Sabtu, 01 Juli 2023

Penyebab Gas Motor Naik Sendiri saat Mesin Panas, Jangan Bingung Ini Jawabannya

 Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel,  dalam konten kali ini kami akan mengulas masalah tentang gas yg sering nyantol atau naik sendiri , akan kami bahas tuntas tapi sebelumnya,  silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys. 



Penyebab gas motor naik sendiri saat mesin panas perlu kalian ketahui agar tidak  panik saat berkendara dan kejadian tiba2 karena reflek yg salah jelas berbahaya guys. 

 Penyebab gas motor naik sendiri saat mesin panas dapat disebabkan beberapa hal guus. Namun kalian tidak perlu panik yang terpenting adalah  kenali penyebabnya untuk mengatasi masalah tersebut. Hanya saja memang tidak bisa dipungkiri sebagian besar pengendara motor secara natural memang akan panik ketika tiba-tiba saja gas motor naik sendiri saat mesin panas. Apalagi jika pengendara motor tengah asyik-asyiknya berada di jalan. Jadi sebelum kalian memahami penyebabnya, yang perlu kalian lakukan segera adalah menghentikan motor yang dikendarai. Taruh motor di posisi aman agar tidak merugikan kalian dan pengguna jalan lainnya guys.

Usia pemakaian pada kendaraan tebtu saja berpengaruh pada kabel gas apalagi motor tua bekas yg masa pakainya sdh seakan tidak terbatas. Nah coba cek  dan Perhatikan jika kabel gas memang harus segera diganti. 

Kabel yang seharusnya sudah diganti biasanya berkarat pada bagian selongsong gas atau karet penutupnya robek dan retak. 

nah Lalu bagaimana dengan kondisi gas motor naik sendiri saat mesin panas? Berikut ini beberapa penyebabnya guys:

Penyebab utama biasanya adalah masalah kabel gas. 

Hal ini mudah terjadi tidak hanya saat mesin motor tengah dalam kondisi panas tapi juga dingin. Setelan kabel gas itu harus benar sehingga tidak tertekuk yang membuat gerakan kawat dalam selongsong gas tidak lancar. Selain itu setelan yang terlalu rapat akan membuat tarikan terlalu kencang bahkan ketika grip sedikit saja digerakkan. Perhatikan jika kabel gas memang harus segera diganti. Kabel yang seharusnya sudah diganti biasanya berkarat pada bagian selongsong gas atau karet penutupnya robek dan retak. 

Lalu bagaimana dengan kondisi gas motor naik sendiri saat mesin panas? Berikut ini beberapa penyebabnya:

1. Kerusakan pada Choke Otomatis 

Setiap motor selalu dilengkapi dengan choke otomatis yang akan membantu menambah debit bensin ketika motor masih dingin. Choke otomatis ini akan bekerja pada saat Anda pertama kali menyalakan kendaraan. Choke otomatis juga bisa menjadi penyebab gas motor naik sendiri ketika mengalami kerusakan. Penyebab ini membuat suplai bensin ke ruang bakar jadi berlebihan ketika motor posisi idle atau tidak.

Cara untuk mengetahui bahwa kerusakan berasal dari choke otomatis sangatlah mudah. Kalian bisa menyalakan kendaraan dari kondisi dingin pada posisi idle.

 Jika gas tetap naik turun meskipun mesin sudah panas maka choke otomatis sudah pasti BermasalahBahkan kadang muncul suara berdengung. 

2. Filter Udara yang Belum Dibersihkan Penyebab gas motor naik sendiri saat mesin panas yang selanjutnya juga bisa berasal dari filter udara. Supaya tenaga dihasilkan perlu bantuan udara dan BBM dan pembakaran berjalan dengan lancar maka filter udara wajib dibersihkan , nah Filter udara sendiri bertugas untuk menyaring kotoran yang berada di udara sehingga pembakaran terjadi dengan sempurna dimana Kotoran yang menumpuk pada saringan udara akan menyebabkan pasokan udara dalam ruang bakar berkurang. Akibatnya tenaga yang dihasilkan menjadi tidak stabil dan inilah yg  membuat gas motor menjadi naik turun sendiri  meskipun kalian sudah menarik gas tinggi, namun pembakaran yang tidak sempurna akan membuat masalah ini tidak teratasi jadinya guys. Nah cara mengatasinya kalian hanya perlu membersihkan filter udara tersebut. Apabila saringan udara sudah tidak mampu menarik kotoran, maka kalian bisa menggantinya dengan yang baru guys.

3. Jarak Busi Tidak Sesuai Standar 

Pada bagian busi terdapat celah supaya besar kecilnya percikan api yang dihasilkan menjadi sesuai dengan kebutuhan mesin guys, Semua pabrikan motor selalu memiliki pengaturan standar pada jarak busi ini. Hanya saja pada motor modifikasi, biasanya jarak busi ini akan diperbesar sehingga percikan api yang dihasilkan besar. Harapannya agar pembakaran lebih efisien dan tenaga yang dihasilkan besar. Nah namun celah busi yang tidak standar akan menjadi penyebab gas motor naik sendiri guys, Selain itu celah busi yg tdk sesuai akan membuat busi lebih cepat kotor dan rusak karena api yang dihasilkan terlalu besar. 

karena itu Apabila kalian memodifikasi motor lebih baik cek busi setiap 4.000 km untuk dibersihkan guys.

 4. Kesalahan dalam Menyetel Klep 

pada kasus motor 4tak ,Supaya tekanan kompresi dalam ruang bakar tetap stabil, dibutuhkan klep yang juga harus disetel dengan benar guys. Klep berfungsi untuk mengendalikan sirkulasi supaya zat yang bisa menimbulkan anomali pada motor tidak bercampur. Klep akan memisahkan pintu ruang bakar dengan udara keluar.

 Apabila penyetelan klep ini terlalu rapat maka gas jadi lebih banyak masuk karena pembukaan terlalu lambat.

 Sedangkan klep yang disetel renggang membuat pencampuran BBM dengan udara terlalu cepat. 

Penyetelan yang salah berujung pada gas naik turun pada motor membuat ketidaknyamanan saat berkendara. Nah Jika hal ini menjadi penyebabnya, kalian harus memperbaiki stelan klep tersebut atau jika tdk besa memperbaiki  sendiri segera saja  ke bengkel langganan agar setelan klep dikembalikan sesuai standar yg butuhkan oleh mesin guys.


5. Putaran Stasioner Bermasalah 

pada motor 4tak Stasioner pada motor berfungsi untuk menjaga dan mempertahankan rantai keteng jadi lebih stabil. Jika stasioner  bermasalah akan membuat suara berisik terdengar. Bukan hanya itu saja, putaran stasioner yang rendah menjadi penyebab gas motor naik sendiri . Maka kalian harus melakukan penyetelan ulang dari putaran stasioner tersebut guys.

6. Tekanan Bahan Bakar Kurang 

Sama seperti udara, ruang bakar membutuhkan jumlah bahan bakar yang sesuai. Masing-masing sepeda motor memiliki jenis motor yang berbeda, oleh karena itu tekanan bahan bakar pun tidak sama. Motor injeksi sendiri sudah menggunakan fuel pump yang bekerja menentukan seberapa banyak tekanan BBM yang diperlukan. Sayangnya fuel pump bisa saja rusak yang mengakibatkan tekanan bahan bakar menjadi berkurang. Kerusakan fuel pump ini harus segera diperbaiki atau justru diganti baru. Jika tidak, tekanan gas motor tidak akan pernah stabil kembali. 

7. Kemacetan pada Skep Karburator 

Khusus motor karburator, dibutuhkan skep yang berfungsi untuk menutup dan membuka aliran bahan bakar. Posisi skep yang macet karena rumah skep menjadi tidak normal akan membuat gas naik dan gas pun jadi tidak normal. Rumah skep bisa mengalami kerusakan karena karburator dikencangkan membuat intake manifold juga terlalu kencang. Perubahan rumah skep juga bisa terjadi karena usia kendaraan. Kebocoran bahan bakar pun bisa terjadi saat badan skep mulai aus atau terluka dan menjadi penyebab gas motor naik sendiri. Solusi nya adalah mengganti baru atau coba di amplas agar licin dan oleskan oli pada skep tersebut guys.


Oke itu tadi sekilas tentang gas nyantol semoga bermanfaat, terimakasih sdh menyimak video kami ,jangan lupa untuk like share dan subcribe,  sampai jumpa di video vintage sentinel selanjutnya,  wassalam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar