Kamis, 05 Januari 2023

10 tips modifikasi Sederhana agar mampu Touring panjang tanpa Hambatan

 Hai guys jumpa lagi di vintage sentinel , dalam konten kali ini kami ingin memenuhi permintaan subcriber yg ingin dibuatkan konten mengenai spek v100 dan v110 seris untuk touring jarak panjang 100km sampai 200km sekali jalan.



1. Yang paling penting jika ingin melakukan perjalanan panjang 100km sampai 200km sebenarnya yg harus kalian utamakan adalah kesehatan dari motor kalian dulu guys, karena pada dasarnya spek standar pun jika sehat akan mampu melahap 100 sampai 200km dengan enteng2 saja, dan proses upgrade part adalah tindakan sampingan jika pengen motor lebih nyaman ,, nah karena motor rata2 sudah berumur 1/4 abad ,, pastikan kompresi padat, piston dan ring  masih kenceng atau blm knocking , spull2 dalam kondisi bagus , kampas kopling masih menggigit , jika paling tidak mesin sdh sehat maka kemungkinan macet dijalan dapat kita kurangi guys, karena macet gara2 mesin bermasalah , jujur saja suka ngeselin dan bikin malu kalo harus nuntun motor mogok heheh



 2.selanjutnya pakailah ukuran gear set yg sesuai ,dalam arti mampu melahap semua kontur medan jalanan rata dan tanjakan dengan sama baiknya , dalam hal ini kami merekomendasikan pemakaian gearset ukuran 14 depan dan 36 belakang , dan untuk merk silakan kalian sesuaikan sendiri dengan kocek kalian guys.

3..kemudian pastikan kembangan ban masih bagus dan tebal , selain itu untuk jarak panjang usahakan pakai ukuran ban yg tapak agak lebar untuk depan 250 per 17 belakang 275 per 17 dan untuk motif bisa kalian sesuaikan dengan selera ,, karena ukuran ban yg terlalu kecil bisa mengakibatkan motor kurang stabil dan ban yg terlalu lebar juga mengakibatkan lambat respon terhadap tarikan gas.

 4. GUNAKAN merk busi yang sudah teruji, jadi gini guys , berdasarkan pengalaman ,kami karena terpaksa motor macet akibat busi mati dan tidak bawa cadangan , nah kebetulan ada bengkel buka namun cuma jual busi merk abal2 ,, dan terpaksa kami beli daripada motor tdk jalan , dan harganya juga 20rb,, namun baru jalan 5km besi katoda nya lepas dan motor tentu saja macet lagi,, maka dari itu pastikan beli hanya merk busi teruji ,, semisal merk champion ,ngk ,denso , brisk , dan juga selalu bawa kunci busi beserta busi cadangan dalam perjalanan kalian guys ,, oiya kami ada 1 rekomendasi merk busi yg harganya standar tapi kualitasnya sangat bagus, pakai saja busi vespa NGK T5999, apinya besar dan awet guys dan harganya juga cuma 15 sampai 20rb an saja

 5.kemudian untuk pengapian bisa kalian uppgrade ringan menggunakan koil merk TK orange, harga nya cuma sekitar 175rb tapi efek yg didapatkan sangat besar guys dan yg terpenting PNP serta awet dan aman untuk pemakaian jangka panjang.

 6.selanjutnya guys, faktor responsifitas kopling sangat berpengaruh pada lambat cepatnya motor berakselerasi,, jika kalian masih menggunakan per kopling bawaan motor ,,upgrade saja dengan yg lebih keras guys,, bisa kalian adopsi punya per kopling satria FU , namun harus kalian pasang mur 8 diujung baut nya biar gak mentok ,untuk pemakaian per kopling satria FU kalian bisa dapatkan dengan harga 20rb an untuk 5 biji dan itu ori guys,, atau jika tidak kalian bisa uppgrade dengan per kopling   milik RX king namun hanya kalian pasang 2 biji saja dan pasang silang   jangan sampingan ya 

7.lanjut ke bagian penerangan guys,, untuk penerangan jika sistem kelistrikan masih original maka sistem lampu dan sein masih melalui kiprok ,nah kiprok bawaan alfa f1zr kualitas distribusinya masih kurang bagus ,, ada baikny kalian uppgrade dengan menggunakan punya yamaha mio guys agar cahaya lampu depan menjadi lebih terang saat perjalanan malam.

8.untuk perjalan panjang ada baiknya untuk oli samping full campur dl saja di tangki bbm semua dengan takaran 3tutup botol per 1 liter agar mesin adem , dan pakai oli yg berkualitas , minimal jaso fc atau fd , semacam idemitsu , ptt. Motul , dengan pemakaian oli yg bagus dan jumlah yg dilebihkan mesin menjadi lebih adem dan tidak ngejim karena mesin jadi tdk mudah panas guys.

9 , kemudian untuk pemakaian bahan bakar bensin ,, bisa kalian pakai jenis bensin yg rutin kalian pakai saja tidak perlu uppgrade ke jenia bensin yg lebih oktannya ,,, karena berdasarkan pengalaman kami memakai berbagai jenis bensin ,   maka efek pemakaian bensin oktan tinggi hanya akan berkorelasi maximal pada kendaraan dengan kompresi tinggi , dan jika motor kompresi level biasa macam v100 atau v110 seris pemakaian jenis oktan tinggi efek nya sangat kecil atau bahkan tidak ada, jadi pakai saja jenis yg rutin kalian pakai tapi oli pakai yg bagus guys

 10.terakhir untuk karburasi bisa kalian uppgrade dengan milik f1zr , untuk modifikasi karburasi ini kalian harus menganti manifol dan membran nya sekalian dengan punya f1zr guys, untuk membran bisa kalian uppgrade dgn f1zr yg model carbon , nah untuk karet depan bisa kalian sambung dengan karet radiator mobil guys,, dengan supply bbm yg lebih deras mesin juga jadi lebih adem

 Oke itu tadi 10 hal yg bisa kami rekomendasikan untuk motor v100 atau v110 standar dengan ubahan yg ringan agar motor bisa melahap jalan panjang saat touring tanpa hambatan ,, jangan lupa like share dan subcribe nya guys ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar