[2/4 09.30] Vintage Sentinel Yt Chanl: Pada dasarnya busi motor 2tak dipastikan akan lebih berumur lebih pendek dari motor 4t yang sama sama prima kondisinya hal ini dikarenakan sistem pelumasan pada motor 2tak yang menggunakan oli yg lebih banyak dalam hal ini oli samping tentu saja akan akan menghasilkan kerak yg lebih banyak pula dibanding dengan sistem kerja 4 langkah yg lebih minim kerak guys,, oleh karena ini pula disarankan untuk kalian pengguna motor 2tak supaya membawa busi cadangan dan kunci busi dalam setiap perjalanan , karena potensi busi bermasalah akan terjadi sewaktu2,, nah pertanyaannya , yang mengakibatkan busi cepat mati ini apa saja guys?
[2/4 09.35] Vintage Sentinel Yt Chanl: 1.adalah konsumsi oli yang terlalu banyak sampai di ruang bakar ,, jadi maksudnya begini guys,, oli yang masuk di ruang bakar motor 2tak tdk melulu oli samping ,, bisa juga akibat oli mesin yg berhasil lolos akibat seal kruk as yg retak atau aus, atau mmg bisa juga akibat oli samping yg disetel terlalu boros,, hal ini akan membuat busi basah dalam waktu panjang ,, nah jika busi keseringan basah mengakibatkan anoda nya melemah sehingga busi akan cepat menurun kinerja nya dan lama kelamaan akan mati , sehingga motor macet guys,, solusi atas hal ini tentu saja adalah menjaga agar konsumsi oli samping tdk terlalu over jika kalian menggunakan pompa oli samping setel saja 12 detik per 1 tetes nya ,, dan campur 1/4 tutup botol oli samping di tangki bbm nya ,, namun jika mau kalian campur full di tangki bisa kalian campur 2,5 tutup oli samping per 1 liternya guys.
[2/4 09.39] Vintage Sentinel Yt Chanl: 2.penggunaan oli samping yang berkualitas buruk ,,, tanpa sebut nama ya guys,, pasti kalian paham yg kami maksud karena berpotensi pencemaran nama baik jika kami sebut,, penggunaan oli samping yg berkualitas buruk akan membuat penumpukan kerak di ruang bakar, jangan cuma sekedar cari oli samping wangi tapi membiarkan resiko kerak,, pilih saja oli samping yg minim residu sehingga performa motor bagus,, dan kita ini pakai motor 2tak pengen motor kenceng kan guys,, bukan pengen pamer parfum hehehe,, jadi biar busi awet pakai saja oli samping netral atau yg rendah emisi dan kerak pastinya guys.
[2/4 09.42] Vintage Sentinel Yt Chanl: 3. Ring piston dan piston yg sdh aus,, jika kedua part ini sdh bermasalah ,, mau kalian pakai merk oli apapun dari hongkong sekalipun dipastikan busi pasti akan boros dan cepat mati ,, hal ini karena busi pasti akan basah kuyup ,, dan kalian tau sendiri anoda katoda tdk akan tahan jika sampai basah yg berkepanjangan guys.
[2/4 09.47] Vintage Sentinel Yt Chanl: 4.pengapian yg kecil dan kurang mendukung,, jadi seperti halnya pembakaran akan dibutuhkan bahan bakar yg cukup dan juga api untuk membakar bbm tadi juga harus mampu membakar semua yg sdh disemprotkan oleh nozzel karburator ,, jika api dari pengapian kecil maka hanya sedikit bbm yg menjadi api dan ada banyak bagian yg tdj terbakar dan mengendap di silinder head dan juga busi yang kemudian menjadi kerak ,, nah hal ini juga yg sering membuat busi menjadi cepat mati guys,, solusi atas hal ini dipastikan semua part pengapian dalam kondisi prima ,, spull , cdi, koil pastikan dalam kondisi bagus, jika bisa uppgrade dgn yg kualitasnya bagus, dan jangan sekali2 pakai part KW abal2 cuma karena ada tulisan racing,, karena penggunaan part pengapian kw abal2 itulah yg membuat pengapian motor kecil , dan busi akan cepat mati dan boros tentunya guys.
[2/4 09.53] Vintage Sentinel Yt Chanl: 5.Setelan karburator yang tidak sesuai , jadi pengertian setelan tdk melulu pada setelan gas dan angin ,, tapi setelan pilot jet dan main jet yang harus kalian setting sesuai dengan spek mesin kalian guys,, mesin yg masih standar oversize masih O buring blm kolter dipastikan hanya butuh setelan irit dan PJ MJ ukuran standar akan lebih baik dipakai,, namun jika motor sudah oversok , oversize sdh besar apalagi sdh overbore atau overstroke maka dipastikan konsumsi bbm yg harus disetting lebih deras pula.
Karena jika busi terlalu kering pun bisa membuat busi cepat mati karena oveheat dan dan jika terlalu boros juga tdk baik karena akan ada residu yg tdk terbakar dan mengendap di silinder head dan busi dipastikan akan lebih cepat mati .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar