Kamis, 25 Mei 2023

Oli netes dari sebelah kiri ? Jangan kuatir ini solusi dan sebab nya

 [25/5 11.38] Vintage Sentinel YTChanel: SEBAB ADA OLI NETES DARI SEBELAH KIRI MESIN F1ZR ALFA SIGMA


 hai guys ,ketemu lagi di channel vintage sentinel,, dalam konten kali ini kami akan mengupas tentang masalah klasik motor 2tak umumnya alfa sigma champ f1zr yaitu penyebab ada tetesan oli dari mesin sebelah kiri ,,, akan kami kupas penyebab dan solusi  nya ,tapi sebelumnya silakan untuk like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.



[25/5 11.46] Vintage Sentinel YTChanel: Banyak pemilik yamaha bebek semisal alfa sigma f1zr ,,bahkan v75 v80 yg merasa risih saat parkir motor sering ngompol oli ,, dimana hal ini tentunya sangat mengganggu ,, ya mengganggu kebersihan,,juga mengganggu keamanan motor tersebut pastinya ,, karena jika tidak diselesaikan maka terdapat resiko antara lain:

1.bisa terjadi konsleting pada bagian pengapian ,, dimana pengapian milik v seris adalah pengapian kering , yg mana jika cipratan oli samping sampai terkena pada bagian yg sama di plus dan minus ,, dipastikan spull akan mengalami konsleting dan gosong guys. Dimana seperti kita tau jika harga spull pengapian ori YGP alfa sebiji 450rb dan utk f1zr bisa mencapai 700rb an ,, jadi sebaiknya jangan sepelekan masalah oli bocor di kiri ya guys.

2.jika sampai kebocoran oli tersebut membuat oli mesin habis maka akan menimbulkan plat dan kampas kopling kosong karena panas dalam gesekannya guys,, dan jika akibat kebocoran oli samping tentu saja konsumsi oli samping yg seharusnya menuju ke ruang bakar dan tdk sampai akan membuat mesin panas , dan jika sampai kurang oli samping berpotensi juga ngejim ,, dan jika tdk pun tentu saja kalian jadi boros dalam membeli oli samping kan guys,, karena akan terbuang sia2 saja, bukan karena untuk pembakaran dalam berkendara tapi justru netes saat parkir hehehe.

[25/5 11.49] Vintage Sentinel YTChanel: Nah jika kita sudah memahami resiko oli yg netes pada sebelah kiri motor,, maka akan kita lanjutkan pada penyebab dan solusinya guys.

[25/5 12.43] Vintage Sentinel YTChanel: 1.Penyebab pertama ada oli netes di kiri mesin akibat adanya  seal kruk as yg bocor ,,, biasanya jika terjadi bocor kruk as kiri ,, rata2 kasus juga akibat seal kruk as kanan juga aus,, hal ini karena jika seal kruk as kanan bocor makan akan ada oli mesin berlebih  yg masuk ke ruang bakar dan oli mesin yg seharusnya cuma untuk pelumas kopling ikut terbakar guys karena keluar melalui seal kruk as kanan tersebut,, nah jika kebocoran oli dari bak kalter kiri maka kemungkinan seal kruk as kiri juga mengalami aus guys,, karena oli mesin dan oli samping seharusnya tdk dapat keluar dari ruang bakar ke bagian magnet ,, hal ini seperti kita sebutkan sebelum nya bahwa pengapian v100 v110 adalah sistem kering ,, 

Nah solusi jika masalah kebocoran dari seal kruk as ,, ya mau tdk mau ya wajib ganti seal nya jika bisa sekalian ganti kanan dan kiri untuk hasil maximal guys.

Untuk bagian kiri jika mau mengganti mmg wajib buka magnet terlebih dahulu guys ,,, dan untuk bagian kanan atau di bagian kopling wajib bongkar rumah kopling primer dan sekunder nya dulu untuk bongkar pasang seal kruk as nya ini guys.

Untuk seal kruk as ori YGP sebiji nya 40rb dan kalian butuh 2 biji,,  dan jika mau disubstitusi bisa kalian pakai milik ori nya suzuki rc100  untuk yg SGP harganya lebih murah sekitar 20rb an saja sebijinya guys.

[25/5 12.46] Vintage Sentinel YTChanel: 2.kebocoran oli sebelah kiri juga bisa akibat seal presneling yang sobek atau aus guys,, kasus seal presneling mmg tdk sebanyak kasus seak kruk as tapi hal ini juga wajib kalian cek,, dan jika masalah ada pada seal presneling yg sobek harga sebijinua juga lebih murah ,,untuk yg asli yamaha atau YGP cuma 20rb saja dan penggantian nya juga tdk susah guys.

[25/5 12.50] Vintage Sentinel YTChanel: 3.kebocoran oli yg disebabkan oleh sambungan  selang2 karburator yg bocor,, seringkali selang pompa oli karena usia yg panjang sdh keras dan mati ,, hal ini sering luput dari perhatian,, dimana oli samping bocor dari sela2 selang antara pompa oli dan karburator ,sehingga tdk heran baunya wangi ,, karena yg bocor adalah oli samping,, hal ini berbeda dengan jika baunya sangit maka yg bocor adalah oli mesin. 

Solusi akan hal ini ya mau tdk mau kalian ganti selang pompa oli yg dari pompa menuju ke karburator ,,pakai saja yg ori ,, lebih lentur dan tahan lama meskipun harga nya lebih mahal sekitar 50rb an guys.

[25/5 12.50] Vintage Sentinel YTChanel: Oke guys ,,itu tadi penyakit oli netes dari sebelah kiri mesin , beserta solusi nya ,, semoga bermanfaat,, jangan lupa untuk like share dan subcribe,, sampai jumpa di konten2 vintage sentinel selanjutnya, wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar