[6/2 12.29] Vintage Sentinel Yt Chanl: Video ini berawal dari banyak pertanyaan seputar oli samping dari video 2sebelumnya yg sdh pernah kami buat , dimana mmg video tersebut masih tematis pada sub masalah dan mmg belum mengupas secara komprehensif , nah pada video kali ini kami akan mengupas secara tuntas tentang permasalahan tentang oli samping dari takaran ,efek yg timbul akibat salah takar , masalah2 yg timbul akibat oli samping kurang atau lebih dan bagaimana penanganan jika timbul masalah tersebut guys.
[6/2 12.33] Vintage Sentinel Yt Chanl: Seperti kita ketahui bahwa oli samping adalah nyawa pada motor 2tak guys, sistem pelumasan 2 tak berbeda dari sistem pelumasan 4tak yang mana oli mesin tdk berfungsi sebagai pelumas ruang bakar sebagaimana motor 4t ,, sehingga jika motor 2tak sampai telat oli samping maka tdk ada pelumas yg masuk ke ruang bakar sehingga dipastikan mesin akan mengalami overheat, yang mana overheat jika diteruskan akan mengakibatkan jamming piston atau piston macet.
[6/2 12.47] Vintage Sentinel Yt Chanl: Pada motor2 keluaran terdahulu sebelum tahun 1970an seperti vespa , yamaha seri u , belum terdapat sistem pompa oli sebagai distributor oli samping pada mesin ,, dan oli samping full dicampurkan pada tangki bbm nya guys.
[7/2 05.27] Vintage Sentinel Yt Chanl: Hal ini dapat dimaklumi karena pencampuran sistem langsung ke dalam tangki akan menghasilkan pencampuran yang lebih sempurna dibanding pencampuran saat ini dimana hampir semua motor 2 tak keluaran 1970 keatas kecuali vespa yg mana baru vespa excell dan sebagian strada yg sdh menggunakan pompa oli samping guys.
[7/2 05.29] Vintage Sentinel Yt Chanl: Awal mula motor diciptakan dengan pompa oli samping bukan pada masalah kualitas pencampuran tetapi tadi efisiensi fungsi , dimana dengan adanya pompa oli maka akan membuat sang pemilik tdk perlu kesana kemari membawa botol oli samping dalam kendaraan mereka lagi guys.
[7/2 05.55] Vintage Sentinel Yt Chanl: Namun tahukah kalian akan bahaya besar yg mengintai motor kalian jika kalian 100% mempercayakan sistem pelumasan hanya pada pompa oli samping saja guys.
Jadi begini guys jika kondisi normal dan sistem oli samping berjalan normal dalam arti debit oli samping sesuai , aliran oli samping lancar sampai ruang bakar maka jelas tdk akan ada masalah yang timbul ,, tapi perlu diingat bahwa sistem pompa oli samping terdiri dari beberapa bagian , antara lain tabung oli samping ,selang ,baru masuk ke pompa , di dalam pompa terdapat seal2 ,, pertanyaan selanjutnya , bagaimana jika pompa oli samping macet, bagaimana jika sambungan selang bocor , bagaimana jika pompa oli tersumbat? Jelas akan bahaya karena motor akan mengalami jamming piston akibat mesin overheat karena tidak ada oli samping sebagai pelumasnya,, dimana dalam kondisi seperti ini banyak bahaya yg mengincar baik dari segi kondisi motor itu sendiri maupun dari segi safety pengendara guys.
[7/2 07.31] Vintage Sentinel Yt Chanl: Bahaya yg timbul akibat pompa oli tidak berfungsi normal dan terjadi jamming piston dari yang paling ringan ke paling berat antara lain adalah piston baret , ring piston patah , piston dan ring piston pecah , stang piston bengkok , kruk as bengkok ,, mesin pecah ,, dan dari hal hal tersebut bayangkan jika motor kalian adalah motor yg halus terawat apalagi motor uppgrade yang menghabiskan biaya banyak lalu tiba2 jamming akibat malfungsi pompa oli ,, pasti akan kecewa sekali melihat motor yg sebelumnya sehat bagus terawat tiba2 berantakan dan bunyi mesin menjadi kasar seperti mesin diesel,, dan biaya yang dikeluarkan akan banyak guys.
Jika yang rusak cuma piston dan ring saja mungkin biaya yg dikeluarkan tidak seberapa guys , tapi jika sampai terjadi stang bengkok pasti biaya yg dikeluarkan akan jauh membengkak karena harus turun dan belah mesin ,karena dipastikan jika stang bengkok maka kruk as wajib center ulang berikut cek2 bos2 kruk as nya dan biaya dari masalah yg timbul dari hal semacam ini dipastikan senilai jutaan guys.
[7/2 07.34] Vintage Sentinel Yt Chanl: Belum lagi jika masalah yg timbul saat pistom tiba2 macet tersebut pengendara bingung atau telat untuk menentukan keputusan ,, dan tidak langsung dikopling maka motor akan ngesot dan terpelanting ,, ingat guys jangan sampai hal ini terjadi karena sakit itu tidak enak apalagi harus mondok di rumah sakit cuma gara2 pompa oli samping tidak berfungsi ,, tentu hal ini adalah sesuatu yg tidak perlu terjadi jika paham mengantisipasinya guys.
[7/2 09.02] Arkin: pembahasan selanjutnya adalah bagaimana penanganan seharusnya dari oli samping ini agar aman ?
jadi begini guys untuk takaran oli samping yang pas sangat dibutuhkan oleh mesin ,, oli samping yang kurang akan mengakibatkan mesin menjadi panas , sebaliknya oli yang terlalu banyak akan menghasilkan kerak dan residu pada ruang bakar dan knalpot yang banyak pula, jadi dalam hal ini kita harus pandai2 dalam menentukan jumlah takaran oli samping yang diberikan ke mesin guys.
untuk lebih aman nya sebaiknya kalian tetap mencampurkan oli samping pada tangki BBM meskipun pompa oli difungsikan, hal ini bermanfaat sebagai cadangan apabila pompa oli malfungsi maka mesin tidak langsung jamming sehingga aman dari kerusakan berat.
kemudian berapa takarannya?
untuk takaran nya sebaiknya kalian setel dulu pompa oli samping kalian 1 tetes per 12 detik ,, kemudian campuran untuk tambahan di tangkinya adalah 1/2 tutup botol atau sekitar 12,5 mili oli samping ,, nah tinggal kalian kalikan saja berdasarkan jumlah bensin yang kalian beli ,, dan untuk mencampur oli samping di tangki bbm , pastikan oli dulu baru bensin turun agar pencampurannya lebih merata guys.
[7/2 09.12] Arkin: untuk merk oli samping yang bagus untuk motor 2tak sebenarnya kembali ke selera dan spek motor itu sendiri guys, pada tahun 1990 semua motor yamaha disuguhi merk yamalube 2t dan suzuki dengan SGO 2t blm banyak merk2 selain itu, baru setelah keluar motor 2t kompresi tinggi macam ninja ,NSR ,touch, tzm, 125z ,suzuki cool,tiara banyak merk oli mulai mengeluarkan oli samping kualitas jaso FD ,, namun SEBENARNYA untuk motor2 kompresi standar macam f1zr alfa sigma rc pemakaian jaso fc juga sudah bagus,, namun memang untuk motor kompresi tinggi seperti yang kami sebutkan tadi lebih bijaksana jika kalian menggunakan yang sudah jaso FD , dimana untuk jaso FC merk yang paling kami rekomdasikan adalah merk idemitsu, dan untuk jaso FD bisa pakai ipone samurai.
idemitsu untuk bau netral tidak wangi tapi tidak apek dan olinya encer harganya pun terjangkau sekitar 55rb , oli ini paling cocok buat yamaha v100 v110 untuk sehari dan untuk dompet yg standar,, karena kalian juga bisa pakai ipone tapi saat dompet tipis kalian ganti merk juga tidak baik karena perubahan oli akan membuat motor bekerja keras meng adaptasi tingkat viskositas yg berbeda2 akibatnya dalam jangka pendek performa berkurang , dan dalam jangka panjang mesin akan lebih cepat aus dibanding yg setia dengan 1 merk olsam saja guys.
[7/2 09.14] Arkin: itu tadi pembahasan lengkap tentang 2tak , semoga bermanfaat jangan lupa like share dan subscribe Wassalammualaikum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar