yang kerap dialami pada motor bebek khususnya yang sudah berumur adalah ketika motor kita seketika mati saat masuk gigi dan biasanya disertai efek nendang sebelum akhirnya mati. Hal itu, bisa disebabkan karena kondisi kopling belum terbebas dengan sempurna, sehingga saat kita masukan gigi tenaga mesin masih terhubung.

Namun, ternyata hal ini tidak berlaku pada motor bebek saja. Motor-motor berjenis kopling manual pun bisa merasakan permasalahan ini. Lantas apa saja penyebabnya ?

1. Kampas kopling melekat dengan mangkuk kopling ,, Penyebab pertama, yakni ketika kampas kopling melekat dengan mangkuk ketika kondisi kampas sentrifugal harusnya belum mengembang. Sehingga saat mesin dinyalakan, poros transmisi ikut berputar. dan ketika kita masukan gigi otomatis ada efek nendang yang disertai dengan mesin mati.

Hal ini biasa terjadi pada motor yang sudah lama tidak dipakai, ketika kopling basah motor kekurangan pelumasan. Sehingga kampas akan menempel dengan mangkuknya.Kejadian seperti ini bukan hanya terjadi pada motor bebek namun pada motor-motor koplingan juga sering, biasanya diawali dengan tuas kopling yang agak keras saat ditarik. Solusinya, biasanya saat motor sudah digunakan gejala ini akan hilang hal itu menunjukan bahwa lekatan antara kopling dan mangkuk sudah terlepas. Namun, jika belum terpaksa kita harus melepasnya secara manual dengan cara membongkarnya guys.

2. Kerusakan per kopling

Per kopling berfungsi untuk menjaga kampas kopling agar tidak mengembang saat idle RPM dan mengembalikan kondisi kampas saat mesin mati. Dalam satu unit kopling setidaknya terdapat 3 atau 4  buah per, jika per ini rusak atau salah satunya ada yang terlepas maka gaya sentrifugal kampas akan menekan mangkuk yang menghasilkan efek nendang. Solusinya, kita perlu melakukan pembongkaran sistem kopling untuk melakukan pengecekan bagian ini. Jika ternyata benar per yang bermasalah maka kalian  perlu menggantinya guys.

3. Setingan RPM mesin terlalu tinggi

Sistem kopling otomatis pada motor bekerja dengan memanfaatkan gaya sentrifugal. Gaya sentrifugal merupakan gaya yang mengarah keluar dari poros putaran, semakin besar putaran suatu obyek maka semakin besar juga gaya sentrifugalnya. Pada sistem kopling, kampas dijadikan obyek yang berputar sehingga ketika muncul gaya sentrifugal kondisi kampas akan mengembang sehingga mirip dengan rem tromol, jika idle RPM yang diset terlalu tinggi itu akan menyebabkan kopling terhubung. Harusnya mesin tidak langsung mati  saat terjadi efek nendang tersebut karena  hubungan kampas kopling langsung terlepas, tapi jika saat itu mesin berada pada RPM kecil maka mesin juga bisa langsung mati guys.

4. Setelan Tuas Kopling yang terlalu pendek

Khusus pada sistem kopling tuas atau manual kita pasti tidak asing dengan adanya tuas kopling. Fungsi tuas ini adalah untuk membebaskan kampas kopling dari tarikan rumah kopling atau melepas tenaga guys.

Di ujung kabel kopling kita akan menemukan sebuah pengatur jarak bebas kopling. Jika kita set terlalu pendek, dalam artian saat kita melepas sedikit tuas kopling saja motor sudah jalan itu bisa berpotensi bisa menyebabkan masalah mesin mati saat masuk gigi guys karena setelan yg terlalu pendek.

Karena untuk kopling yang diset pendek maka ketika tuas ditarik, kampas kopling belum sepenuhnya terbebas. Jika pelumasan kopling kurang baik maka bisa saja terjadi efek nendang yang menyebabkan mesin mati.

Untuk masalah ini, solusinya kalian cukup melakukan penyetelan ulang pada bagian pengatur jarak bebas di ujung handel kopling atur dengan ketinggian lebih agar posisi tarikan lebih bebas guys.

Masalah lain dari  mesin yang mati saat masuk gigi juga bisa terjadi tiap pagi hari saat awal motor akan digunakan, khususnya jika motor tidak dipanaskan saat akan dipakai.

penyebabnya yakni ada di sistem pelumas yang belum bersirkulasi, sehingga kopling terkesan lengket dengan mangkuk. Untuk itu sebelum menggunakan motor, alangkah lebih baik untuk memanaskan motor terlebih dahulu.

Oke sekian video kali ini guys, semoga bermanfaat ,terimakasih sdh menyimak video2 dari vintage sentinel,  jangan lupa untuk like share dan subcribe,  sampai jumpa di video vintage sentinel selanjutnya,  wassalam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar