[15/4 04.52] Vintage Sentinel Yt Chanl: Hai guys ketemu lagi di channel vintage sentinel , kali ini kami akan mengupas salah satu hal yg sering bgt ditanyakan subcriber yaitu beberapa penyakit kambuhan yamaha v100 seris seperti yamaha alfa champ sigma ,, tapi sebelum lanjut ke pembahasan bagi yg blm silakan untuk terlebih dahulu like share dan subcribe agar tidak tertinggal dari konten2 terbaru vintage sentinel ya guys.
[15/4 06.46] Vintage Sentinel Yt Chanl: 1.penyakit yang paling sering ditemui di motor v100 seris yaitu baut ancer silinder head yg sering banget kendor sendiri.
Bahaya dari baut kendor dan kalian pas tdk bawa kunci pas 12 ya bisa tdk bisa pulang alias mogok guys ,,heheh kok bisa ya bisa bgt karena kompresi akan bolong , dengan tdk adanya kompresi akibat silinder head kendor kemudian kepala nya keluar kan terus tdk ada tekanan ,, pasti ya motor mogok guys.
Nah apa penyebabnya? Jawabanya adalah getaran yg berlebih dari mesin
Hal ini sebagian besar ditimbulkan oleh
1.krus as yg oleng atau tidak balance , karena oleng tadi kan kruk as saat muter jadi geal geol nah karena kruk as geal geol inilah kemudian mesin menjadi getar ,, solusinya ya harus center atau balacing kruk as di tukang bubut ,, biaya untuk balancing di tukang bubut ini kisaran 100 sampai 200rb tergantung bengkel masing2 guys.
Penyebab selanjutnya adalah bearing kruk as yg aus , jika sdh aus maka akan seret jalan nya , dan biasanya akan ada suara knocking atau kemlotak akibat jalan bearing yg tdk lancar ,, karena tdk lancar berputar maka kruk as akan mengakibatkan gejala getar,, nah solusi nya ya tentu saja ganti bearing kruk as, harga sepasangnya antara 100 sampai 100rb an guys.
Nah yang ketiga adalah akibat rumah kalter yg aus akibat muncul gejala bearing aus atau kruk as oleng tapi tdk diganti2 sehingga memakan kalter nya,, solusi jika rumah bearing di kalter termakan ya wajib di sok ulang di tukang bubut ,, biaya untuk sok dudukan bearing kalter ini kisaran 50rb sampai 100rb untuk satu sisinya ,, jika yg rusak 2 sisi ya tinggal kalikan saja.
Kemudian penyebab getar yg keempat adalah dari piston yg aus,, jika piston aus maka kerja naik turun piston yg seharusnya cuma naik dan turun secara center akhirnya jadi tdk beraturan ke kanan kiri tdk mengikuti rotasi seharusnya ,, dan jika didiamkan akan memakan dinding liner ,, nah jika parah maka akan menimbulkan getaran di mesin , dan ini juga penyebab baut2 ancer sering lepas swndiri,, solusinya ya ganti piston set ,, untuk biaya sekitar 150rban itu sdh termasuk jasa kolter dan piston set nya jika di magelang biaya segitu ,,bisa berbeda di wilayah lain.
[15/4 06.52] Vintage Sentinel Yt Chanl: 2.pengapian yang kecil ,, sebenarnya kasus pengapian kecil ini disebabkan oleh 2 hal yaitu
A.sparepart kelistrikan mmg tdk daya tahannya tdk akan sepanjang part mekanik ,, sehingga untuk part yg usiamya lebih dari 20th pasti terjadi penurunan kondisi.
B.dari orok sebenarnya kualitas CDI alfa meskipun itu ori api nya tdk terlalu besar ,, begitupula koil ori alfa , apinya juga tdk terlalu istimewa maka wajar jika saat ini banyak v100 alfa sigma champ yg pengapiannya kecil atau merah tidak biru ,, ya karena kualitasnya mmg tdk sebagus penerusnya yaitu force1 ,, nah efek api kecil ini ya motor ga bisa lari kenceng ,karena bbm besar tdk bisa dibakar akibat api kecil ,nah solusi dari api yg kecil ini bisa kalian uppgrade cdi dgn f1zr atau cdi BRT , dan koil dengan yg lebih bagus macam koil tk orange dan busi iridium ,, pergantian sederhana tapi api akan meningkat banyak guys.
[15/4 07.42] Vintage Sentinel Yt Chanl: 3.Tenaga yg tiba2 hilang
Nah kalian pasti pernah mengalami , kebingungan dengan alfa sigma atau champ kalian yg saat perjalanan , saat berangkat tenaga oke , tiba2 mesin serasa hilang tenaga, untuk dapat tendangan mesin harus puntir gas banyak ,, padahal kampas kopling baru tapi serasa lemparan tenaga hilang layaknya kampas kopling tipis,, nah hal ini bisa terjadi akibat 2 hal guys
1.adalah spull yg tua dan kepanasan,, harap dimaklumi jika v100 mmg blm ada YPCS alias Yamaha Power Cooling System ala force 1 sehingga pendinginannya tdk sebagus force1 namun sebenarnya spull kepanasan ini seringnya juga dari overheat mesin ,, jika mesin tdk overheat sebenarnya sangat jarang juga spull bermasalah kemudian macet , maka dari itu disiplinlah dalam hal oli samping ,, gunakan takaran yg benar jika kalian pakai pompa setel saja 12 detik per 1 tetes ,, kalo tanpa pompa 2 sampai 2,5 tutup per 1 liternya agar mesin tdk overheat,, nah kembali ke mesin drop akibat spull ,, jika sdh demikian solusi jika mesin blm parah ya cukup berhenti dinginkan mesin ,, oli samping ditambahi agar mesin tdk panas kemudian jalan lagi namun jika spull sdh minta ganti ya mmg wajib ganti ,, jika mmg berat buat beli ori alfa yg sdh sampai 400rb an kalian bisa substitusi dengan spull rx king meskipun apinya tdk sebesar alfa tapi daripada kw mendingan rx king yg ori guys,
Kemudian hilang tenaga akibat busi
Ini adalah kasus paling sering terjadi tapi malah disepelekan,, utama nya oleh pemula 2tak ,, jadi di 2tak pasti ada residu akibat oli samping yg tdk terbakar ,, nah seringnya ada semacam kerak yg tiba2 saja mengeras diatara katoda dan anoda nya atau kerak tersebut mengotori kepala busi yg akhirnya menunkan kinerja busi,, nah karena api yg dihasilkan busi menurun kualitasnya itulah yg membuat tenaga yg dihasilkan juga turun ,, dan hal ini sebenarnya adalah hal yg lumrah terjadi di motor 2tak utama nya di motor yg boroskan oli samping nya ,, tapi ya tdk apa2 mending boros busi daripada olsam diiritkan malah rentan jamming ,,, nah solusinya ya selalu siapkan busi baru sebagai cadangan beserta kunci busi selama perjalanan.
[15/4 07.52] Vintage Sentinel Yt Chanl: 4.penyakit kambuhan terakhir adalah mesin ngok , atau tidak bertenaga saat digas ,, kadang bisa dari awal jalan , bisa juga saat gigi 3 drop dan saat ke 4 kelamaan ngisi.
Nah penyakit drop ini jika ngok di awal gigi disebabkan oleh bensin yg terlalu boros hal ini akibat pilot jet dan main jet yg kekecilan,, solusinya ya ganti pilot jet dan main jet dengan yg lebih kecil 1 tingkat ukuran saja jangan lebih karena jika kekecilan nanti malah brebet guys,, nah jika drop di gigi 3 biasanya terjadi akibat kompresi yg bocor , seringnya kasus ini akibat seal kruk as kanan atau kiri yg koyak sehingga tendangan mesin yg seharusnya hanya ke arah ruang bakar lari kemana dan terjadi gembos ,, maka itu mesin jadi loyo ,, solusinya ya tentu saja ganti seal kruk as ,, harganya gak mahal kok guys kalo yg ori yamaha cuma 40rb saja satunya dan bisa kalian subtitusi pakai kruk as suzuki rc , kalo yg ori suzuki harganya cuma 20rb saja.tapi tetap pastikan ya kompresi piston dan ring jangan sampai bermasalah
[15/4 07.53] Vintage Sentinel Yt Chanl: Oke itu tadi penyakit kambuhan yg sering terjadi di yamaha v100 macam alfa sigma champ ,, semoga bermanfaat. Jangan lupa like share dan subcribe nya guys ,, wasalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar